You are currently viewing Fistula Ani Sembuh Tanpa Pengobatan, Apakah Bisa?

Fistula Ani Sembuh Tanpa Pengobatan, Apakah Bisa?

Fistula ani sembuh tanpa perawatan dan pengobatan apakah bisa? Fistula ani merupakan salah satu penyakit yang umum, yang menyebabkan banyak kesulitan dan ketidaknyamanan bagi pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika menghadapi masalah ini, apakah fistula ani dapat sembuh dengan sendirinya merupakan pertanyaan yang banyak ditanyakan orang.

Anda harus tahu, Fistula ani adalah kondisi yang berkembang sebagai reaksi yang lebih umum terhadap abses ani. Di dalam anus terdapat beberapa kelenjar yang menghasilkan cairan. Kadang-kadang ketika kelenjar tersebut tersumbat, penumpukan bakteri dapat membentuk kantong bengkak berisi nanah yang terinfeksi dan cairan yang disebut abses ani. Abses yang membesar dan tidak diobati pada akhirnya akan mencari jalan keluar.

Akibatnya, terbentuklah jalur atau terowongan untuk mengalirkan nanah dari kelenjar yang terinfeksi ke luar. Lubang yang mengarah ke luar tampak seperti lubang di kulit di suatu tempat dekat anus. Fistula adalah terowongan yang menghubungkan kelenjar dengan lubang tersebut. Jika abses tidak sembuh dengan benar setelah nanah keluar, fistula dapat tetap terbuka dan menimbulkan gejala.

Fistula Sembuh Sendiri Tanpa Perawatan Apakah Bisa atau Tidak?

Fistula ani merupakan penyakit yang umum terjadi pada daerah anorektal, yang tidak terlalu mengancam jiwa, tetapi berdampak signifikan pada kehidupan dan aktivitas pasien. Jika tidak melakukan perawatan atau pengobatan tepat waktu, penyakit ini sering kali berisiko berkembang menjadi parah, sehingga menimbulkan banyak komplikasi dan kesulitan pengobatan.
Mengenai apakah fistula ani sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan dan pengobatan, menurut para ahli, ini merupakan penyakit yang tidak dapat sembuh dengan sendirinya tetapi perlu diobati dengan segera. Jika tidak, maka fistula ani dapat berkembang menjadi lebih parah, yang menyebabkan pasien mengalami masalah kesehatan yang serius.

Fistula ani terbentuk sebagai terowongan struktural abnormal di bawah kulit yang menghubungkan saluran anus di usus besar dengan kulit di sekitar lubang anus. Terowongan ini dapat menunjukkan gejala berulang kali. Dokter dapat melakukan tes dan pemeriksaan yang pasien perlukan untuk memastikan diagnosis dan menentukan pengobatan yang paling tepat.

Satu-satunya pengobatan permanen adalah dengan memperbaiki kelainan struktural. Namun, pengobatan rumahan dapat meredakan gejala dan memberikan kelegaan sementara dari keparahannya.

Baca Juga: Diagnosis Banding Fistula Anal Yang Perlu Anda Ketahui

Gejala Fistula Ani yang Bisa Diperbaiki dengan Pengobatan Rumahan

Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan seperti rasa tidak nyaman dan iritasi kulit. Gejala-gejala ini biasanya tidak membaik dengan sendirinya. Beberapa gejala yang dapat teratasi dengan pengobatan rumahan tertentu, meliputi:

  • Nyeri bersama dengan pembengkakan sekitar area anus
  • Kemerahan, nyeri atau gatal terus-menerus pada kulit sekitar lubang anus
  • Nyeri berdenyut terutama saat duduk, bergerak, buang air besar, atau batuk.
  • Mengalami demam dan menggigil
  • Kelelahan dan merasa sakit
  • Keluarnya cairan berbau tidak sedap di dekat anus
  • Keluarnya darah atau nanah pada tinja
  • Kesulitan dalam mengendalikan gerakan usus

Pengobatan Rumahan untuk Meredakan Gejala

Jika fistula ani bersifat akut, peluang untuk sembuh lebih mudah dengan pengobatan rumahan yang sederhana. Pola makan dan gaya hidup sehat menjadi bagian dari pengobatan sehari-hari untuk mengurangi dampak fistula.

Kebiasaan makan yang sehat  dapat mencegah sembelit atau diare adalah yang paling tepat untuk menghindari kambuhnya gejala. Dengan cara yang sama, tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membuat buang air besar bebas rasa sakit dan mengurangi ketegangan pada saluran anus.

Makanan berserat

Serat sangat membantu dalam mengendalikan fistula ani. Makanan kaya serat menambah volume tinja dan membantu mengeluarkannya dengan mudah. ​​Makanan yang harus disertakan dalam diet harian terutama terdiri dari biji-bijian utuh, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang kaya serat. Makanan tersebut membersihkan usus besar dan membantu mencegah atau menyembuhkan sembelit. Vitamin dan mineral yang ada di dalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan infeksi lebih cepat.

Baca Juga: Makanan Untuk Fistula Ani Yang Bisa Anda Coba

Tetap terhidrasi 

Salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk kondisi ini adalah minum banyak air. Mengonsumsi air dan jus buah dalam jumlah banyak merupakan pengganti yang baik untuk minuman berkarbonasi dan alkohol. Minum teh jahe, susu kunyit, jus kubis, jus jeruk, atau ekstrak gooseberry dapat membantu membersihkan usus. Jumlah air yang berlebihan membuat kotoran lebih lunak dan akan membantu membersihkan usus sehingga mencegah sembelit dan tekanan pada fistula.

Kebiasaan buang air besar yang sehat 

Kebersihan toilet dan kebiasaan buang air besar dapat membantu mencegah residu bakteri yang mungkin menempel pada kulit dan menyebarkan infeksi. Kebiasaan yang harus diikuti meliputi:

  • Bersihkan daerah anus setelah setiap buang air besar atau pergi ke toilet.
  • Menjaga kebersihan tangan karena paling banyak terpapar kuman.
  • Ganti pakaian dalam jika fistula mungkin bocor.
  • Gunakan bantalan anal jika perlu
  • Jangan menunda atau menahan keinginan untuk buang air besar.
  • Duduk terlalu lama di toilet dapat meningkatkan tekanan perut dan memperburuk fistula.
Mandi sitz 

Salah satu cara terbaik untuk meredakan gejala fistula anus yang meliputi iritasi, pembengkakan, nyeri, dan peradangan adalah mandi sitz, yaitu proses merendam area anus dalam air hangat biasa. Mandi sitz yang dilakukan setidaknya 3-4 kali setiap hari dapat menenangkan dan melegakan.

Menggunakan bantal donat 

Ini akan menghindari tekanan pada area anus dan mengurangi rasa sakit saat duduk.

Menggunakan pelunak tinja atau pencahar 

Membantu massa tinja menahan cairan, membuatnya lebih lunak dan kecil kemungkinannya untuk mengering dan menyebabkan sembelit.

Anestesi topikal 

Gel atau krim yang berdasarkan resep dokter dapat meredakan nyeri dan pembengkakan.

Nah, itulah beberapa informasi terkait fistula ani sembuh sendiri atau dengan melakukan perawatan atau pengobatan. Pengobatan rumahan dapat memberikan kelegaan gejala sampai batas tertentu, tetapi fistula ani jarang sembuh jika tidak diobati. Setiap metode pengobatan memiliki manfaat dan risiko yang berbeda. Sebaiknya Anda mendiskusikan kondisi tersebut dan mencari pilihan pengobatan dengan dokter Vena Wasir Center.

Tinggalkan Balasan