5 Obat Alami Ambeien yang Aman untuk Ibu Hamil!

Obat alami ambeien memiliki arti sebagai obat tradisional yang biasanya berasal dari bahan-bahan herbal dari alam tanpa bahan kimia apapun. Biasanya, obat alami ini berupa ramuan, teh, tumbuhan, minyak, hinggga ramuan tertentu. Begitupun dengan mengobati ambeien, ada beberapa obat alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejalanya. Ambeien atau wasir sendiri sangat umum terjadi pada wanita hamil. Mengutip dari Healthline (2021) menyebutkan bahwa tekanan yang berlebih saat hamil membuat para wanita dua kali lipat rentan berisiko mengalami masalah wasir, terutama pada trimester ketiga. Untuk mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan saat ambeien, para ibu hamil bisa mencoba beberapa pengobatan alami seperti berikut ini. 

Obat alami ambeien untuk ibu hamil 

Obat-obatan yang para penderita ambeien konsumsi selama kehamilan tidak boleh sembarangan. Hal ini karena beberapa obat-obatan keras yang beredar di pasaran dapat membahayakan Kesehatan pada ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Mengutip dari Healthline (2021) menyebutkan bahwa ada beberapa cara aman dengan bahan alami yang bisa ibu hamil terapkan untuk mengatasi gejala pada wasir atau ambeien, seperti:

  • Rendam duduk

Sitz bath atau rendam duduk merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa nyeri pada benjolan wasir. Cara untuk melakukan rendam duduk pun sangat mudah. Siapkan air hangat tempat sitz bath/wadah besar. Taruhlah tempat sitz bath atau wadah tersebut pada toilet duduk. Setelah itu, para ibu hamil bisa merendam bagian bokong pada wadah berisi air hangat tersebut dalam keadaan duduk agar lebih aman. Lakukan hal ini selama 15 hingga 20 menit hingga rasa nyeri mulai mereda pada bagian benjolan. 

  • Kompres dengan es batu 

Selain rendam duduk, kompres dengan es batu juga bisa menjadi salah satu cara mudah lainnya untuk meredakan nyeri sekaligus mengempiskan benjolan. Caranya adalah dengan membalut es batu dengan kain. Setelah itu, kain tersebut tempelkan/kompres bagian benjolan dengan es batu tersebut. Para penderita bisa melakukan ini selama 10 hingga 15 menit. 

  • Lidah buaya 

Gel pada lidah buaya terbukti dapat mengurangi inflamasi pada benjolan ambeien. Sehingga, membuat gejala lebih cepat mereda. Oleh karena itu, gel lidah buaya sangat cocok untuk para penderita ambeien jadikan sebagai pengobatan alami. Caranya, oleskanlah gel lidah buaya pada benjolan ambeien. 

  • Menggunakan witch hazel 

Tanaman witch hazel telah terkenal memiliki berbagai jenis manfaat untuk masalah kulit, termasuk ambeien dengan jenis eksternal (terletak di kulit luar anus). Ada banyak cara menggunakan witch hazel pada ambeien, salah satunya mengoleksan pada benjolan ambeien. Selain itu, para penderita juga bisa membeli tisu basah yang mengandung witch hazel untuk membersihkan bagian anus setelah melakukan BAB. 

  • Penggunaan tisu basah 

Kotoran yang tersisa saat proses buang air besar pada area benjolan dapat menyebabkan iritasi dan membuat wasir lebih buruk. Salah satu cara untuk mengurangi risiko tersebut adalah dengan menggunakan tisu basah yang tidak mengandung alkohol ataupun parfum. Penggunaannya adalah dengan mengusapkan tissue secara perlahan pada area benjolan setiap setelah melakukan BAB. 

Cara mencegah ambeien saat hamil 

Memang tidak mudah mencegah ambeien pada saat kehamilan. Apalagi, perubahan hormon dan perubahan aktivitas pada saat hamil sangat berisiko menimbulkan gejala wasir. Namun, mengutip dari Healthline (2021) para wanita hamil masih bisa mencegah datangnya penyakit wasir dengan melakukan hal-hal di bawah ini, seperti: 

  • Banyak mengonsumi makanan berserat dan perbanyak minum air putih
  • Lakukan aktivitas fisik selama kehamilan, sebaiknya tidak sering duduk atau menjalankan gaya hidup pasif. 
  • Usahakan tidak duduk di toilet terlalu lama. 

Selalu melakukan konsultasi dengan dokter terhadap pengobatan yang akan penderita lakukan untuk mengatasi ambeien. Hal ini, penting para penderita ambeien lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kapan harus melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis? 

Konsultasi dan pemeriksaan sangat penting para ibu hamil lakukan terhadap permasalahan Kesehatan yang mereka alami, termasuk permasalahan wasir. Selain dapat membantu para ibu hamil untuk melakukan pengobatan yang tepat, konsultasi dan pemeriksaan juga dapat mencegah ambeien bertambah buruk. Klinik Vena Wasir Center bisa menjadi salah satu tempat pengobatan wasir yang tepat untuk para ibu hamil. Dengan bimbingan dokter spesialis bedah terbaik, Vena Wasir Center dapat membantu para pasien mulai dari diagnosa ambeien, hingga pengobatan yang tepat. 

Untuk mengetahui biaya klinik Vena Wasir Center, biaya, hingga lokasi klinik, silakan untuk klik link di sini! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now