You are currently viewing Ini Dia Posisi Duduk Saat Ambeien Yang Nyaman Bagi Anda
Posisi duduk penderita ambeien

Ini Dia Posisi Duduk Saat Ambeien Yang Nyaman Bagi Anda

Kerap kali posisi duduk saat ambeien yang salah, membuat penderitanya tidak nyaman. Ambeian atau wasir kerap dianggap penyakit yang memalukan, padahal setiap orang memiliki risiko tinggi mengalaminya. Bahkan sebagian orang dewasa pernah mengalami satu kali dalam hidupnya. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penderita ambeien di dunia mencapai 54% dari jumlah populasi dengan penderita terbanyak adalah usia 50 tahun ke atas.

Biasanya seseorang yang memiliki wasir mengalami beberapa gejala seperti feses/ tinja yang keluar bersamaan dengan darah, ada rasa nyeri dan gatal di area anus, pembengkakan pada anus, dan  lendir yang keluar setelah buang air besar. Namun, menurut sebuah studi pada tahun 2012 tidak semua penderita wasir memiliki gejala.

Tips Posisi Duduk Saat Ambeien

Salah satu faktor penyebab wasir adalah duduk terlalu lama, sementara itu bagi penderita ambeien posisi duduk yang salah kerap kali membuat mereka tidak nyaman. Berikut tips duduk nyaman saat wasir.

1. Pakai alas duduk yang empuk dan lembut

Permukaan tempat duduk yang keras dapat memberikan tekanan pada otot-otot gluteus  di bokong sehingga otot mergang dan pembuluh darah di anus membengkak membuat rasa tidak nyaman.  Oleh sebab itu, Anda dapat memakai bantal duduk yang empuk dan lembut sebagai alas. Posisi duduk yang benar ditambah dengan permukaan tempat duduk yang empuk dan lembut dan membantu Anda merasa nyaman saat wasir.

2. Hindari duduk terlalu lama

Selama duduk, otot tidak bergerak sehingga dapat melemah. Pergerakan otot pinggang berkurang karena kaku. Selain itu, duduk terlalu lama dapat memberikan tekanan lebih pada wasir Anda sehingga membuat lebih tidak nyaman.

3. Duduk miring

Duduk dengan posisi miring entah ke kanan ataupun ke kiri memungkinkan Anda untuk mengurangi rasa nyeri akibat wasir.

4. Posisi lutut lebih tinggi saat buang air besar

Posisi duduk saat buang air besar perlu perhatian khusus. Anda menggunakan kakus duduk dapat menggunakan kursi jongkok untuk diletakkan di bawah kaki sebagai penyangga ketika buang air besar. Posisi lutut lebih tinggi dari anus akan membuat tubuh seperti berjongkok, otot-otot akan melemas, dan jalur keluar feses tidak tertekuk.

Agar wasir tak lagi mengganggu aktivitas Anda, segeralah konsultasikan ke dokter. Saat ini, pengobatan wasir sudah menggunakan teknologi terkini tanpa operasi, tanpa rawat inap, dan tanpa ganggu aktivitas dengan menggunakan metode BEIM, laser, radiofrekuensi dan ligasure.

Vena Wasir Center merupakan klinik pengobatan wasir yang telah menggunakan teknologi terkini, dengan harga terjangkau. Tindakan wasir dilakukan oleh dokter spesialis bedah profesional dan berada di 6 wilayah, Jakarta, Cibubur, Bekasi, Tangerang, Semarang, dan Medan.

Tinggalkan Balasan