You are currently viewing Penyebab Fistula Ani dan Cara Penanganannya
Man suffering from hemorrhoids, anal pain, isolated on white background, painful area highlighted in red

Penyebab Fistula Ani dan Cara Penanganannya

Apa sih penyebab fistula ani? Salah satu penyakit yang perlu Anda waspadai adalah fistula ani. Fistula ani yang tidak mendapatkan penanganan dengan tepat akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai penyebab fistula ani yang perlu Anda ketahui.

Fistula Ani

Fistula ani adalah kondisi yang memungknkan nanah keluar dari area anus karena adanya abses nanah. Abses nanah berada di anus bagian dalam. Nanah yang menumpuk akan berusaha mencari jalan keluar hingga membentuk sebuah saluran. Saluran ini membawa nanah keluar sampai ke luar anus. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang mengganggu kegiatan sehari-hari.

Gejala

Fistula Ani memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai. Biasanya, akan penderita fistula ani akan merasakan nyeri di area anus. Rasa nyeri ini muncul karena adanya nanah yang berusaha untuk keluar. Nanah ini berbau tak sedap dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kondisi semakin parah, akan muncul pendarahan di sekitar anus. Mungkin beberapa orang akan mengira bahwa itu adalah gejala ambeien. Perbedaan paling signifikan adalah keberadaan nanah yang keluar dari area anus. Pada penderita ambeien atau wasir, nanah tidak ikut keluar bersama darah yang datang dari area anus. Penyebab fistula ani dan ambeien juga berbeda, perlu pemeriksaan lebih lanjut jika Anda belum yakin dengan gejala yang Anda rasakan.

Rasa nyeri yang datang pada penderita fistula ani juga muncul karena pembengkakan yang terjadi di area anus. Pembuluh darah sekitar anus ikut meradang sehingga kulit sekitarnya berwarna kemerahan. Jika ini tidak segera mendapatkan penanganan, iritasi akan semakin parah dan membuat penderitanya tidak nyaman.

Baca Juga: Sering Salah, Ternyata Ini Perbedaan Fistula Ani dengan Wasir!

Penyebab

Penyebab fistula ani adalah nanah yang bergerak mencari jalan keluar menuju bagian luar anus. Gerakan nanah ini memberikan tekanan yang membentuk saluran abnormal di anus bagian dalam. Nanah ini muncul karena adanya abses anus yang tidak sembuh dengan sempurna.

Abses nanah merupakan benjolan berisi nanah yang muncul di area anus. Abses anus menjadi penyebab penyakit fistula ani terbanyak. Setengah dari penderita fistula ani mendapatkan penyakit ini karena adanya benjolan nanah tersebut. Setengah lainnya muncul karena beberapa kondisi lain, seperti penyakit menular seksual, cedera pada anus, komplikasi operasi pada area anus, fisura ani, terapi radiasi, penyakit crohn, divertikulitis, serta infeksi bakteri.

Penanganan

Penanganan paling tepat dalam fistula ani adalah operasi. Prosedur operasi dilakukan dengan metode yang berbeda tergantung kondisi masing-masing pasien.

  • Pemasangan jaringan
  • Pemasangan seton
  • Penyumbatan fistula
  • Fistulotomi
  • Prosedur LIFT

 

Setelah mengetahui penyebab fistula ani secara lengkap, kesadaran diri untuk menjaga hidup sehat seharusnya semakin meningkat. Perlu sosialisasi lebih sering supaya setiap orang memiliki awareness terhadap kesehatan masing-masing.

Baca Juga: TAK JAGA KEBERSIHAN ANUS? WASPADA FISTULA ANI!

Tinggalkan Balasan