ambeien saat hamil apakah bisa melahirkan normal

Ambeien Saat Hamil Apakah Bisa Melahirkan Normal ?

Ambeien saat hamil apakah bisa melahirkan normal ? menjadi pertanyaan yang paling banyak wanita hamil tanyakan. Meskipun ambeien berada di anus, namun ketika proses persalinan harus melalui proses mengejan. Hal inilah yang kemudian menjadi keraguan para wanita.

Ambeien atau wasir merupakan hal yang sangat umum terjadi selama masa kehamilan. Faktor risiko penyebabnya adalah peningkatan tekanan pada vena anus akibat pembesaran rahim, tekanan dari bayi yang sedang tumbuh, dan peningkatan aliran darah ke daerah panggul. Semua kejadian ini dapat mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah pada sekitar anus seiring bertambahnya usia kehamilan.

Berdasarkan penelitian, 50% kasus wasir pada wanita hamil paling mungkin terjadi selama trimester kedua dan 85% pada trimester ketiga kehamilan. Pemicunya adalah  pertumbuhan rahim, perubahan hormonal, sembelit, serta perubahan aliran darah. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat sembelit karena hormon kehamilan membuat kinerja usus melambat. Saat feses keras, tekanan ekstra saat mengejan memberi tekanan pada pembuluh darah sekitar anus lalu kemudian menyebabkannya meradang dan menonjol.

Ambeien Saat Hamil Apakah Bisa Melahirkan Normal?

Jadi, ambeien saat hamil apakah bisa melahirkan normal?  Sebenarnya, ambeien bukanlah kendala untuk wanita yang ingin  melahirkan secara normal. Hanya saja jika ingin melahirkan secara normal, akan ada kemungkinan muncul rasa ketidaknyamanan atau nyeri yang parah saat persalinan karena perlu  mengejan.

Selain itu, nantinya derajat keparahan wasir akan meningkat saat proses persalinan. Hal inilah yang akan membuat kebanyakan wanita hamil dengan wasir memilih melahirkan secara caesar agar kondisi wasirnya tidak mengganggu proses persalinan nantinya. Namun, bukan berarti ambien saat hamil tidak bisa melahirkan normal, ya. Untuk memutuskan apakah bisa melahirkan normal atau harus caesar, perlu melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter. Nantinya, dokter yang akan memutuskan cara melahirkannya.

Baca Juga: Ambeien Sembuh Setelah Melahirkan, Begini Penanganannya

Pengobatan ambeien pada wanita hamil

Perawatan atau pengobatan wasir pada ibu hamil biasanya berfokus pada perbaikan sistem pencernaan. Hal ini karena, masalah pencernaan seperti sembelit dapat memperburuk dan menghambat penyembuhan wasir pada ibu hamil. Berikut adalah beberapa pengobatan aman yang bisa ibu hamil lakukan, di antaranya:

  • Memperbaiki pola makan dengan perbanyak asupan gizi dan serat
  • Perbanyak minum air mineral
  • Wasir eksternal atau yang terletak di luar anus dapat di atasi dengan cara mengompres dengan es batu berbalut kain
  • Berendam air panas pada area anus juga dapat mengatasi rasa nyeri pada benjolan
  • Krim wasir dan obat-obatan lainnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Jika kamu mengalami permasalahan wasir selama kehamilan atau setelah proses melahirkan, kamu bisa datang di klinik Vena Wasir Center. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!                     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now