Atasi Wasir Tanpa Rawat Inap Dengan Teknologi Ligasur

Ligasur merupakan salah satu alat yang digunakan dalam hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah tindakan medis pengangkatan wasir. Sebelum dilakukan tindakan ini, pasien akan diberikan obat bius agar  merasa nyaman selama prosedur medis ini dilakukan.

Ligasur adalah modalitas diatermi baru pada hemoroidektomi dengan banyak keuntungan. Dibandingkan dengan hemoroidektomi konvensional, penggunaan ligasur ini lebih efektif karena waktu tindakan yang lebih pendek. Selain itu, perdarahan minimal, minim risiko pascatindakan,  penyembuhan luka lebih cepat, dapat beraktivitas seperti biasa, dan tanpa perlu rawat inap.

Hasil pembedahan hemoroidektomi ligasur menunjukkan kepuasan pasien yang tinggi dan kekambuhan (wasir kembali) rendah.

Persiapan Pasien Sebelum Tindakan Dengan Ligasur

  • Konsultasikan dengan dokter

Bagi seseorang yang telah mengalami gejala wasir, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika kondisi wasir sudah sangat parah, dokter akan melakukan tindakan pengangkatan wasir. Selain itu, Anda dapat menanyakan mengenai metode ligasur ini apakah tepat digunakan pada kondisi wasir Anda atau harus menggunakan metode lainnya.

  • Minum obat pencahar

Dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk minum obat pencahar, agar pasien bisa buang air besar terlebih dulu.

  • Berpuasa

Sama seperti prosedur bedah lainya, pasien disarankan untuk berpuasa selama 8-12 jam.

Perawatan Pasca-tindakan Ligasur

Setelah melakukan tindakan wasir, bukan berarti semua prosedur telah selesai. Pasien perlu melakukan perawatan wasir untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikut hal yang perlu dilakukan :

1.Istirahat Secukupnya

Beristirahat selama 2-3 hari. Setelah itu, pasien dapat beraktivitas kembali seperti biasanya, hanya saja tidak melakukan aktivitas yang berat.

2. Jangan Mengejan Ketika BAB

Dokter akan menyarankan pasien untuk buang air besar ketika benar-benar merasa mulas. Tidak boleh mengejan terlalu keras dan sebaiknya menggunakan toilet duduk.

3.Rendam Bokong dengan Air Hangat

Rendam bokong atau sitz bath dengan air hangat sehari tiga kali dengan campuran bubuk PK (Kalium Permanganat) selama 15 menit di minggu pertama. Bubuk PK digunakan sebagai antiseptik untuk membersihkan luka pascatindakan wasir. Di minggu kedua cukup lakukan sehari satu sampai dua kali saja.

4. Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Mengonsumsi makanan lunak yang mudah dicerna di satu minggu pertama, seperti bubur. Jangan mengonsumsi makanan yang keras karena dapat menyebabkan makanan tersebut sulit dihancurkan dalam sistem pencernaan dan feses menjadi keras.

5. Perawatan Luka

Hal ini bertujuan untuk meringankan nyeri pascatindakan dan mempercepat proses penyembuhan. Selain merendam bokong dengan menggunakan larutan bubuk PK dan air hangat, dokter biasanya akan menyarankan untuk mengompres luka dengan kassa dan larutan antiseptik.

Komplikasi serius setelah hemoroidektomi sangatlah jarang terjadi. Namun, jika mengalami keluhan lain terkait dengan pascatindakan segeralah periksa ke dokter.

 

Anda dapat menemukan metode ligasur ini di Vena Wasir Center. Prosedur medis akan dilakukan oleh dokter spesialis bedah. Vena Wasir Center berada di 6 lokasi, yaitu: Jatiasih- Bekasi, Mampang- Jakarta Selatan, Cibubur, Serpong-Tangerang, Semarang- Jawa Tengah, dan Medan- Sumatra Utara.

 

klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now