BAB Berdarah

Benarkah BAB Berdarah Disebabkan oleh Penyakit Wasir?

BAB berdarah merupakan salah satu gejala penyakit yang ada pada area anus. Tak hanya sebagai tanda bahwa kamu terkena wasir, tetapi bisa juga merupakan suatu gejala penyakit lain seperti fisura ani, radang usus, tukak lambung, bisul, atau kanker usus. Biasanya perdarahan pada anus dapat diketahui melalui tisu toilet, tinja yang berwarna kemerahan atau bisa pada bangku yang anda duduki. Jika mengalami perdarahan pada anus segera untuk hubungi dokter ahli untuk mendapatkan penaganan yang tepat, karena perdarahan pada anus bisa menjadi gejala serius dari berbagai penyakit.

Penyebab perdarahan pada anus

BAB Berdarah

Penyebab perdarahan pada anus saat BAB sangat bervariasi, dari penyakit ringan, penyakit umum, hingga penyakit berbahaya yang harus segera mendapatkan penanganan medis. Namun, pada umumnya perdarahan saat BAB disebabkan oleh beberapa penyakit di bawah ini!

  • Wasir/ambeien

Penyebab paling umum dari BAB berdarah adalah wasir/ambeien. Penyakit ini merupakan bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun, wasir yang mengalami perdarahan tetap harus mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter ahli.

  • Fisura ani

Banyak orang yang menyalahartikan penyakit ini dengan wasir. Padahal, keduanya disebabkan oleh dua hal berbeda. Penyebab seseorang terkena fisura ani adalah sembelit/tinja yang berukuran besar dan keras sehingga terjadi robekan pada kulit sekitar anus. Gejala pada penyakit ini adalah merasakan sensasi terbakar saat buang air besar. Penyakit ini bukan merupakan penyakit berbahaya, namun tetap harus mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Fistula ani/abses anal

Penyebab dari penyakit ini adalah infeksi yang terjadi pada area anus dan kulit. Sehingga terjadi pembentukan saluran pada usus besar dan kulit sekitar anus. Berbentuk seperti benjolan yang bernanah, fistula ani juga menyebabkan penderitanya mengalami BAB berdarah. Segeralah lakukan konsultasi dengan dokter ahli jika mengalami gejala fistula ani.

Apakah perdarahan pada anus berbahaya?

Pada kebanyakan kasus, perdarahan pada anus merupakan gejala penyakit ringan seperti pada wasir atau ambeien. Perdarahan saat BAB sangat sering dialami oleh orang yang terkena wasir stadium 3 hingga 4. Namun, perdarahan pada anus bisa menjadi salah satu tanda gejala pada penyakit yang lebih serius seperti pada kanker anus. Meskipun sulit, namun kamu tetap bisa membedakan penyebab BAB berdarah pada warna darah tersebut, seperti:

  • Berwarna merah terang

Jika darah yang keluar saat BAB berwarna merah terang itu artinya darah keluar dari bagian bawah rectum. Ini bisa menjadi tanda penyakit ambeien/wasir.

  • Berwarna merah tua

Namun, jika darah yang keluar saat BAB berwarna merah tua, artinya darah tersebut berasal dari usus besar/usus kecil. Ini merupakan gejala penyakit Chron atau fistula ani.

  • Berwarna merah kehitaman

Yang terakhir, jika darah yang keluar saat BAB berwarna gelap, itu artinya darah berasal dari perut atau lambung. Ini bisa menjadi gejala penyakit lambung seperti tukak lambung.

Perdarahan saat BAB bukan hanya disebabkan oleh penyakit ambeien, perdarahan tersebut bisa jadi tanda penyakit lain yang lebih berbahaya. Untuk itu, segera lakukan konsultasi dengan dokter ahli jika kamu mengalami perdarahan saat BAB!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now