Benjolan ambeien

Benjolan Ambeien Mengganggu? Ikuti Tips Memilih Celana yang Tepat!

Benjolan ambeien baik yang berukuran besar maupun kecil merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan pada waktu istirahat sekalipun. Benjolan yang muncul pada area anus biasanya akan menyebabkan anus terasa gatal, lembab, hingga terasa nyeri. Jika tidak terobati, maka benjolan akan semakin membesar sehingga menimbulkan risiko komplikasi, salah satunya adalah strangulasi ambeien. Mengutip dari Mayo Clinic (2021) menyatakan bahwa strangulasi ambeien adalah kondisi di mana terhambatnya aliran darah ke jaringan ambeien, sehingga menimbulkan rasa sakit luar biasa.

Agar tidak terjadi hal-hal tersebut, maka kamu harus benar-benar memerhatikan pengobatan, pola makan, cara tidur, termasuk memilih bahan pakaian agar mencegah ambeien menjadi lebih buruk. Berikut adalah beberapa tips memilih pakaian untuk para penderita ambeien.

Menggunakan pakaian yang nyaman saat beraktivitas

Benjolan ambeien

Meskipun gejala wasir atau hemoroid sangat bervariatif, tergantung dari lokasi hingga jenisnya. Namun, jika kamu memiliki wasir yang sudah di muncul pada bagian kulit anus (prolaps). Maka, hal seperti aktivitas duduk pun akan terasa nyeri dan mengganggu. Selain itu, lembab dan gatal juga umum dialami oleh para penderita ambeien jenis ini. Untuk meminimalisir rasa gatal dan nyeri, sebaiknya penderita ambeien mulai memerhatika celana yang mereka gunakan. Mengutip dari Midwest Hemorrhoid Treatment Center (2021) menyebutkan bahwa ada jenis celana dalam atau underwear yang sebaiknya penderita pilih ketika terkena ambeien, di antaranya:

  • Berbahan katun, agar tidak membuat kulit area anus mengalami iritasi
  • Tidak terlalu ketat, celana yang ketat hanya akan menambah kelembaban di area anus
  • Pilihlah celana yang longgar agar adanya sirkulasi udara untuk menjaga area anus tetap kering

Selain, memilih celana dalam yang tepat. Salah satu yang bisa penderita lakukan ketika beraktivitas adalah menggunakan bantal wasir ketika duduk. Hal ini agar mengurangi tekanan pada area anus. Sehingga, dapat meminimalisir rasa nyeri pada penderita.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Biaya Operasi Ambeien Itu Mahal?

Cara tidur yang tepat bagi penderita wasir

Tak hanya aktivitas yang dapat terganggu, waktu tidur juga dapat terganggu ketika kamu mengalami wasir, apalagi jika kamu tidur dengan posisi yang salah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan, agar kamu dapat tertidur pulas tanpa rasa nyeri dan gatal ketika mengalami ambeien, di antaranya:

  • Memilih celana tidur berbahan katun yang nyaman
  • Gunakan celana tidur yang longgar
  • Tidur dengan posisi miring agar mengurangi tekanan pada area anus

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar bisa beraktivitas dan tidur dengan nyaman saat mengalami ambeien. Namun, akan lebih baik jika ambeien yang kamu alami, segera untuk dilakukan penanganan medis. Salah satunya adalah terapi atau tindakan wasir yang minim nyeri di klinik Vena Wasir Center.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now