Manfaat Olahraga Pagi Hari Bagi Kesehatan

Olahraga pagi hari hampir menjadi rutinitas kebanyakan orang. Masyarakat sudah banyak yang sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan. Di sela-sela kesibukan setiap individu, mereka menyempatkan untuk berolahraga di pagi hari.

Jika sebelumnya, telah dibahas tentang manfaat olahraga malam hari, sekarang akan dibahas manfaat olahraga pagi hari.

 Manfaat Olahraga Pagi Hari

Alasan banyak orang memilih melakukan olahraga di pagi hari adalah karena terkena sinar matahari pagi dan udara yang masih segar. Selain itu masih ada alasan lainnya, seperti:

Tubuh berenergi menjalani aktivitas

Rajin berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan energi ketika beraktivitas. Saat olahraga, oksigen dan nutrisi akan menuju paru-paru sehingga dapat menyehatkan sistem kardiovaskular dan stamina.

Membantu meningkatkan mood

Melalui olahraga akan memicu keluarnya hormin endorfin. Hormon endorfin dapat memunculkan perasaan nyaman, senang atau bahagia. Keluarnya hormon endorfin ini dapat memberikan energi positif dan meningkatkan mood.

Meningkatkan konsentrasi

Terdapat sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi terbukti meningkatkan perhatian, pembelajaran visual, dan pengambilan keputusan.

Tak hanya dapat meningkatkan kemampuan dalam konsentrasi dan fokus, berolahraga secara teratur juga dapat mengatasi ADHD (Attention Deficit Hyperkinetic Disorder). Hal tersebut dapat terjadi karena adanya pembentukan neuron baru dan interkoneksi yang lebih padat antar sel-sel neuron pada otak.

Membantu menurunkan berat badan secara efektif

Dalam sebuah penelitian, 10 remaja putra berolahraga di pagi, sore, dan malam hari dalam sesi terpisah. Para peneliti menemukan bahwa pembakaran lemak 24 jam paling tinggi saat mereka berolahraga di pagi hari sebelum sarapan.

Membantu mengontrol napsu makan

Olahraga membantu mengatur nafsu makan dengan mengurangi ghrelin, hormon kelaparan, dan meningkatkan hormon kenyang

baca juga: Olahraga yang baik mencegah wasir

Meningkatkan daya ingat

Saat olahraga, bagian otak yang paling memberikan respon kuat adalah hipokampus. Hipokampus merupakan bagian dari otak yang berperan dalam menyimpan ingatan.

Membantu tidur lebih nyeyak di malam hari

Olahraga di pagi hari dapat membantu  tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal ini terjadi karena paparan cahaya di pagi hari dapat membantu meningkatkan kadar melatonin di malam hari, sehingga kamu pun bisa tertidur lebih cepat dan lebih pulas.

 

Nah, bagaiamana setelah mengetahui manfaat olahraga di pagi hari, apakah masih ragu olahraga? Yuk, mulai jalani pola hidup sehat untuk masa depan yang lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now