Amankah Mengonsumsi Obat Ambeien di Apotek untuk Ibu Hamil?

Obat ambeien di apotek biasanya merupakan obat-obatan konvensional yang bisa seseorang dapatkan secara bebas, dengan ataupun tanpa resep dari dokter. Dengan banyaknya berbagai macam dan jenis obat untuk ambeien di pasaran, terkadang masyrakat tidak memerhatikan bahwa beberapa kandungan obat bisa berbahaya untuk dikonsumsi oleh orang dengan kondisi tertentu, salah satunya adalah golongan wanita hamil. Mengutip dari arikel Grow by WebMD (2018) menyebutkan bahwa beberapa obat mengandung bahan-bahan tertentu yang dapat membahayakan wanita hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, sebaiknya para wanita hamil memerhatikan dengan teliti sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Kandungan obat ambeien di apotek yang berbahaya bagi wanita hamil 

Ibu hamil rentan mengalami wasir dan untuk membantu meringankan keluhan  tentu harus melakukan pengobatan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, para ibu hamil yang mengalami wasir tidak bisa sembarangan minum obat, mengapa? karena beberapa obat yang beredar di pasaran biasanya memiliki symbol tertentu untuk menandakan kandungan hingga tingkat keras atau tidaknya suatu obat.

Di Indonesia sendiri, obat yang memiliki simbol huruf “K” dalam lingkaran warna merah dan garis hitam biasanya merupakan obat yang mengandung psikotropika. Artinya,termasuk ke dalam obat keras, sehingga memerlukan resep dokter untuk memerolehnya. Akan tetapi, selain simbol tertentu, kamu juga bisa memerhatikan beberapa kandungan obat yang bisa berbahaya untuk para ibu hamil, termasuk untuk obat ambeien di apotek. Melansir dari Healthline (2019) berikut adalah beberapa obat-obatan yang biasanya dokter resepkan sebagai obat ambeien namun sebaiknya tak penderita wasir konsumsi saat hamil, seperti:

  • Ibuprofen

Salah satu gejala pada wasir/ambeien adalah munculnya rasa nyeri, hingga demam. Ibuprofen merupakan obat yang banyak penderita ambeien pakai untuk meredakan rasa nyeri. Sayangnya, obat ini cukup berbahaya bagi para ibu hamil terutama jika usia kehamilan sudah mencapai 20 minggu atau lebih  karena dapat berisiko memicu masalah pada janin/bayi di dalam kandungan. Namun, ibuprofen mungkin saja ibu hamil butuhkan selama dokter mengizinkan. Jadi, untuk memastikan pengobatan yang tepat untuk menangani ambeien pada ibu hamil, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan.

  • Obat pencahar 

Selain nyeri, terkadang sembelit juga menjadi gejala utama pada penderita wasir. Sayangnya, obat pencahar tidak boleh sembarang untuk para wanita hamil konsumsi. Hal ini karena, obat pencahar memiliki kandungan natrium juga gula yang tinggi. Sehingga, berisiko menyebabkan tekanan darah. memastikan pengobatan yang tepat untuk menangani ambeien pada ibu hamil, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Obat ambeien di apotek yang tepat bagi ibu hamil 

Pada ibu hamil yang menagalami ambeien/wasir memang sebaiknya tidak mengonsumsi obat ambeien di apotek secara sembarangan tanpa resep dokter karena ada berbagai macam risiko yang dapat terjadi. Maka, salah satu solusi yang tepat agar terhindar dari masalah tersebut adalah dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan lebih dulu dan/atau pada dokter spesialis bedah terpercaya sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. Klinik Vena Wasir Center, menyediakan layanan konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk mengatasi wasir. Kamu bisa datang langsung ke klinik Vena Wasir Center, untuk melakukan konsultasi sekaligus pemeriksaan terhadap gejala ambeien atau wasir yang kamu alami.

Kelebihan konsultasi di klinik Vena Wasir Center 

Selain sudah menjadi klinik terpercaya sejak tahun 2013, klinik Vena Wasir juga memiliki beberapa kelebihan, seperti: 

  • Semua konsultasi hingga tindakan dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman di bidangnya.
  • Tindakan dan pemeriksaan menggunakan metode modern yang lebih efektif dan minim risiko. 
  • Biaya lebih terjangkau. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai lokasi terdekat, jadwal klinik, hingga biaya untuk konsultasi hingga tindakan, silakan untuk klik di sini! 

Baca juga: Awas, Ternyata Melakukan Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Wasir Prolaps Keluar Dari Anus!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now