menu makanan yang baik untuk penderita wasir

Pilihan Menu Makanan yang Baik untuk Penderita Wasir

Menu makanan yang baik untuk penderita wasir tidak boleh sembarangan. Dengan mempertimbangkan proses penyembuhan pada penyakit wasir. Penyakit ini merupakan kondisi pembuluh darah dalam lubang anus mengalami pembengkakan. Biasanya kebanyakan penderita wasir akan mengalami kesulitan ataupun nyeri saat buang air besar. Wasir sendiri penyebabnya bisa dari beberapa faktor, mulai dari faktor keturunan, hingga pola hidup yang tidak sehat. Tidak seperti yang lain, beberapa asupan makanan yang masuk untuk penderita wasir menjadi penting agar penderita tidak mengalami kesulitan atau nyeri saat buang air besar. Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita wasir seperti, makanan bersantan, makanan pedas, minuman bersoda, daging-dagingan dan juga makanan olahan.

Jika tidak disiplin menerapkan pola hidup sehat, termasuk memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka sakit yang diderita bisa semakin lama disembuhkan. Baiknya untuk mempercepat proses pengobatan penderita wasir lebih disiplin dalam memilih asupan makanan yang akan dikonsumsi. 

Baca juga: Klinik Wasir Terdekat dan Terbaik Atasi Ambeien Hingga Tuntas!

Jenis bahan makanan untuk penderita wasir

Untuk melancarkan proses buang air besar, penderita wasir sebaiknya mengonsumsi makanan sehat yang tinggi akan serat, berikut beberapa pilihan bahan makanan yang baik untuk penderita wasir; 

  • Buah pir, penderita wasir disarankan untuk rutin mengonsumsi buah, salah satunya pir. Hal ini karena pada buah pir terdapat 22% kebutuhan serat harian dalam 6 gram. Selain itu, penting untuk mengonsumsi buah pir dengan kulitnya, karena pada kulit buah pir terkandung serat yang cukup tinggi.

  • Buah apel, selain pir, penderita wasir juga disarankan untuk rutin mengonsumsi buah apel. Hal ini karena apel mengandung banyak serat yang penderita wasir perlukan. Terlebih, dalam buah apel terdapat serat larut yang dapat menciptakan konsistensi berbentuk gel dalam saluran pencernaan. Ini bermanfaat untuk penderita wasir, karena dapat melancarkan proses pembuangan feses.

  • Seledri, terlihat sederhana memang, tapi jenis sayuran ini memiliki manfaat yang cukup efektif untuk penderita wasir. Pada satu tangkai seledri berukuran 28 – 30 cm, terdapat 1 gram serat dan 95% air. Kandungan air yang tinggi dalam seledri inilah yang bermanfaat untuk melunakkan feses yang akan keluar, sehingga penderita wasir tidak mengalami nyeri saat buang air besar.

  • Brokoli, sayuran hijau ini sangat dianjurkan dikonsumsi secara rutin oleh penderita wasir. Dalam 1 cangkir brokoli (76 gram) menyediakan 2 gram serat. Serat pada brokoli bermanfaat untuk membantu mengolah feses. Sehingga penderita wasir bisa lebih nyaman saat akan buang air besar.

  • Pisang, adalah salah satu jenis buah yang cukup banyak terkenal sebagai pilihan untuk melancarkan pembuangan feses. Dalam 1 buah pisang berukuran 18 – 25 cm terdapat 3 gram serat. Selain itu dalam 1 buah pisang terdapat pektin dan juga pati resisten yang bermanfaat untuk melancarkan pembuangan.  

Baca juga: Hemoroid Eksternal, Ini Cara Terapinya

Yang perlu penderita wasir perhatikan

Selain makanan penderita wasir juga perlu memperhatikan jadwal makan dan juga kebiasaan buang air besar. Hal ini menjadi penting untuk proses penyembuhan wasir yang lebih cepat. 

Penderita wasir juga sebaiknya tidak terlalu mengejan saat buang air besar. Selain itu, pada penderita wasir untuk tidak sering menahan buang air besar. Hal ini karena bisa menyebabkan feses mengeras dan memicu terjadinya gesekan antara kulit dalam anus dengan kotoran yang menjadi salah satu pemicu terjadinya wasir.

Selain itu, penderita wasir juga sebaiknya melakukan olahraga rutin minimal 20 – 30 menit setiap hari. Kebiasaan olahraga ini bermanfaat untuk membantu memberikan rangsangan pada gerakan usus, sehingga fese menjadi mudah keluar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now