wasir luar terapinya

Wasir Luar Apa Bedanya Dengan Wasir Dalam

Wasir Luar — Hemoroid, atau wasir juga dikenal sebagai pile, adalah pembengkakan yang mengandung pembuluh darah membesar yang ditemukan di dalam atau di sekitar bagian bawah (rektum dan anus).

Dalam banyak kasus, wasir tidak menimbulkan gejala, dan beberapa orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka terkena wasir. Hemoroid biasanya tidak menyakitkan, kecuali pasokan darahnya melambat atau terganggu. Wasir dibagi menjadi wasir luar dan wasir dalam.

Kapan Harus Mencari Dokter untuk Wasir Luar?

Menurut Dr Hengky Prabowo SpB, dari Vena Wasir Center, temui dokter Anda jika Anda memiliki gejala wasir luar yang persisten atau parah. Anda harus selalu memeriksakan pendarahan dubur, sehingga dokter Anda dapat menyingkirkan kemungkinan penyebab yang lebih serius.

Gejala wasir sering hilang sendiri atau dengan perawatan sederhana yang dapat dibeli dari apotek tanpa resep dokter. Namun, bicarakan dengan dokter jika gejala Anda tidak membaik atau jika Anda mengalami rasa sakit atau perdarahan.

Dokter umum Anda sering dapat mendiagnosis wasir menggunakan pemeriksaan internal sederhana pada bagian belakang Anda, meskipun mereka mungkin perlu merujuk Anda ke spesialis penyakit dalam atau dokter bedah untuk analysis dan perawatan.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi 0821 1033 3310

 

Beberapa orang dengan wasir luar enggan menemui dokter umum mereka. Namun, tidak perlu malu, karena dokter sangat terbiasa mendiagnosis dan mengobati wasir.

Apa yang menyebabkan wasir Luar?

wasir luar terapinya

Ilustrasi : Wasir luar

Penyebab pasti wasir tidak jelas, tetapi kondisi ini terkait dengan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di dalam dan sekitar anus Anda. Tekanan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di bagian belakang Anda menjadi bengkak dan meradang.

Banyak kasus yang diduga disebabkan oleh terlalu banyak mengejan di toilet, karena sembelit dalam berkepanjangan – ini sering disebabkan oleh kurangnya serat dalam makanan seseorang. Diare kronis (jangka panjang) juga dapat membuat Anda lebih rentan terkena wasir. Faktor-faktor lain yang mungkin meningkatkan risiko terkena wasir luar meliputi:

  1. Kelebihan berat badan atau obesitas.
  2. Usia – Seiring bertambahnya usia, jaringan pendukung tubuh Anda semakin lemah, meningkatkan risiko wasir
  3. Kehamilan – yang dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah panggul Anda, menyebabkan mereka membesar.
  4. Memiliki riwayat keluarga dengan wasir
  5. Pekerjaan – secara teratur mengangkat benda berat
  6. Batuk terus menerus atau muntah berulang
  7. Duduk untuk waktu yang lama

Mencegah dan mengobati wasir Luar

Gejala wasir luar sering mereda setelah beberapa hari, tanpa perlu perawatan. Hemoroid yang terjadi selama kehamilan seringkali membaik setelah melahirkan. Namun, membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi ketegangan pada pembuluh darah di dalam dan sekitar anus Anda, sangat dianjurkan dokter. Ini dapat mencakup:

  1. Secara bertahap meningkatkan jumlah serat dalam makanan Anda – sumber serat yang baik termasuk buah, sayuran, nasi gandum, pasta dan roti gandum, kacang-kacangan dan kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan gandum.
  2. Minum banyak cairan – terutama air, tetapi menghindari atau mengurangi kafein dan alkohol
  3. Tidak menunda pergi ke bathroom – mengabaikan keinginan untuk mengosongkan usus Anda dapat membuat tinja Anda lebih keras dan kering, yang dapat menyebabkan tegang ketika Anda pergi ke bathroom
  4. Menghindari obat yang menyebabkan sembelit – seperti obat penghilang rasa sakit yang mengandung kodein
    menurunkan berat badan.
  5. Berolahraga secara teratur – dapat membantu mencegah sembelit, mengurangi tekanan darah Anda dan membantu Anda menurunkan berat badan. Langkah-langkah ini juga dapat mengurangi risiko hemoroid kembali, atau bahkan berkembang di tempat pertama.

Terapi Wasir

Obat yang Anda oleskan langsung ke bagian belakang Anda (dikenal sebagai perawatan topikal) atau tablet yang dibeli dari apotek atau diresepkan oleh dokter umum Anda dapat meringankan gejala Anda dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mengeluarkan tinja.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi 0821 1033 3310

 

Ada berbagai pilihan perawatan untuk wasir yang lebih parah. Salah satu dari opsi-opsi ini adalah ruber band ligation, yang merupakan prosedur non-bedah di mana pita elastis yang sangat ketat diletakkan di sekitar pangkal wasir untuk memotong suplai darahnya. Wasir akan rontok setelah sekitar satu minggu.

Pembedahan yang dilakukan dengan anestesi umum (di mana Anda tidak sadar) kadang-kadang digunakan untuk mengangkat atau mengecilkan wasir besar atau eksternal. Seperti dengan teknologi stapler, Biological Electrical Impedance Auto-Measurement (BEIM), hingga radiofrekuensi ablasi (Ligasure), semua tindakan ini termasuk dalam lingkup hemoroidektomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now