Wasir Adalah Penyakit Yang Menyebabkan Anemia

Wasir adalah penyakit yang sering diremehkan oleh kebanyakan orang, terutama penderitanya. Padahal, apabila terus dibiarkan wasir bisa jadi semakin besar hingga pecah. Jika wasir sudah pecah, maka akan terjadi perdarahan yang akhirnya menyebabkan anemia. Tidak hanya mengganggu kesehatan tapi juga aktivitas.

Biasanya, penderita wasir pada tahap awal tidak mengalami gejala apapun. Mungkin hanya beberapa orang yang merasakan ketidaknyamanan atau mengalami sedikit keluar darah saat buang air besar.

Namun, pada tahap lanjut terjadinya perdarahan akan lebih sering, sampai akhirnya wasir menyebabkan anemia. Jika sudah mengalami anemia, seseorang akan merasa lebih cepat lelah, mudah pusing, pucat, nyeri dada, dan sesak napas.

baca juga: wasir adalah penyebab nyeri

 Kenali Gejala Wasir Sejak Awal

Wasir adalah kondisi pembengkakan atau pembasaran pembuluh darah vena di sekitar anus. Penyebab wasir yang umumnya terjadi adalah akibat sembelit kronis yang mengharuskan seseorang mengejan saat buang air besar. Namun, juga dapat disebabkan oleh hal lain seperti, penuaan, obesitas, kehamilan, seringnya mengangkat benda berat, dan duduk dan berdiri terlalu lama.

Berdasarkan letaknya, wasir terbagi menjadi dua jenis yaitu, wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal terjadi ketika pembuluh darah mengalami pembengkakan di dalam anus. Sementara wasir eksternal, pembengkakan pembuluh darah terjadi di luar anus.

Wasir internal biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri, namun menyebabkan BAB berdarah .  Wasir internal bisa juga keluar dari lubang anus, serta menimbulkan nyeri.

Wasir eksternal biasanya akan menimbulkan rasa nyeri yang lebih, lebih gatal,sewaktu-waktu bisa robek dan berdarah. Selain itu, benjolan akan terlihat dengan jelas, karena letaknya di luar.

Masalah Kesehatan yang Disebabkan Oleh Wasir

Wasir tidak boleh diremehkan dan diabaikan karena jika sudah semakin parah bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, yakni:

  • Perdarahan
  • Wasir trombosis (penggumpalan darah)
  • Anemia jika perdarahan berlangsung lama.
  • Wasir Pembengkakanyang terjadi menyebabkan gangguan aliran oksigen ke wasir. Wasir strangulata dapat menjadi terasa sangat nyeri, bahkan bisa menyebabkan jaringan sekitar anus mati. Wasir ini perlu segera ditangani dengan tindakan medis.

Ada beberapa cara agar dapat menghindari wasir, seperti:

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat
  • Minum air putih yang cukup
  • Tidak menunda buang air besar
  • Olahraga rutin
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama
  • Hindari mengangkat beban berat
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol

 

Apabila Anda sudah mengalami keluhan wasir, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan di klinik wasir Vena Wasir Center. Kami memiliki dokter yang profesional dan jika Anda membutuhkan tindakan medis, Vena Wasir Center menggunakan teknologi canggih tanpa operasi, tanpa rawat inap, tingkat keberhasilan tinggi, risiko minimal dan pasien bisa beraktivitas.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now