3 Aktivitas yang Akan Terhambat Akibat Gejala Ambeien

Gejala ambeien sering kali banyak penderita deskripsikan sebagai rasa nyeri. Akan tetapi, gejala yang muncul biasanya tak hanya datang rasa nyeri, tetapi juga bisa timbul keluhan lainnya salah satunya adalah pendarahan saat proses buang air besar. Mengutip dari jurnal kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (2020) menyebutkan bahwa hemoroid atau ambeien ini melibatkan pembuluh darah, jaringan ikat, hingga sejumlah kecil otot pada area anus di mana banyak terdapat saraf-saraf sensitif terutama pada bagian luar anus. Inilah sebabnya, gejala ambeien yang muncul sering kali sangat mengganggu para penderitanya.

Beberapa gejala ambeien

gejala ambeien yang menggangu aktivitas

Tanda utama dari ambeien atau wasir adalah adanya benjolan baik di dalam mauapun di luar anus. Benjolan yang terletak di dalam anus terkenal dengan nama hemoroid interna, bisanya ambeien jenis ini muncul dengan gejala:

  • Sembelit, biasanya dipicu akibat benjolan yang terletak di dalam sehingga menghambat feses yang akan keluar
  • Muncul benjolan ketika selesai melakukan buang air besar, namun jika ukuran benjolan masih tergolong kecil maka biasanya bisa masuk kembali ke dalam anus
  • Mengalami pendarahan baik selama maupun setelah melakukan buang air besar
  • Jika ambeien sudah membesar biasanya penderitanya juga merasakan anus menjadi gatal, lembab hingga bisa memicu risiko infeksi

Tak jarang pula, ambeien yang datang membuat penderitanya mengalami stress hingga depresi. Untuk itu, segeralah untuk mendapatkan penanganan medis terhadap gejala-gejala awal ambeien.

Baca juga: 2 Penyebab Ambeien Susah untuk Sembuh!

Aktivitas yang terganggu ketika datang ambeien

Meskipun bukanlah penyakit yang mematikan dan berbahaya, namun ambeien ini dapat mengganggu aktivitas ketika sudah mulai memburuk hingga menimbulkan komplikasi lainnya, berikut adalah aktivitas yang sebaiknya tak kamu lakukan selama terkena ambeien, seperti:

  • Mengemudi

Berkendara apalagi dalam waktu yang lama bisa berdampak buruk bagi para penderita ambeien. Berkendara memaksa pengemudinya untuk duduk, sehingga anus dalam keadaan tertekan. Apalagi, saat berkendara maka akan menimbulkan getaran pada area anus akibat jalur yang pengemudi lewati maupun akibat dari mesin kendaraan. Tekanan sekaligus getaran saat berkendara bisa berbahaya bagi penderita wasir karena berisiko membuat benjolan menjadi pecah.

  • Mengangkat beban berat

Ketika mengangkat beban berat, maka akan meningkatkan tekanan pada area rektum. Hal ini dapat menyebabkan ambeien menjadi lebih membengkak, sehingga menimbulkan risiko pecahnya ambeien hingga perdarahan. Sebaiknya, hindarilah mengangkat/melakukan aktivitas yang terlalu berat selama memiliki ambeien.

  • Berolahraga

Beberapa aktivitas olahraga seperti bersepeda, berkuda hingga gerakan sederhana seperti sit-up bisa berisiko menimbulkan tekanan berlebih pada benjolan ambeien. Maka sebaiknya hindarilah aktivitas olahraga ketika terkena wasir/ambeien.

Cara mengatasinya

Penyakit wasir atau ambeien bukanlah penyakit yang bisa kamu anggap sepele, karena bukan saja dapat mengganggu aktivitas. Tetapi, juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami risiko komplikasi penyakit berbahaya, untuk itu jika sudah merasakan gejala awal wasir/ambeien, segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis agar masalah wasir bisas segera teratasi. Salah satu klinik wasir terdepan dalam mengatasi ambeien adalah Vena Wasir Center, kamu bisa menghubungi nomor 0811-9555-100 untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Cara Mengobati Ambeien Pada Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now