5 Tips Puasa Sehat Selama Bulan Suci Ramadhan

Ada banyak perubahan yang terjadi selama puasa bulan suci ramadhan, mulai dari pola tidur, pola makan, dan aktivitas harian yang mulai dikurangi. Semua orang berharap agar ibadah puasanya bisa  berjalan lancar hingga akhir Ramadan. Selain menjalankan kewajiban sebagai umat Islam, puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah  mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan. Manfaat dari puasa bisa kita dapatkan secara optimal ketika menerapkan pola hidup sehat selama berpuasa.

Untuk itu, kalian bisa menerapkan tips berikut  ini agar keluarga tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah Ramadan.

Tips Sehat Puasa di Bulan Ramadhan

1. Minum 8 gelas air mineral

Kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap terpenuhi dengan baik, dengan cara cukup minum air saat sahur dan berbuka untuk menghindari risiko dehidrasi. Sebenarnya, tidak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang tubuh butuhkan saat berpuasa maupun tidak. Namun, sebaiknya tetap minum 8 gelas air mineral setiap hari. Kita perlu menjaga asupan gizi seimbang termasuk mineral yang memang  tubuh butuhkan, tetapi tidak dapat diproduksi dalam tubuh.

Pola minum air selama puasa dapat kalian lakukan dengan cara membaginya, seperti   2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas lagi saat sahur. Selain itu,  pastikan sumber air dan proses pengolahan air yang akan kalian minum berkualitas.

Air mineral yang berkualitas, berasal dari sumber air pegunungan alami, yang ekosistem  sekitar sumbernya  terlindungi. Hal ini sangat penting karena  akan menjaga kekayaan dan kealamian mineralnya, serta bermanfaat bagi kesehatan. Begitupun dengan proses pengolahan airnya, harus higienis, terhindar dari kontaminasi bakteri, dan zat berbahaya.

2. Makan buah yang mengandung air

Selain minum 8 gelas air, mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, lho dan mencegah dehidrasi. Biasanya, orang yang berpuasa akan merasa mudah lelah, sakit kepala karena kekurangan cairan dalam tubuh. Maka dengan mencukupinya, bisa menghindari hal tersebut.  Selain mengandung air, buah-buahan juga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan.  Jangan lupa juga konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Konsumsi kurma saat berbuka puasa

Kurma merupakan jenis buah yang khas dengan bulan Ramadan dan memiliki banyak kebaikan dan manfaat. Manfaat kurma sendiri antara lain membantu:

  • melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi serta mencegah sembelit.
  • mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin.
  • mengontrol tekanan darah
  • menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.
  • mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Olahraga

Berolahraga merupakan  salah satu tips puasa di bulan Ramadhan sehat yang sebaiknya jangan dilewatkan. Namun, perlu ingat sebaiknya hindari olahraga yang berjenis endurance (daya tahan fisik) dan yang berkenaan dengan kecepatan, karena bisa menguras energi. Kalian bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan, seperti Yoga, jalan kaki, maupun stretching. Saat melakukan olahraga, jangan lupa perhatikan apakah tubuh mampu melanjutkannya atau tidak. Jika merasa pusing, lemas dan sempoyongan, cobalah istirahat sejenak dan jangan paksakan diri.

Baca Juga: Tak Boleh Sembarangan Olahraga Saat Puasa, Perhatikan Hal Berikut Ini!

5. Cukup tidur

Nah, hal ini juga cukup penting untuk menjaga kesehatan selama berpuasa. Bagi orang dewasa,  perlu memenuhi 8 jam waktu tidur setiap malamnya. Sistem imun dapat bekerja dengan baik ketika cukup tidur. Menurut jurnal Sleep pada tahun 2010, kurang tidur bisa memengaruhi emosi dan suasana hati seseorang.  Suasana hati bisa memberikan dampak signifikan terhadap kegiatan harian. Kurang tidur tentunya juga akan membuat seseorang mudah merasa lemah dan pusing.

Nah, jadi gimana nih sudah siap menjalani puasa?

Jika Anda mengalami gejala wasir, seperti munculnya benjolan dan nyeri pada bagian anus, serta BAB berdarah bisa melakukan konsultasi di Vena Wasir Center dengan dokter spesialis bedah handal kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi call center kami di 08119555100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now