Ambeien Pada Anak, Harus Kasih Obat Apa?

Ambeien atau wasir ternyata tidak hanya dialami orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Namun, jika anak-anak yang mengalaminya obat apa yang harus diberikan? Meskipun tidak berbahaya dan pada beberapa kasus bahkan bisa sembuh dengan sendirinya,  tapi kondisi ini dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Apalagi jika anak-anak yang mengalaminya.

Anak-anak pada umumnya belum bisa mengutarakan secara jelas apa yang mereka rasakan sehingga terkadang orangtua pun bingung. Oleh sebab itu, para orangtua perlu jeli melihat  gejala ambeien pada anak, agar kondisi ini dapat segera teratasi.

Menurut jurnal Clinics in Colon and Rectal Surgery, ambeien pada anak merupakan penyakit yang jarang terjadi. Bahkan, biasanya hanya berlangsung sementara  dan jarang ditemukan berlanjut hingga remaja.

Apa Saja Gejala dan Penyebab Ambeien pada Anak?

Gejala wasir pada anak sama seperti yang terjadi pada orang dewasa, seperti:

  • Perdarahan saat buang air besar (BAB)
  • Keluarnya lendir dari dubur sewaktu dan/atau setelah BAB.
  • Anak merasakan kesakitan saat BAB hingga mereka menangis.
  • Tinja keras dan kering.
  • Ketidaknyamanan akibat munculnya rasa gatal atau nyeri di anus.
  • Munculnya benjolan pada anus.

Jika anak menunjukkan gejala tersebut, maka ada kemungkinan ia mengalami ambeien/wasir.

Sementara itu, penyebab  paling umum terjadinya wasir adalah sembelit dan diare yang berkepanjangan atau kebiasaan mengejan saat buang air besar.

Sembelit biasanya terjadi karena anak kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Jika sembelit terus terjadi dan tidak mendapatkan penanganan, lama-kelamaan anak bisa mengalami wasir.

Anak Ambeien, Harus Kasih Obat Apa?

Jika Ada kecurigaan anak mengalami gejala wasir, segeralah bawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya, jangan menunda pengobatan dan tidak menggunakan sembarang obat ambeien untuk mereka. Hal ini karena anak-anak lebih sensitif daripada orang dewasa sehingga pengobatan harus mendapatkan pengawasan dari  dokter.

Selain itu, sejumlah obat-obatan memiliki efeks samping susah buang air besar. Kondisi ini tentunya akan semakin memperparah wasir pada anak. Dokter akan memberikan obat yang tepat untuk melancarkan feses, meredakan nyeri dan gatal, serta mencegah iritasi.

Selain obat dari dokter, ada beberapa perawatan di rumah agar anak lekas sembuh, seperti:

  • Mencukupi asupan makanan berserat, seperti sayur, buah, gandum, dan kacang-kacangan.
  • Memperbanyak minum air putih.
  • Mengoleskan petroleum jelly pada area anus yang mengalami iritasi.
  • Mengajak anak untuk bergerak aktif dan olahraga secara rutin.
  • Mengatur pola makan untuk mendapatkan berat badan yang ideal sesuai usia, kondisi dan kebutuhan nutrisi anak.

Ambeien pada anak biasanya bersifat sementara.Dengan  melakukan perawatan yang sederhana, anak bisa segera membaik. Namun, jika kondisi tak kunjung membaik atau semakin parah, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Dokter kemungkinan akan menyarankan tindakan bedah untuk mengobati wasirnya.

 

 

Untuk melakukan pengobatan di klinik Vena Wasir Center, bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui hotline yang ada di website Vena Wasir Center atau menghubungi nomor  08119555100 .

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now