penyakit wasir pada anak muda rentan terjadi

Ambeien Trombosis, Apakah Operasi Menjadi Jalan Terbaik?

Ambeien luar atau dalam istilah medis terkenal dengan nama hemoroid eksterna merupakan kondisi di mana jaringan ambeien atau benjolan daging berada di area luar atau sekitar kulit anus. Area ini memiliki saraf-saraf sensitif, sehingga ambeien ini terkenal lebih menyakitkan daripada ambeien yang terletak di dalam anus. Selain itu, ambeien luar juga sangat rentan terkena komplikasi gangguan lainnya, salah satunya adalah ambeien trombosis. Kondisi ambeien trombosis terjadi ketika benjolan ambeien mengeluarkan banyak darah akibat adanya gumpalan darah. Sehingga, menyebabkan aliran darah terganggu dan menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Apa itu trombosis ambeien luar

ambeien luar

Ambeien luar merupakan ambeien yang memengaruhi saraf sensitif di sekitar anus. Mengutip dari artikel Midwest Hemorrhoids Treatment Center (2021) mencatat bahwa kebanyakan ambeien luar biasanya merasakan gatal, sensasi terbakar, sekaligus nyeri pada area anus. Selain itu, wasir luar juga sering rentan terkena komplikasi trombosis ambeien. Kondisi ini terjadi di mana jaringan ambeien mengalami penggumpalan darah, sehingga aliran darah menjadi terhambat. Tidak begitu jelas mengenai penyebab bagaimana wasir bisa menjadi trombosis, akan tetapi para ahli meyakini bahwa benjolan yang terlalu lama terkena tekanan biasanya berisiko menimbulkan trombosis.

Gejala trombosis ambeien

Tanda atau gejala yang muncul dari ambeien trombosis biasanya berbeda-beda, tergantung pada ukuran gumpalan yang terjadi. Pada beberapa orang, gumpalan darah pada benjolan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada area anus. Namun, pada umumnya, penderita akan mengalami gejala trombosis seperti:

  • Nyeri luar biasa di sekitar anus
  • Rasa sakit biasanya memburuk dalam waktu 24 jam
  • Mengeluarkan banyak darah dari benjolan wasir
  • Ukuran benjolan biasanya membesar dan mengeras

Meskipun rasa sakit pada wasir trombosis mungkin saja hilang dalam beberapa hari, namun sebaiknya jangan menunda untuk memeriksakan diri dengan dokter spesialis. Wasir trombosis dapat menimbulkan anemia (kekurangan darah) hingga kematian jaringan yang lebih menyakitkan.

Baca juga: 7 Makanan Yang Perlu Dihindari Pasien Ambeien Stadium 4

Haruskah melakukan operasi?

Midwest Hemorrhoids Treatment Center (2021) menyatakan bahwa, operasi ambeien menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi trombosis ambeien. Tak hanya dapat menghilangkan nyeri, operasi juga efektif untuk menghilangkan benjolan yang kamu alami. Berbeda dengan metode operasi biasanya, di klinik Vena Wasir Center memiliki berbagai metode yang hanya melibatkan sayatan kecil bahkan tanpa sayatan sama sekali. Sehingga, beberapa metode tindakan yang ada di Vena Wasir Center lebih minim risiko, nyeri, hingga minim perdarahan. Berikut adalah beberapa metode yang ada di Vena Wasir Center yang bisa mengatasi trombosis ambeien, di antaranta:

  • Radiofrekuensi

Metode ini memanfaatkan gelombang radio frekuensi untuk mengatasi ambeien trombosis yang sangat mengganggu. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit, minim sayatan, hingga tingkat efektivitas yang tinggi merupakan kelebihan dari metode ini.

  • Laser hemorrhoidoplasty

Tindakan laser merupakan salah satu metode unggulan karena tidak melibatkan sayatan selama tindakan berlangsung. Dengan proses tindakan hanya 15-20 menit, tergantung besarnya benjolan, tindakan ini bisa langsung mengempiskan benjolan trombosis ambeien hingga 60% setelah tindakan, dan akan terus mengecil beberapa hari setelah tindakan.

Selain metode di atas, Vena Wasir Center juga memiliki metode PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien) untuk mengatasi wasir dalam.

 

Baca juga: Cara Memilih Klinik Wasir yang Tepat Sesuai dengan Budget!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now