Apakah Ambeien Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

Anus Gatal? Waspada Gejala Penyakit Menular Seksual Kondiloma!

Anus gatal merupakan hal yang banyak dan umum terjadi pada semua orang. Rasa gatal yang intens biasanya membuat penderitanya berkeinginan untuk menggaruknya. Tentu saja, hal ini bisa sangat memalukan, apalagi jika rasa gatal muncul ketika penderitanya sedang melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Meskipun hal sepele, namun masalah ini tak bisa penderitanya sepelekan begitu saja. Apalagi, rasa gatal pada anus bisa menjadi indikasi munculnya masalah pada area kulit, munculnya wasir, kurangnya kebersihan di area tesebut, hingga menjadi tanda gejala dari penyakit menular seksual seperti kondiloma.

Apa itu kondiloma?

Gatal di Anus Bisa Jadi Tanda Penyakit Seksual

Mengutip dari artikel website kesehatan Mayo Clinic (2020) menyebutkan bahwa kondiloma merupakan masalah yang terjadi akibat virus HVP (Human Virus Papiloma). Kondiloma ini adalah bahasa atau sebutan medis untuk kulit kelamin dan merupakan salah satu penyakit seksual yang sangat umum terjadi. Pada kebanyakan kasus, kondiloma ini sering terjadi di area genital, anus, bibir hingga tenggorokan. Tergantung letak bagian tubuh yang terkena virus menular tersebut. Meskipun, sebagian besar penyakit kondiloma ini terjadi akibat penularan seksual, namun penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak melalui kontak langsung dari orang tua. Sehingga, kondiloma tidak bisa kamu sepelekan begitu saja.

Bagaimana gejala pada kondiloma?

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat menular, untuk itu penting agar memerhatikan gejala awal yang muncul, seperti:

  • Rasa gatal di sekitar anus bisa menjadi gejala utama pada penyakit ini
  • Muncul bintik-bintik kecil berwarna kulit di area genital atau sekitar anus
  • Timbul sensasi tak nyaman di sekitar area anus tersebut
  • Berdarah saat berhubungan seks

Selain itu, kondiloma juga memilki bentuk kutil menumpuk yang mirip dengan bentuk kembang kol. Jika, kamu telah memiliki kutil tersebut segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis di klinik terpercaya, seperti Vena Wasir Center.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Siapa saja yang rentan terkena kondiloma?

Mengutip dari artikel Medscape (2020) menyebutkan bahwa ada beberapa faktor dan risiko yang membuat seseorang mudah terkena kondiloma, di antaranya:

  • Orang yang sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Beberapa orang yang melakukan anal seks juga berisiko terkena penyakit kondiloma ini
  • Orang yang sudah pernah mengalami penyakit menular seksual
  • Beberapa orang yang aktif secara seksual pada usia muda

Pengobatan kondiloma di Vena Wasir Center

Tak hanya menjadi tempat untuk mengatasi permasalahan wasir, Vena Wasir Center juga melayani pengobatan permasalahan anorektal, salah satunya adalah kondiloma. Dengan metode terkini, dan didukung oleh dokter spesialis bedah berpengalaman menjadikan Vena Wasir Center menjadi klinik terdepan dalam mengatasi wasir, fisura ani, fistula, hingga kondiloma. Untuk itu, jika kamu ingin melakukan pemeriksaan dan konsultasi terkait permasalahan yang kamu alami, silakan hubungi nomor 0811-9555-100 atau melalui Instagram official @venawasircenter dengan menghubungi melalui Direct Message atau DM.

Baca juga: Fistula Ani, Penyakit yang Muncul Akibat Sembelit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now