Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri dengan Bahan-Bahan Alami?

Apakah ambeien bisa sembuh sendiri? Jawabannya tentu saja bisa, namun jika kondisinya belum parah atau masih pada tahap awal, maka ambeien bisa sembuh dengan sendirinya. Lalu bagaimana dengan penggunaan bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan ambeien?

Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri? Bisa, tapi…

Bahan-bahan alami kerap orang percaya dan gunakan sebagai obat ambein yang tujuannya adalah membantu meringankan gejala. Perlu kamu ketahui, gejala ambeien yang ringan bisa sembuh sendiri tanpa perlu mendapatkan pengobatan dalam beberapa hari. Namun jika kondisinya sudah berat, gejala yang mungkin akan penderita rasakan, bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika sudah demikian, melakukan pengobatan harus penderita lakukan.

Ambeien atau wasir atau hemoroid merupakan kondisi saat pembuluh darah sekitar anus mengalamiperadangan atau pembengkakan. Pembengkakan ini terjadi akibat meningkatnya tekanan pada  bagian bawah rektum dan anus.

Ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan tekanan tersebut, seperti mengalami sembelit kronis sehingga harus mengejan keras saat BAB, mengalami diare, obesitas, kehamilan, atau kurang asupan makanan berserat.

Baca Juga: BIAYA OPERASI AMBEIEN LEBIH HEMAT DENGAN DISKON 20%

Bahan Alami yang Dipercaya Bisa Mengobati Ambeien

Pengobatan wasir tetap memerlukan untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah kambuh kembali. Ada beragam cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang banyak orang percaya mampu mengurangi peradangan pada ambeien dan meringankan rasa nyeri atau gatal pada anus. Selain itu, manfaat lainnya adalah membantu penyembuhan luka pada wasir. Kendati demikian, fektivitas lidah buaya untuk mengobati wasir masih harus perlu pengujian lebih lanjut secara klinis.

Witch hazel

Jenis bahan alami yang jadi tanaman herbal lainnya yang  juga dianggap bisa mengatasi wasir adalah witch hazel. Tanaman ini bisa membantu mengurangi munculnya rasa gatal, perih, dan nyeri akibat ambeien. Witch hazel mengandung tanin dan minyak alami yang dapat membantu mengurangi peradangan, iritasi, dan pembengkakan pada anus akibat wasir.

Minyak mineral dan essential oil

Minyak kelapa, minyak vitamin E, petroleum jelly, serta minyak esensial yang mengandung chamomile, ekstrak kacang almond, dan minyak ikan ternyata memiliki fungsi untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat wasir. Selain itu, minyak tersebut juga bisa sebagai pelembap yang dapat membantumengurangi keluhan gatal dan nyeri  akibat iritasi kulit pada anus.

Kompres es batu

Mengompres  wasir dengan menggunakan es  batu diduga cukup efektif. Melakukan kompres dengan es batu ini akan membantu pembuluh darah vena yang melebar akan mengempes. Selain itu juga bisa membantu mengurangi rasanya nyeri dan gatal pada area tersebut.

Meski penggunaan bahan-bahan alami cukup efektifdan  aman, namun sejauh ini belum banyak penelitian yang dapat memastikan efek samping dan seberapa efektif penggunaan bahan-bahan  alami ambeien tersebut. Oleh karena itu, pasien tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now