ambeien saat hamil

Apakah Tindakan Ambeien Saat Hamil Dapat Memengaruhi Persalinan?

Ambeien saat hamil merupakan hal yang sering terjadi. Hal ini dikarenakan saat hamil, ukuran rahim yang membesar menyebabkan tertekannya pada pembuluh darah sekitar area rektum dan anus. Sehingga timbulah ambeien. Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya dengan pola hidup yang sehat. Namun, pada beberapa kasus ambeien/wasir ini tidak bisa hilang bahkan bertambah parah, sehingga membuat penderitanya merasakan nyeri, tidak nyaman dan stress. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan cara tindakan. Lalu, apakah aman dan bisa ibu hamil lakukan?

Ambeien dan kehamilan

Ambeien atau wasir merupakan permasalahan kesehatan yang umum terjadi pada siapapun, anak kecil hingga orang dewasa. Namun, masalah yang satu ini kerap banyak dialami oleh para ibu hamil, terutama memasuki umur kehamilan sekitar trisemester ketiga atau 28 hingga 40 minggu. Wasir ini merupakan benjolan pada anus yang terjadi akibat adanya tekanan dari pembuluh darah. Ibu hamil dapat mengalami wasir internal (benjolan berada di dalam) hingga wasir eksternal (benjolan berada di luar anus).

Baca juga: Penyakit Wasir Pada Ibu Hamil? Coba Dengan Cara Ini

Gejala ambeien pada ibu hamil

Pada saat hamil, ada beberapa tanda atau gejala yang timbul, seperti:

  • Merasakan nyeri yang sangat mengganggu pada area anus. Sakit memburuk ketika duduk dan mengejan.
  • Jika terjadi infeksi, biasanya ibu hamil juga merasakan gatal pada anus.
  • Merasakan sensasi panas setelah melakukan buang air besar.
  • Mengalami perdarahan saat BAB.
  • Merasakan pusing dan stress.

Gejala di atas dapat membuat kondisi emosional pada ibu hamil menjadi tidak stabil dan gampang stress. Untuk itu, sebaiknya segeralah atasi wasir dengan cara berikut ini.

Cara atasi wasir pada ibu hamil

Mengurangi gejala atau mengatasi wasir saat kondisi hamil tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan agar tidak mengganggu janin. Untuk itu, cobalah menggunakan bahan alami untuk menghilangkan atau meredakan rasa nyeri dengan cara:

  • Berendam air panas atau sitz bath.
  • Mengoleskan gel lidah buaya.
  • Kompres benjolan dengan es batu.

Sebaiknya, untuk mengonsumsi obat-obatan konvensional, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Selain cara di atas, jika wasir semakin memburuk, seperti menyebabkan banyak perdarahan yang dapat mengganggu kehamilan. Maka, bukan tidak mungkin tindakan pengangkatan wasir akan dilakukan pada ibu hamil.

Berbahayakah tindakan pada kehamilan?

Tindakan wasir pada ibu hamil bisa dan mungkin saja dilakukan dengan kondisi tertentu. Namun, sebaiknya pilihlan tindakan pengangkatan wasir minimal invasive surgery seperti beberapa tindakan yang ada di Klinik Vena Wasir, seperti tindakan BEIM. Tindakan ini minim nyeri, tindakan cepat, dan minim risiko, sehingga tidak akan menimbulkan efek kepada janin.

Namun, sebelum melakukan tindakan wasir sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Kamu bisa datang ke klinik Vena Wasir langsung atau melalui layanan konsultasi online untuk memeriksakan kondisi wasirmu.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Ambeien Yang Aman untuk Wanita Hamil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now