Hemoroid atau wasir

Bagaimana Makanan Bisa Memicu Hemoroid Pada Seseorang?

Hemoroid atau wasir merupakan salah satu masalah penyakit pada anus. Sebagai salah satu organ tubuh pencernaan, terkadang kebersihan dan kesehatan anus tidak banyak dihiraukan oleh kebanyakan orang. Kebersihan anus di sini termasuk ke dalam membersihkan area tersebut secara berkala, termasuk mengonsumsi makanan yang juga baik untuk anus. Mengutip dari website artikel National Institute of Diabetes and Disgestive and Kidney Diseases (2016) menyebutkan bahwa, nutrisi makanan dan wasir sangat memengaruhi satu sama lain.

Bagaimana makanan memengaruhi hemoroid

Hemoroid atau wasir

Mengutip dari jurnal kesehatan Universitas Islam Sultan Agung (2020) menyebutkan bahwa pola hidup modern sangat memengaruhi kesehatan pada sistem pencernaan,termasuk anus. Hemoroid/wasir sendiri terjadi di area anus, tempat pembuangan feses hasil dari proses pencernaan. Maka, anus bisa dikatakan sebagai salah satu anggota tubuh pada sistem pencernaan. Sehingga, makanan yang kita konsumsi setiap harinya dapat memengaruhi feses atau kotoran yang kita keluarkan. Dietary Guidelines for Americans (2020) menyatakan bahwa makanan yang mengandung serat merupakan makanan yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat pada makanan dapat membuat feses yang di keluarkan saat proses buang air besar menjadi lebih lembek.

Sehingga, kamu akan lebih lancar ketika melakukan proses buang air besar. Berbeda halnya dengan makanan yang kurang mengandung serat. Makanan tersebut tak hanya saja dapat membuat feses menjadi keras, akan tetapi juga membuat seseorang harus mengejan keras saat proses buang air besar. Proses mengejan terlalu keras inilah yang bisa menyebabkan munculnya ambeien pada anus akibat tekanan pada pembuluh darah di area tersebut.

Makanan yang dapat mempercepat penyembuhan hemoroid

Mengutip dari website artikel NIH atau National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (2016) menyebutkan beberapa makana di bawah ini sangat baik untuk para penderita wasir. Hal ini karena makanan ini mengandung serat dan gizi yang dapat melancarkan proses BAB, seperti:

  • Biji-bijian, seperti gandum, oat, mengandung serat yang sangat bagus untuk sistem pencernaan.
  • Buah-buahan seperti buah pir, apel, berries, pepaya juga baik untuk melembutkan feses
  • Sedangkan dari jenis sayuran, kamu bisa mengonsumsi kacang hijau, ubi, dan kentang
  • Kacang-kacangan juga baik untuk penderita wasir konsumsi

Selain makanan, asupan mineral juga sangat penting untuk para penderita wasir konsumsi. Mineral yang cukup juga dapat melembutkan serta melancarkan proses BAB.

Baca juga: Fistula Ani, Penyakit yang Muncul Akibat Sembelit

Makanan yang dapat memperburuk gejala hemoroid

Mengutip dari website artikel yang sama, beberapa makanan juga dapat memperburuk gejala hemoroid pada seseorang. Makanan tersebut di antaranya:

  • Keju
  • Keripik
  • Makanan cepat saji
  • Daging merah
  • Frozen food atau makanan beku
  • Makanan instan

Kapan harus ke dokter?

Sebaiknya, jika kamu sudah mengalami gejala hemoroid seperti munculnya benjolan pada anus, nyeri, gatal, hingga lembab. Segeralah untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan di klinik wasir terbaik, yaitu Vena Wasir Center.

 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now