Ambeien dan Wasir Apakah Sama?

Sebagian masyarakat menyebut adanya pembengkakan atau benjolan pada anus sebagai penyakit ambeien, lalu bagaimana dengan wasir? Wasir juga merupakan kondisi adanya pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan timbulnya benjolan di anus.

Faktanya, tidak ada perbedaan antara ambeien dengan wasir. Keduanya merupakan istilah yang umum digunakan oleh masyarakat awam. Dalam istilah medis kedua kondisi tersebut dinamakan hemoroid.

Apa Itu Ambeien?

Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah yang bentuknya mirip dengan varises. Ambeien dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan letaknya. Jika berada di dalam rektum disebut ambeien dalam (internal) atau jika berada di bawah kulit di sekitar anus disebut ambeien luar (eksternal).

Ada beberapa hal penyebab ambeien salah satunya ada gaya hidup yang tidak sehat. Ambeien bukanlah penyakit yang tidak dapat diobati atau bahkan mengancam nyawa. Terdapat berbagai macam pilihan untuk mengobati ambeien, mulai dari mengonsumsi obat-obatan, herbal sampai melakukan tindakan medis.

Kenali Gejala Ambeien/ Wasir

Ketika menderita ambeien, seseorang akan merasa tidak nyaman di sekitar anus baik saat buang air besar, setelahnya ataupun saat beraktivitas, seperti duduk saat bekerja. Berikut adalah gejala ambeien:

  • Gatal, iritasi dan kemerahan pada area anus.
  • Keluar darah setelah buang air besar.
  • Feses/kotoran keluar tanpa disadari.
  • Terdapat lendir dari lubang anus yang keluar dengan sendirinya.
  • Tidak nyaman, atau nyeri di area anus.
  • Adanya pembengkakan di anus.

Mengapa banyak orang yang menderita ambeien merasakan sakit saat buang air besar? Hal ini dikarenakan ketika feses/kotoran yang keluar melalui anus mengenai ambeien Anda. Adanya pembengkakan akibat wasir akan membuat aktivitas terasa menyakitkan dan tidak nyaman.

Penyebab Ambeien/ Wasir

Ambeien dapat disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah dari dan menuju anus sehingga menumpuk dan menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah.

Penyumbatan darah disebabkan proses mengejan saat buang air besar, duduk terlalu lama atau ketika perempuan sedang hamil.

Ambeien juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Jadi jika salah satu orangtua Anda memiliki penyakit ini, maka Anda memiliki risiko mengalami kondisi yang sama.

Ambeien juga bisa terjadi jika Anda sering mengangkat beban berat, obesitas melakukan hubungan seksual melalui anus (anal seks), serta diare yang tak kunjung sembuh.

Apa Saja Pengobatan Ambeien?

Ambein dan wasir tidaklah berbeda jadi cara menyembuhkan kondisi ini pun sama saja. Jika ambeien yang Anda derita tidak begitu nyeri atau bengkak, Anda dapat melakukan langkah preventif agar gejala ini tidak meradang dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah, sayur, dan rajin minum air putih.

Anda juga bisa mengoleskan salep ambeien yang dijual di apotek, atau mengonsumsi obat pereda nyeri. Merendam area anus di air hangat juga dipercaya dapat membantu meredakan nyeri ambeien.

Jika pengobatan sederhana di rumah tidak ampuh mengatasi nyeri pada ambeien, periksakan kondisi Anda ke dokter. Dokter bisa saja menyarankan Anda untuk menjalani pengobatan, seperti:

  • Trombektomi yang dilakukan hanya pada ambeien eksternal yang menyebabkan penggumpalan darah. Prosedur ini dilakukan dengan anestesi lokal.
  • Prosedur invasif minimal yang dilakukan ambeien mengalami pendarahan dan rasa sakit tak tertahankan. Yang termasuk prosedur ini adalah rubber band litigation, injeksi untuk menciutkan ukuran wasir, hingga teknik koagulasi (infrared, laser, atau bipolar).
  • Operasi dilakukan hanya jika cara pengobatan lain tidak mampu menyembuhkan ambeien Anda. Operasi wasir dapat dilakukan dengan cara menghilangkan hemoroid (hemoroidektomi), atau stapling yang biasanya hanya dilakukan pada hemoroid internal.

Kini, Anda tak perlu bingung lagi mengenai perbedaan wasir dan ambeien karena keduanya merupakan hal yang sama.

Ambeien memang jarang menimbulkan komplikasi serius dan sangat bisa dicegah peradangannya. Tetapi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter bila wasir Anda sampai mengganggu aktivtas sehari-hari. Di Vena Wasir Center, Anda dapat mengatasi ambeien sampai tuntas dengan risiko kambuh rendah dan tanpa operasi. Harga pun cukup terjangkau dibandingkan di rumah sakit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now