Tahun Baru, Resolusi Hidup Sehat dan Bebas Penyakit

Dalam hitungan hari,  tahun 2021 akan segera tiba. Pastinya untuk mengawali tahun baru Anda memiliki resolusi yang ingin dicapai, satu tahun ke depan, bukan? Misalnya, bebas penyakit, memiliki berat badan ideal? Apa pun resolusi yang Anda buat  jangan lupa untuk memasukkan kesehatan di dalamnya. Jika Anda sakit maka akan mengganggu aktivitas, belum lagi biaya yang dikeluarkan. Oleh sebab itu, menjalani hidup sehat perlu Anda masukkan dalam urutan pertama dalam resolusi satu tahun ke depan.

Apabila Anda memiliki kebiasaan hidup sehat dapat membantu mempertahankan hidup hingga 10 tahun bebas penyakit. Terdapat sebuah penelitian di Amerika Serikat yang dipimpin oleh para peneliti dari Harvard.

Para peneliti mengamati gaya hidup berisiko rendah , tidak pernah merokok, mempertahankan indeks massa tubuh yang sehat (BMI),  30 menit aktivitas fisik sehari, asupan alkohol sedang dan diet berkualitas untuk menghitung skor gaya hidup sehat  setiap peserta.
Hasilnya, menunjukkan 73.196 perempuan dan 38.366 laki-laki  bebas dari kanker, penyakit kardiovaskular dan diabetes pada awal penelitian.

Nah, pernahkah Anda memikirkan resolusi hidup sehat  untuk satu tahuun ke depan? Beberapa hal di bawah ini mungkin dapat menjadi inspirasi Anda memiliki resolusi sehat di tahun 2021.

Resolusi Hidup Sehat, Bebas Penyakit

Membuat Target

Anda dapat membuat target sederhana, misalnya mulai mengurangi konsusmi gula, minuman berkafein, menghindari mengonsumsi makanan cepat saji atau tepung. Anda dapat melakukan ini secara perlahan dan bertahap, atur pola makan Anda. Lalu setelahnya lakukan evaluasi apa saja yang sudah berhasil Anda lakukan dan apa yang belum.  Jika perlu lakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk membuat target tersebut apa yang dapat Anda makan dan mana yang perlu dihindari.

Pilih Olahraga Sesuai Kebutuhan dan Kondisi Tubuh

Kita semua tahu olahraga sangat baik bagi kesehatan, namun tidak semua olahraga dapat Anda lakukan. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda. Misalkan, Anda menderita ambeien maka jangan melakukan olahraga angkat beban karena dapat memperparah kondisi ambeien Anda. Berolahraga lah minimal 30 menit setiap harinya, lakukan mulai dari yang ringan seperti berjalan kaki santai, kemudian beberapa hari kemudian berubah menjadi jalan cepat, lalu tingkatkan lagi dengan berlari. Penting untuk diingat pilihlah olahraga sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda, untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Apabila memiliki kebiasaan merokok, mungkin Anda dapat menghentikannya secara perlahan. Jika dilakukan tergesa-gesa mungkin akan sulit untuk dilakukan, bahkan beberapa orang akan mulai merasakan ketidaknyamanan hingga pusing. Anda dapat mulai dengan mengurangi jumlah rokok, misalnya dalam sehari Anda bisa merokok 5 kali, kemudian Anda bisa menguranginya menjadi 3 sampai benar-benar tidak merokok. Buatlah target, misalkan dalam satu tahun Anda sudah tidak merokok laggi.

Minum Air Putih

Kandungan air pada tubuh manusia mencapai 70% dari berat tubuh. Bila kebutuhan air tak mencukupi, tubuh akan kekurangan cairan hingga akhirnya mengalami dehidrasi dan juga akan memperlambat sistem kerja metabolisme. Oleh sebab itu rajin minum air putih sangat disarankan.

Cek Kesehatan

Melakukan cek kesehatan dengan rutin  dapat membantu Anda melakukan pencegahan atau pengobatan penyakit lebih awal. Tidak

semua penyakit akan menunjukkan tanda di awal terinfeksi.

Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur cukup dan berkualitas dapat memberikan manfaat kesehatan bagi diri Anda. Mulai dari membantu mencegah stres, menjaga suasan hati menjadi baik, menjaga berat badan tetap ideal dan masih banyak lagi.  Waktu tidur yang diperlukan setiap orangnya berbeda bergantung pada usia, semakin bertambahnya usia maka semakin sedikit waktu tidurnya. Agar tidur Anda menjadi berkualitas hindari menggunakan ponsel sebelum tidur, matikan lampu saat tidur dan cobalah untuk menenangkan pikiran Anda.

 

Anda bisa membuat resolusi, namun Anda juga perlu berkomitmen melakukan apa saja yang sudah Anda rencanakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Menjaga kesehatan sangat penting terlebih lagi di saat kondisi pandemi seperti saat ini. Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now