4 Jenis Makanan yang Sehat dan Wajib Ada Saat Sahur Ramadhan 2022

Pemerintah telah menetapkan Ramadhan 2022 jatuh pada Minggu, 3 April 2022.  Saat berpuasa, tentunya kita akan menjalankan sahur yang bisa dikatan sebagai pengganti sarapan. Sahur sangat penting untuk memberikan cadangan energi dalam beraktivitas harian. Selain itum mengetahui porsi makan sahur yang tepat juga penting agar puasa bisa berjalan lancar.

Jika porsi makan sahur sedikit atau bahkan sampai melewatkannya, Anda mungkin saja akan merasa mudah lemas, lemah, pusing bahkan pingsan sehingga tidak kuat menjalankan puasa sampai waktu berbuka.

Oleh sebab itu, sangat perlu untuk makan-makanan dengan gizi seimbang dan dalam porsi yang cukup saat sahur. Hal ini akan berguna untuk mengimbangi energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sampai waktu berbuka. Makan yang cukup saat sahur ternyata juga bisa, lho membantu mencegah dari makan berlebihan saat buka puasa. Makan yang berlebihan ini dapat memicu atau mengarah pada risiko kenaikan berat badan yang tidak sehat hingga alami obesitas. Berikut beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi saat sahur.

Jenis Makanan Sehat dan Wajib Saat Sahur Ramadhan 2022

1. Makanan sumber karbohidrat kompleks

Karbohidrat berfungsi untuk menyediakan energi utama bagi tubuh. Sebaiknya konsumsilah jenis karbohidrat kompleks untuk sahur karena akan lebih lama dicerna oleh tubuh. Hal ini akan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama dan memberik energi dalam waktu yang lama juga.  Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, antara lain roti gandum, nasi merah, sereal, kentang dan masih banyak lagi. Porsi mengonsumsi karbohidrat kompleks ini sebanyak 1-2 porsi.

2. Makanan sumber protein

Mengonsumsi protein juga penting saat sahur untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh. Selain itu, juga untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak akan mudah sakit meskipun sedang berpuasa.

Cara memperoleh protein bisa dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Agar terpenuhi, kosnsumsilah makanan sumber protein ini sebanyak 1-2 porsi.

Baca Juga: Hindari 7 Kebiasaan atau Kegiatan Ramadhan yang Tidak Sehat Ini!

3. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang untuk membantu mempertahankan kesehatan. Vitamin dan mineral yang diperlukan saat puasa termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, magnesium, kalium, dan asam folat. Banyak vitamin dan mineral yang berperan dalam metabolisme tubuh saat puasa.

Sayur dan buah juga mengandung serat yang tinggi yang berfungsi untuk membantu merasa kenyang lebih lama dan membantu mencegah sembeli dan juga wasir. Cukupilah kebutuhan sayur dan buah sebanyak 2-3 porsi saat sahur. Selain itu, bisa juga dengan memakan kurma saat sahur  untuk membantu mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda per hari.

4. Air putih

Minum air yang cukup juga sangat penting saat sahur untuk membantu memperlancar sistem pencernaan, metabolisme tubuh, dan menjaga hidrasi tubuh. Kebutuhan air yang tercukupi dapat membantu mencegah dehidrasi dan sembelit saat menjalankan ibadah puasa. Saat sahur, mungkin perlu meminum air sebanyak 2 gelas atau lebih saat sahur. Kebutuhan air setiap orang mungkin saja berbeda.

Dengan memenuhi kebutuhan tersebut, maka tubuh akan siap dan terjaga kesehatannya selama berpuasa. Namun, jika kekurangan gizi dan nutrisi terseut, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah wasir. Wasir biasanya ditandai dengan keluhan sulit BAB, BAB berdarah, muncul rasa nyeri dan benjolan  pada anus, segerala konsultasikan ke dokter. Anda bisa menghubungi kami di  08119555100 . Klinik Vena Wasir Center kini sudah memiliki 10 cabang yang tersebar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now