Benarkah Ambeien Lebih Sering Terjadi Pada Wanita?

Ambeien pada wanita maupun pria sama-sama disebabkan oleh adanya pembengkakan pada pembuluh darah di area anus. Terkadang, benjolan tersebut bisa ke luar di area anus, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya. Jika sudah seperti ini, maka satu-satunya untuk menghilangkan benjolan adalah dengan menjalankan serangkaian pengobatan dan menjalankan pola hidup sehat. Namun, meskipun dari gejala hingga penyebab hampir sama, terkadang, beberapa orang masih bertanya, adakah perbedaan dalam mengobati ambeien pada pria ataupun wanita? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Gejala ambeien

Benarkah Ambeien Lebih Sering Terjadi Pada Wanita?

Mengutip dari jurnal kesehatan berjudul “Hemoroid” oleh Moch Agus (2020) menyebutkan bahwa, gejala ambeien pada penderitanya berbeda-beda. Hal tersebut sangat bergantung pada tingkat keparahan serta letak ambeien tersebut berada. Jika, ambeien/hemoroid masih berada di area dalam anus, artinya ambeien tersebut belum terlalu parah. Akan tetapi, jika benjolan sudah berada di area luar anus, maka, ambeien tersebut sudah mulai memburuk. Pada tahap ini, biasanya penderitanya sangat rentan terkena beberapa risiko komplikasi ambeien, seperti anemia, strangulasi (terputusnya aliran darah pada jaringan ambeien) hingga infeksi. Agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, penting bagi kita untuk memahami gejala awal yang muncul pada hemoroid atau ambeien ini, seperti:

  • Merasakan benjolan pada area sekitar anus, biasanya benjolan tersebut ke luar menonjol sesudah melakukan proses buang air besar
  • Mengalami pendarahan saat proses BAB, biasanya darah berwarna merah terang
  • Tak nyaman saat beraktivitas, terutama ketika duduk
  • Merasa sulit untuk melakukan proses buang air besar atau sembelit
  • Beberapa penderita lainnya justru merasakan diare
  • Anus terasa lembab dan tak nyaman

Gejala-gejala di atas mungkin berbeda-beda pada penderitanya. Untuk mendeteksi hemoroid lebih tepatnya, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah terkait yang ada di klinik Vena Wasir Center.

Penyebab ambeien pada wanita

Meskipun beberapa jurnal artikel kesehatan menyebutkan bahwa gender bisa memengaruhi risiko hemoroid. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada jawaban yang tepat, terkait apakah hemoroid lebih banyak menyerang wanita atau pria. Namun, mengutip dari artikel John Hopkins Medicine (2021) menyebutkan bahwa, hemoroid yang banyak terjadi pada wanita biasanya akibat kondisi kehamilan atau setelah melahirkan. Hal ini karena, ketika hamil rahim membesar, sehingga memberikan tekanan pada area anus.

Penyebab ambeien pada pria

Berbeda dengan wanita, para pria yang rentan terkena hemoroid atau wasir ini biasanya adalah para pria yang sering melakukan pekerjaan berat dan yang menyetir dalam waktu yang lama. Mengutip dari John Hopkins Medicine menyebutkan bahwa pekerjaan berat dapat memberikan tekanan pada area anus. Sehingga, dapat menimbulkan ambeien ke luar dari anus. Selain itu, mengemudi dalam waktu yang panjang juga dapat menyebabkan seseorang terkena ambeien.  

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa ambeien merupakan masalah pencernaan. Sehingga, sebagian besar yang terjadi pada wanita maupun pria biasanya disebabkan oleh kurangnya asumsi serat, mineral, dan kurang melakukan aktivitas gerak fisik.

Bagaimana pengobatan ambeien pada wanita dan pria?

Baik pria maupun wanita, bisa melakukan pengobatan ambeien atau wasir hanya beberapa menit saja dengan metode modern di klinik Vena Wasir Center. Semua pengobatan wasir di Vena Wasir Center ini merupakan metode yang minim nyeri, minim pendarahan, dan minim risiko. Selain itu, tindakan juga di lakukan oleh dokter spesialis bedah yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam mengatasi permasalahan anorektal (anus). Untuk informasi lebih lanjut, yuk hubungi nomor yang tertera pada helpline website Vena Wasir Center!

Baca juga: Cari Tahu Arti dari Warna Feses Terhadap Kondisi Kesehatanmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now