Konsumsi sayuran sebagai cara mencegah wasir

Cara Mengolah Sayur Untuk Mencegah Wasir dan Penyakit Lain

Konsumsi sayuran merupakan cara yang dapat membantu mencegah wasir, membantu proses penyembuhan wasir, maupun penyakit lain. Sayuran kaya akan kandungan mineral, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas. Sayangnya, proses mengolah  sayur yang tidak tepat dapat membuat kandungan zat tersebut tidak dapat diserap secara maksimal oleh tubuh.

Cara mencuci sayur untuk mencegah ambeien

Mencuci Sayuran Yang Tepat Sebagai Cara Mencegah Wasir

Cucilah sayuran dengan air mengalir karena dapat mengurangi sekitar 20% sampai 70% pestisida yang menempel. Tidak disarankan mencuci sayuran dengan cara direndam karena dapat membuat pestisida yang telah larut dapat menempel kembali. Sayangnya, masih banyak orang yang mencuci dengan cara direndam.

Mencuci dengan air panas juga tidak disarankan karena dapat membuat sayur jadi rusak dan layu. Selain itu, kandungan vitamin C nya juga dapat hilang karena vitamin C ternyata rentan terhadap panas, air dan udara.  Setelah dicuci sebaiknya langsung dimasak, jangan disimpan kembali karena dapat mempercepat proses pembusukan.

Kupas/Buang Lapisan Luar

Kupas/membuang lapisan terluar dari sayur yang memiliki lapisan berlapis-lapis seperti kol atau salada juga baik karena lapisan terluarlah yang paling banyak terkena pestisida.

Potong Dalam Ukuran Besar/Masak Utuh

Potonglah sayur dalam ukuran besar atau masak dalam keadaan utuh agar tidak banyak kandungan nutrisi yang terbuang selama proses pemasakan. Semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak nutrisi yang dapat hilang atau rusak saat proses pemasakan. Jika ingin memiliki ukuran kecil, potonglah setelah dimasak.

Pastikan Suhu dan Jumlah Air yang Tepat sebagai Cara Mencegah Wasir

Suhu, jumlah air dan waktu yang tepat sangat penting saat proses masak untuk menjaga vitamin pada sayuran. Jika menggunakan suhu terlalu tinggi, waktu memasak yang terlalu lama dan jumlah air yang berlebihan atau kurang, dapat membuat sayuran tersebut rusak dan gizi yang didapatkan tidak maksimal. 

Menumis Sayur

Ada dua cara menumis sayuran, yaitu dengan cara saute, dengan sedikit minyak atau dengan stir-fry menggunakan panas yang sangat tinggi, namun dengan waktu yang tepat dan penggorengan harus tetap digerakkan agar tidak gosong  Menumis sayur dapat membantu menjaga vitamin dan mineral pada sayuran. Jangan menggunakan minyak berlebihan saat menumis.

Merebus Sayur

Cara merebus sayur yang benar adalah masak air terlebih dahulu sampai mendidih baru masukkan sayur dan jangan terlalu lama merebusnya. sayur dapat membantu menghilangkan kandungan goitrogen yang dapat Hindari menghangatkan sayuran secara berulang karena dapat menurunkan atau menghilangkan kandungan zat gizi.

Panggang Sayur dengan Cara yang Tepat untuk Mencegah Wasir

Sama saja seperti menumis, memanggang sayur dapat dilakukan dengan di acara yaitu memanggang dengan dibungkus alumunium foil lalu masukkan ke oven atau panggang langsung di atas bara api. Memanggang dengan cara ini dapat membantu menjaga kandungan gizi pada sayur.

Mengukus Sayur

Sebuah penelitian mengungkapkan metode mengukus sayur dapat membantu meningkatkan kandungan gizi sayur. Sayuran yang dibungkus dapat meningkatkan kandungan polifenol yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk mengetahui apakah sayuran itu sudah matang atau belum Anda dapat melihat dari perubahan warnanya. Mengolah sayur haruslah tepat agar mendapatkan manfaat yang maksimal, salah satunya mencegah wasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now