Kode diagnosa ambeien

Diagnosa Ambeien, Ini Kode Yang Perlu Anda Ketahui

Dokter akan melakukan pemeriksaan wasir (piles) dengan memeriksa jalan belakang atau dubur Anda untuk memeriksa pembengkakan pembuluh darah anus. Anda, tidak perlu malu, semua dokter terbiasa mendiagnosis dan merawat kondisi pasien dengan wasir atau hemoroid ini. Dalam diagnosa ICD 10, ambeien memiliki kode tertentu.

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online : 0821 1033 3310

Pemeriksaan Anus untuk Diagnosis Wasir

Digital Rectal Examination (DRE) – Dokter Anda mungkin memeriksa bagian luar anus Anda untuk melihat apakah Anda memiliki wasir yang terlihat, dan mereka juga dapat melakukan pemeriksaan internal yang disebut pemeriksaan dubur electronic (DRE).

Menurut Dr. Syamsir Alam Lubis SpB, dari Vena Wasir Center, selama DRE, dokter Anda akan mengenakan sarung tangan dan menggunakan pelumas. Dengan menggunakan jari mereka, mereka akan merasakan adanya kelainan di bagian belakang Anda. DRE seharusnya tidak menyakitkan, tetapi Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman.

Proktoskopi – Dalam beberapa kasus, pemeriksaan internal lebih lanjut menggunakan proktoskop mungkin perlu. Proctoscope adalah tabung berlubang tipis dengan cahaya pada bagian ujungnya yang akan masuk ke dalam anus Anda.

Ini memungkinkan dokter untuk melihat seluruh saluran anal Anda (bagian terakhir dari usus besar).
Dokter terkadang dapat melakukan proktoskopi. Namun, tidak semua dokter memiliki pelatihan yang benar atau akses ke peralatan yang tepat, jadi Anda mungkin perlu pergi ke klinik rumah sakit untuk menjalani prosedur ini.

Kode Diagnosa Ambeien

Pada kode BPJS atau kita kenal denga kode ICD 10, ambeien, wasir atau hemoroid memiliki kode K.64. Kode ini selanjutnya memiliki turunan, dan akan menjelaskan tentang gejala ambeien yang pasien alami. Berikut turunan kode diagnosa ambeien yang ada antara lain :

  • K.64.0 yaitu kode diagnosa yang mengambarkan perdarahan tanpa prolaps di luar saluran anal.
  • K.64.1 yaitu merupakan kode diagnosa ambeien dengan pendarahan, prolaps yang muncul saat mengejan, namun menarik secara spontan.
  • K. 64.2 merupakan kode diagnosa ambeien dengan pendarahan dan prolaps yang muncul saat mengejan serta membutuhkan bantuan manual untuk wasir bisa kembali ke dalam lubang anus.
  • K.64.3 adalah pendarahan dengan jaringan prolaps yang tidak dapat teratasi secara manual.

Jenis Wasir

Setelah Anda menjalani pemeriksaan dubur atau proktoskopi, dokter Anda akan dapat menentukan jenis wasir yang Anda miliki. Hemoroid dapat berkembang secara internal atau eksternal. Wasir internal berkembang di dua pertiga bagian atas saluran anus dan wasir eksternal di sepertiga bagian bawah (paling dekat dengan anus Anda). Saraf di bagian bawah dapat mengirimkan pesan rasa sakit, sedangkan saraf di bagian atas tidak bisa.

Hemoroid dapat terklasifikasikan lebih lanjut, tergantung pada ukuran dan tingkat keparahannya. Mereka bisa menjadi :

  1. Derajat pertama – pembengkakan kecil yang berkembang di lapisan dalam anus dan tidak terlihat dari luar anus.
  2. Tingkat kedua – pembengkakan yang lebih besar yang mungkin keluar dari anus Anda ketika Anda pergi ke toilet, sebelum menghilang ke dalam lagi
  3. Derajat ketiga – satu atau lebih benjolan lunak kecil dalam menggantung dari anus dan dapat kembali ke dalam (prolapsing dan dapat dikurangi keparahanya secara manual)
  4. Derajat keempat – benjolan yang lebih besar yang menggantung dari anus dan tidak dapat kembali ke dalam (tidak dapat teratasi secara manual)

Sangat berguna bagi dokter untuk mengetahui jenis dan ukuran wasir yang Anda miliki, karena mereka kemudian dapat memutuskan pengobatan terbaik.Informasi lebih lanjut hubungi vena wasir center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now