menghilangkan benjolan wasir

Mengenal Makanan yang Bisa Menghilangkan Benjolan Wasir

Menghilangkan benjolan wasir merupakan masalah utama yang sangat mengganggu para penderita wasir. Tak hanya menyebabkan rasa nyeri, benjolan wasir juga bisa membuat penderitanya mengalami perdarahan, terutama ketika buang air besar. Meskipun begitu, benjolan ini merupakan tanda/gejala utama dari munculnya masalah wasir/ambeien dari seseorang ketika pembuluh darah mereka mengalami pembengkakan yang menyebabkan timbulnya benjolan daging di area anus.

Karena sangat mengganggu, banyak orang mencari cara untuk menghilangkan benjolan tersebut, sebelum melakukan tindakan medis, kamu bisa mencoba mengurangi ukuran benjolan dengan konsumsi makanan dan pola hidup sehat.

Penyebab munculnya benjolan wasir

Menghilangkan benjolan wasir

Umumnya, yang menyebabkan benjolan wasir menjadi keluar adalah ketika wasir yang penderita alami mulai memburuk karena pola hidup yang tak sehat. Meskipun begitu, tidak semua penderita wasir merasakan benjolan yang keluar. Jika kamu sudah merasakan benjolan yang mengganggu, itu artinya wasir yang kamu alami sudah harus segera memeriksakan diri. Meskipun begitu, kamu juga bisa melakukan diagnosis mandiri terhadap wasir yang kamu alami dengan mengetahui jenis dan tingkat keparahannya.

Berdasarkan letak benjolan yang terjadi, wasir terbagi menjadi dua, di antaranya:

  • Wasir luar/eksternal

Ketika benjolan wasir terletak pada area luar anus, sehingga penderita bisa menyentuh dan merasakan benjolan tersebut. Benjolan ini biasanya menyebabkan nyeri tak tertahankan pada penderitanya, terutama ketika penderita duduk dan mengejan. Tak jarang, penderita pada wasir eksternal juga mengalami perdarahan ketika wasir sudah sangat cukup parah.

  • Wasir dalam/internal

Berbeda dengan wasir luar, wasir dalam terletak pada area dalam anus. Sehingga, penderita umumnya tidak bisa merasakan benjolan daging tersebut. Namun, benjolan bisa muncul keluar jika wasir dalam sudah mulai parah atau memburuk yang disebut dengan prolaps. Nah, berdasarkan tingkat keparahannya sendiri, wasir ini terbagi lagi menjadi 4, yaitu:

  • Stadium 1

Benjolan masih berada di dalam anus dan masih berukuran kecil sehingga tidak begitu mengganggu.

  • Stadium 2

Wasir ini mulai membesar dan prolaps (keluar) ketika penderitanya melakukan buang air besar. Akan tetapi, penderita bisa memasukan benjolan tersebut kembali dengan dua jari, karena ukurannya yang tidak begitu besar.

  • Stadium 3

Hampir sama dengan stadium 2, wasir jenis ini juga keluar hanya saat penderitanya melakukan buang air besar, namun penderita juga masih bisa memasukan kembali benjolan wasir dengan 3 hingga 4 jari.

  • Stadium 4

Tingkat terparah wasir ini artinya benjolan sudah amat sangat membesar, sehingga menyebabkan penderitanya merasakan sakit, perdarahan, hingga sangat mengganggu. Penderita harus segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter ahli

Makanan yang dapat mengurangi benjolan wasir

Ada beberapa makanan yang terpercaya bisa mengurangi gejala wasir, termasuk benjolan wasir yang mengganggu. Mengutip dari jurnal kesehatan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI (2017) menyebutkan bahwa 3 tanaman dan makanan wasir ini bisa penderita konsumsi untuk mengurangi gejalanya, seperti:

  • Rebusan air dari daun iler, baik untuk mengurangi perdarahan pada benjolan wasir.
  • Daun duduk baik untuk mengatasi penyembuhan pada benjolan wasir.
  • Kunyit dan temulawak juga baik untuk mengurangi gatal, perdarahan, hingga sembelit yang penderita rasakan.
  • Pepaya juga baik untuk memperlancar proses buang air besar, sehingga mencegah pembesaran pada benjolan wasir.
  • Jagung, apel, stroberi, kacang-kacangan, merupakan makanan tinggi serat yang sebaiknya penderita banyak konsumsi ketika wasir.

Namun, jika wasir yang kamu alami sudah sangat mengganggu, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli, atau datang langsung ke klinik Vena Wasir Center.

Baca juga:  Kisah Pengendara Bajaj Menderita Wasir Selama 20 Tahun!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now