Fistula ani adalah

Fistula Ani Gejala Umum Adalah Nyeri dan Nanah

Fistula ani adalah terbentuknya saluran kecil di antara ujung usus besar dan kulit di sekitar anus atau dubur. Fistula terlihat seperti saluran atau lubang kecil terutama setelah nanah keluar. Akibatnya, penderita fistula ani merasakan nyeri atau rasa tidak nyaman pada kulit sekitar anus.

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp ChatPendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Fistula ani adalah

Ilustrasi : Adalah gambaran kondisi fistula ani

Dikatakan oleh dr. Hengky Prabowo Irianto, SpB, dari Vena Wasir Center, pengobatan fistula ani dilakukan setelah pemeriksaan fisik dengan seksama, terutama pada area anus. Sampai saat ini, pilihan terapi fistula ani adalah tindakan operasi. Beberapa gejala yang ditunjukkan pada penderita fistula ani, antara lain adalah:

  1. Daerah sekitar anus membengkak atau kemerahan
  2. Nyeri pada anus yang semakin parah saat duduk atau batuk.
  3. Demam dan terasa lelah.
  4. Inkontinensia alvi.
  5. Iritasi kulit di sekitar anus.
  6. Terdapat nanah disekitar anus.

Penyebab Fistula Ani

Fistula ani terjadi akibat abses anus yang tidak sembuh sempurna sehingga menyisakan saluran atau lubang kecil pada kulit di dekat anus. Penyebab ini yang paling banyak terjadi pada kasus fistula ani. Sekitar 50 persen penderita abses anus berisiko mengalami fistula ani.

Selain disebabkan abses pada anus, fistula ani juga dapat terjadi karena beberapa kondisi, termasuk gangguan saluran cerna bagian bawah atau daerah anus. Kondisi tersebut meliputi Crohn’s disease serta hidradenitis suppurativa.

Di samping penyakit tersebut, beberapa infeksi seperti tuberkulosis atau infeksi HIV, serta divertikulitis juga bisa menimbulkan fistula ani. Penyebab fistula ani lainnya adalah komplikasi yang terjadi pasca operasi di dekat anus dan pasca radioterapi untuk kanker usus besar.

Diagnosis Fistula Ani Adalah

Pemeriksaan fisik, terutama pada area sekitar anus dilakukan dokter jika pasien memilki gejala fistula ani. Guna menetapkan analysis, beberapa pemeriksaan penunjang perlu dilakukan, diantaranya:

  1. Pemindaian
    Pemeriksaan dengan pemindaian bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail, dalam hal ini kondisi daerah anus dan saluran abnormalnya (fistula). Pemindaian dapat dilakukan dengan foto Rontgen (fistulografi), USG, CT scan, dan MRI.
  2. Anuskopi
    Pemeriksaan ini menggunakan alat khusus berupa spekulum anus (anuscope) untuk melihat kondisi di dalam saluran anus.
  3. Proktoskopi
    Pemeriksaan dengan alat khusus yang memilki lampu ini bertujuan untuk melihat kondisi di dalam anus. Proktoskopi dapat melihat lebih dalam sampai rektum, yaitu bagian terakhir dari usus besar.
  4. Fistula probe
    Pemeriksaan fistula dengan alat dan pewarna khusus untuk melihat lokasi fistula yang terbuka,
  5. Kolonoskopi
    Kolonoskopi merupakan pemeriksaan dengan selang kecil berkamera yang dimasukkan melalui anus untuk melihat kondisi usus besar. Tujuan kolonoskopi adalah untuk mengetahui apakah fistula ani itu disebabkan penyakit lain, misalnya Crohn’s disease atau kolitis ulseratif.

Pengobatan Fistula Ani Adalah

Fistula ani tidak dapat sembuh dengan sendirinya, dan diperlukan tindakan pengobatan. Metode pengobatan utama yang dilakukan melalui operasi. Kendati demikian, layaknya suatu tindakan medis, operasi fistula ani memiliki risiko, diantaranya kesulitan untuk mengatur buang air besar (inkontinensia alvi) dan relaps.

Operasi fistula ani didahului dengan pemeriksaan awal pada anus disertai pemberian anestesi umum. Pemeriksaan untuk menetukan teknik bedah yang dilakukan dengan mempertimbangkan posisi fistula ani.

Salah satu teknik bedah yang dapat dilakukan adalah teknik seton placement. Dalam prosedur ini, benang bedah dipasang pada fistula agar posisinya terbuka sehingga nanah dari abses dapat keluar. Benang yang terpasang akan dikencangkan bertahap selama kontrol sehabis tindakan.

Setelah luka sembuh sempurna, benang akan dilepas. Tujuan dari tindakan ini adalah mengalirkan nanah, memicu pertumbuhan jaringan ikat dan memutus saluran atau fistula tersebut. Tindakan ini juga mengurangi risiko terjadinya komplikasi inkontinensia alvi.

Pilihan lain yang bisa dipertimbangkan adalah prosedur penambahan jaringan (improvement flap) yang diambil dari dinding rektum atau bagian akhir dari usus besar. Jaringan tersebut digunakan untuk menambal saluran fistula.

Teknik bedah lain yang bisa dilakukan adalah pemasangan penyumbat berbahan khusus. Penyumbat ini akan diserap sendiri oleh tubuh dan akhirnya menutup fistula. Pilihan lainnya yang juga bisa dipertimbangkan adalah pengangkatan saluran fistula berikut jaringan dan kelenjar yang mengalami peradangan. Tindakan ini dinamakan lawsuit intersphincteric fistula tract atau LIFT.

Fistulotomi Dengan BEIM

BEIM adalah modalitas terapi fistula ani

Ilustrasi : BEIM adalah modalitas terapi fistula ani

Prosedur yang banyak dilakukan untuk terapi fistula ani adalah fistulotomi atau pembedahan kulit dan otot pada lokasi fistula, sehingga terdapat lubang terbuka.

Caranya fistula dikeruk dan dibersihkan serta dibiarkan terbuka. Kondisi ini memungkinkan penyembuhan terjadi dari dalam hingga ke permukaan saluran fistula. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah dengan penggunaan BEIM (Biological Electrical Impedance Auto-Measurement) di Vena Wasir Center.

Operasi fistula ani dapat dilakukan dengan atau tanpa rawat inap. Dalam beberapa kasus, pasien harus menginap hingga beberapa hari. Pasca operasi, dokter akan meresepkan obat pereda nyeri dan antibiotik untuk mengatasi rasa nyeri dan mencegah infeksi pasca operasi.

Selain itu, perlu penanganan khusus dalam merawat luka pasca operasi. Di antaranya adalah berendam di air yang hangat 3-4 kali sehari, mengonsumsi obat pencahar agar tinja menjadi lunak, mengonsumsi makanan berserat tinggi dan banyak minum. Pasien umumnya dapat kembali beraktivitas normal setelah dinyatakan sembuh oleh dokter.

Alamat Kami



76 Comments
  1. Balas
    deda hayati

    suami saya sdh operasi dan msh ada, apakah dgn operasi lg akan sembuh total,, biayanya brp ya

    • Balas
      Admin Vena

      Operasi menggunakan metode BEIM atau radiofrekuensi memiliki angka keberhasilan yang lebih tinggi dibanding operasi terbuka untuk kasus fistula ani. Silahkan datang ke klinik kami. Terimakasih

      • Balas
        Lusi

        Ini proses penyembuhan nya berapa lama sampe bisa aktifitas kembali?

  2. Balas
    Dodi Osman

    Saya tinggal di Riau mengalami penyakit fistula ani…
    Berapa biaya penyembuhannya….

    • Balas
      Admin Vena

      Terapi untuk fistula di klnik kami sebesar 8,8 juta di tahun 2019 ini. Silahkan datang ke klnik kami untuk dilakukan terapi. Terimakasih

    • Balas
      SyifaUrrahmah

      Untuk cabang dibekasi dan Jakarta Vena Wasir ada dimana ya?

  3. Balas
    Gunawan

    Kalo dari bogor lokasi yg paling terdekat dimana alamatnya ya? Thanks

    • Balas
      Admin Vena

      VENA WASIR CENTER DEPOK
      Jl. Raya Alternatif Cibubur No. 6D kel. Jatikarya,
      Kec. Jatisampurna Bekasi
      Telpon : (021) 8434 1051
      Whatsapp : (0812) 9477 7706
      Email : info@venawasir.com
      Dokter Praktek : Dr. Firdaus Amansyah SpB

      VENA WASIR CENTER JAKARTA
      Jl. Warung Buncit Raya No. 34, Mampang, Jakarta Selatan
      Telpon : (021) 2237 9889
      Whatsapp : (0812) 9477 7712
      Email : info@venawasir.com
      Dokter Praktek : Dr. Hengky Irianto SpB, Dr. Retno Arini SpB

      Salam

  4. Balas
    gilang primandaru

    Saya usia 36 tahun setiap bab sakit nyeri, tp tidak berdarah.setelah kedokter katanya saya sakit sfingter atau pengecilan lubang anus.apa ada pengobatannya tanpa harus operasi

  5. Balas
    Enriel

    Saya terkena fistulani sudah 1tahun lama nya sudah pernah di operasi untuk di buang nanah dll hanya saja skrg bolong dan sewaktu waktu timbul dg bengkak kmbali lalu pecah kembali. namun belum jg sembuh, sudah terbilang putus asa saya dg sakit sprti ini.

    berapa biaya keseluruhannya untuk operasi penyembuhan, apa akan sembuh total atau sembuh sementara. Tolong penjelasannya dan harga nya juga, terimakasih

  6. Balas
    LEANYTHA

    Klinik pak dokter melayani BPJS tidak..?

    • Balas
      Rindi

      Berapa lama penyembuhannya?

    • Balas
      Fitri Lestari

      Berapa lama proses recovery pasca operasi?

  7. Balas
    Harry budiman

    Sdh sembuh ya bu saya mengalami yg sama sdh operasi tp masih ada

  8. Balas
    Sandi

    Saya dari pekanbaru riau, anak saya baru umur 2 tahun sudah divonis dokter terkena penyakit fistula perianal, dan tgl 5 kmrn bru operasi tetapi sudah tumbuh kembali, apakah bisa penyakit fistula itu terkena pada anak batita? Dan kalau ingin berkunjung ke klinik vena apakah ada menyediakan perawatan untuk batita? Trimakasih

  9. Balas
    Yoeswan

    Apakah bs menggunakan kartu asuransi kesehatan? Karena dilihat dari biayanya lumayan mahal…mohon informasinya.
    Asuransi dari perusahaan menggunakan generali.
    Terima kasih

  10. Pingback: Klinik Nyeri Bandung Dr. Mahdian, Atasi Saraf Kejepit -

  11. Pingback: Bedah Epilepsi, Solusi Masa Kini Atasi Kejang Tak Terkendali

  12. Balas
    Achmad yusup

    Di Bogor ada gx dok

  13. Balas
    Juway

    Jika ingin konsultasi berapa biayanya

  14. Balas
    Rosi yelpita sari

    Biayanya berapa?
    Sembuhnya berapa lama?

  15. Balas
    Wahyu

    Apakah operasi nya bisa pakai asuransi?

  16. Balas
    Rusdi

    Utk biaya nya katanya terjangkau 👍👍👍

  17. Balas
    Siti Hazar

    Apakah ada alamat terdekat di jakarta?

  18. Balas
    Rosi yelpita sari

    Saya sebelumnya sudah di operasi, tapi kambuh lagi.

    Apa saya nanti operasi di sini bisa kambuh lagi?
    Terimakasih

  19. Balas
    riri

    dokternya cwe atau cwo nih ?

  20. Balas
    Rangga Agdesta

    Jika di lakukan tindakan operasi harus istirahat berapa lama ???dan

  21. Balas
    Tita Puspita

    Mohon maaf saya mau tanya bisa pake Asuransi ?

  22. Balas
    Tita Puspita sari

    Mohon maaf saya mau tanya bisa pake Asuransi ?

  23. Balas
    Putri

    Wow, good info ,trims

  24. Balas
    Tita Puspita sari

    Mohon maaf saya mau tanya bisa pake Asuransi ?atau BpJs?

  25. Balas
    Taufik Akbar

    Thank you

  26. Balas
    Widiastuti

    Apakah ibu hamil dapat terkena penyakit ini?

  27. Balas
    Ismail

    Apakah di Vena wasir melayani varises juga , terimakasih

  28. Balas
    Fitri Lestari

    Apa ada kemungkinan akan muncul kembali biarpun sudah melakukan operasi?

  29. Balas
    Siti zubaedah

    Harus konsultasi dulu atau gimna ya

  30. Balas
    Merry

    Kebersihan yang berperan penting untuk mencegah penyakit ini????

    Apakah penyakit ini keturunan atau ada faktor makanan

  31. Balas
    Ida

    Terima kasih atas informasinya

  32. Balas
    Ayu

    Saya baru tau , jadi untuk sakit di area anus bukan hanya wasir ya tapi ada juga fistula ani
    Untuk cab nya di mana saja ya ?

  33. Balas
    Nenny

    Biaya nya berapa yah?.

  34. Balas
    Imah

    Bisa konsultasi dahulu tidak ya?

  35. Balas
    Yulianto

    Baru tau ada kondisi kesehatan kek gini. Bahaya juga ya…

  36. Balas
    Amalia astrid hariyani

    Untuk tindakan bisa pakai assuransi tidak????

  37. Balas
    Gampang Untung

    👍👍….. Terimakasih Vena Wasir Center yg sudah memberikan Informasi tentang gejala Fistula ani dan yg lain nya, semoga bermanfaat untuk masyarakat yg membacanya…… amin yra

  38. Balas
    Bagus

    Di semarang alamatnya di mana ?

  39. Balas
    Tita nurmawati

    Fistula ani apakah bisa di derita oleh ibu hamil? Biasanya pd ibu hamil karena tekanan sering mengalami keluhan di area dubur. Tolong penjelasannya.. Terima kasih

  40. Balas
    Gampang Untung

    👍👍….. Terimakasih Vena Wasir Center ….. Semoga manafaat……

  41. Balas
    Norma Norviana

    Jika tidak diobati apa yang akan terjadi untuk kedepannya ?

  42. Balas
    hardini arivianti

    makasih infonya

  43. Balas
    Hasriani

    Lokasinya dmn ?

  44. Balas
    Edi suranta medan

    semoga semangkin sukses dan pasiennya sehat selalu amin

  45. Balas
    Aul

    Biayanya berapa?

  46. Balas
    Riza

    Tindakan anuskopi itu berapa biayanya mba ?

  47. Balas
    Burhan

    Domisili bandung?

  48. Balas
    Mar'atush Sholihah

    Berapa ya biayanya?

  49. Balas
    Robi

    Untuk lokasinya ada dimana aja ya ?

  50. Balas
    Fuja

    Trimaksih informasinya

  51. Balas
    Arif Mustofa

    Paska tindakannya sakit tidak, berapa lama bisa aktifitas ?

  52. Balas
    Muhammad Hafiz

    Untuk biaya nya berapa?

  53. Balas
    Muhammad Hafiz

    Saya mau tanya utuk proses berapa lama?

  54. Balas
    Muhammad Hafiz

    Konsultasi di kenakan brpa biayanya min

  55. Balas
    Fe'ro

    Klo untuk konsultasi bisa langsung bertemu dengan dokter, atau bikin janji dlu??
    Dan untuk biaya nya brp?

  56. Balas
    elisa

    Terima kasih infonya….

  57. Balas
    Danang

    Buka 24 jam tidak ya kliniknya?

  58. Balas
    Edi purwanto

    1. Untuk tindakannya berapa lama dan apakah tergantung seberapa besar fistulanya ?
    2. Untuk biaya berapa ,apakah tergantung besar atau kecil fistula ?
    Trims

  59. Balas
    Fera

    terimakasih infonya

  60. Balas
    MAYA

    Dok apakah bisa menggunakan asuransi?

  61. Balas
    adrin

    mantap

  62. Balas
    Haikal juheldi

    Min untuk tindakan ini butuh proses berapa lama?
    apa harus rawat inap?
    Di Banda Aceh apa ada cabang nya min?
    Trus kalau mau tindakan atau konsultasi dulu saya harus janjian dulu atau bisa langsung datang ke klinik.. terima kasih

  63. Balas
    Wini

    Bisa sembuh total gag yah

  64. Balas
    Dwi

    Alamat dimana yaah

  65. Balas
    Megi

    Bisa pakai bpjs ga yah?
    Mantap banget nih kaya nya

  66. Balas
    Dedi

    Saya sudah 12 tahun menderita fistula ani. Tapi setelah menjalani 3 kali operasi, fistulanya tidak sembuh juga. Malah sehabis operasi terakhir di tahun 2019, lobang tempat keluar nanah itu malah menjadi 2. Apakah fistula saya masih bisa disembuhkan?

  67. Balas
    ahmad muharram

    Apakah bahaya jika fistula ani dan kondiloma terjadi secara bersamaan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now