Gaya Hidup Jadi Penyebab Muncul Ambeien Pada Wanita Remaja!

Penyebab ambeien pada wanita remaja salah satunya adalah akibat gaya hidup modern yang tak sehat. Mengutip dari artikel kesehatan Proctology Institute, Expert Proctologists, Colonoscopy, and Hemorrhoid Removal, Los Angeles (2017) menyebutkan bahwa, setiap tahunnya banyak remaja yang terkena wasir setiap tahunnya. Kedua penyebab yang paling umum yang terjadi pada para remaja wanita adalah adanya kondisi obesitas dan konsumsi makanan tertentu. Salah satunya adalah konsumsi makanan rendah serat, sehingga menyebabkan proses buang air besar menjadi terhambat. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak, sehingga menyebabkan munculnya wasir atau ambeien pada kalangan remaja wanita. 

2 jenis hemorrhoid yang bisa terjadi pada wanita remaja

Gaya Hidup Jadi Penyebab Muncul Ambeien Pada Wanita Remaja!

Melansir dari website artikel Mom Junction, dr. Sameh Mahmoud seorang dokter spesialis anak pediatri (2022) menyebutkan bahwa meskipun jarang, wasir juga dapat terjadi pada remaja. Selain itu, dua jenis wasir/ ambeien yaitu internal (letaknya di dalam anus) dan eksternal (letaknya di luar anus) keduanya juga bisa terjadi pada remaja baik orang dewasa. 

  • Ambeien dalam 

Terkenal dengan nama wasir interna dalam dunia medis. Ambeien jenis ini biasanya tidak terlalu menyakitkan. Hal ini karena pembengkakan terjadi di area dalam anus. Selain itu, gejala utama yang nampak pada ambeien atau wasir dalam adalah pendarahan yang biasanya terjadi saat proses buang air besar. Ambeien dalam dapat berkembang menjadi prolaps (keluarnya benjolan dari dalam anus) dengan memiliki tanda seperti, nyeri anus, keluarnya lendir, dan iritasi pada kulit anus. 

  • Ambeien luar 

Sedangkan ambeien luar merupakan wasir atau ambeien yang terjadi di luar kulit anus. Sehingga, biasanya muncul rasa nyeri akibat benjolan yang tertekan saat beraktivitas atau duduk. Ambeien jenis ini biasanya merupakan ambeien yang sudah memiliki tingkat keparahan yang tinggi yaitu, tingkat keparahan 3 dan 4. Ambeien jenis ini juga sering terjadi pada para wanita remaja. 

Gejala yang muncul 

  • Muncul rasa gatal di area anus 
  • Adanya sensasi terbakar atau nyeri ketika melakukan proses buang air besar
  • Merasa tak nyaman ketika duduk atau melakukan aktivitas 
  • Mengalami kesulitan saat melakukan buang air besar, baik sembelit maupun diare
  • Rasa sakit biasanya berlanjut dari tiga hingga berminggu-minggu 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Penyebab ambeien pada wanita remaja 

Mengutip dari website artikel Mom Junction (2022) menyebutkan bahwa ada beberapa penyebab umum dari munculnya wasir pada wanita remaja, di antaranya: 

  • Terjadinya konstipasi kronis, atau sembelit 
  • Memiliki kebiasaan terlalu lama duduk di toilet 
  • Kurang konsumsi asupan serat  
  • Adanya dampak dari obat-obatan tertentu 
  • Akibat kondisi kehamilan 
  • Adanya riwayat keluarga yang mengalami wasir atau ambeien 
  • Kebiasaan menggunakan HP (Handphone) saat duduk di toilet 

Itu dia beberapa penyebab utama munculnya wasir atau ambeien pada wanita remaja. Untuk itu, jika mulai mengalami gejala wasir, seperti muncul nyeri dan pendarahan saat BAB. Maka, kamu bisa melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis terbaik di klinik Vena Wasir Center. 

 

Baca juga: Grand Opening Vena Wasir Center di RS PHC Surabaya: Solusi Terbaik Atasi Wasir dengan Metode Terkini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now