Wasir Bisa Sembuh, Jangan Lupa Konsumsi Obat Sesuai Anjuran

Apakah wasir bisa sembuh? Tentu saja bisa, bila kamu mengikuti anjuran dokter seperti minum obat teratur dan menjalani pola gaya hidup yang sehat.

Saat minum obat, penting bagi kamu penderita wasir untuk selalu mengikuti dosis sesuai anjuran dokter dan tidak mengonsumsi terlalu sering atau kurang. Ada obat yang dokter resepkan untuk pasien konsumsi dua kali, tiga kali, atau bahkan empat kali dalam sehari. Semua ini berkaitan dengan waktu paruh obat.

Ini merupakan jangka waktu yang tubuh butuhkan untuk membuang setengah kandungan obat sehingga kadarnya di dalam darah akan semakin berkurang. Sehingga dengan demikian, pasien perlu minum obat kembali agar kadar obat dalam darah kembali utuh dan efeknya tidak hilang sampai sakitnya sembuh.

Setiap obat memiliki waktu paruh yang berbeda, kamu perlu mematuhi aturan minum obat oleh dokter. Mengonsumsi obat dengan dosis yang tepat sesuai jarak yang ditentukan dokter akan meningkatkan efek obat sekaligus mempercepat proses pemulihan penyakit

Bagaimana jika saya lupa minum dosisnya, apakah wasir bisa sembuh?

Ketika lupa minum obat, apakah wasir bisa sembuh? Bisa saja tidak. Beberapa orang mungkin memilih melewatkannya saja atau menggandakan dosis obat untuk mengganti dosis yang terlewat.

Namun, itu merupakan cara minum obat yang salah. Kamu tidak boleh menggabungkan dua atau lebih dosis obat dalam satu waktu. Jika kamu lupa minum satu dosis obat, langsung minum saja ketika  ingat. Untuk waktu minum obat selanjutnya,  sesuaikan lagi dengan waktu terakhir kali minum obat.

Misalkan kamu minum obat dengan aturan 3×1 pada pukul delapan pagi. Lalu,  lupa minum dosis kedua pada pukul empat sore dan baru ingat setelah pukul lima sore. Nah, begitu  ingat langsung saja minum obat pada jam tersebut (pukul lima sore). Selanjutnya, kamu minum lagi kira-kira delapan jam setelah pukul empat sore, yaitu tetap pukul 12 malam.

Tips Agar Tidak Lupa Minum Obat Wasir

Sering lupa saat harus minum obat wasir berdarah? Padatnya kesibukan terkadang membuat seseorang lupa untuk mengonsumsi obatnya dengan teratur. Nah, supaya hal ini tidak terjadi lagi, berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar tidak lupa minum obat

  • Gunakan pengingat atau pasang alarm di handphone.
  • Tulis pengingat dan jadwal minum obat pada notes, lalu tempelkan di kotak obat atau di meja kerja Anda.
  • Konsumsi obat bersamaan dengan kegiatan sehari-hari, misalnya sehabis sarapan, setelah sikat gigi, atau sebelum tidur.
  • Minta bantuan pasangan, keluarga, rekan kerja, atau kerabat untuk mengingatkan Anda minum obat ketika sudah waktunya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now