Ini Dia Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, tak terlepas dari “penyakit musim hujan” yang sering dialami masyarakat. Misalnya, diare, flu, DBD, malaria dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana sih agar kita tidak mudah terserang penyakit-penyakit ini? tentunya jaga kesehatan dan jaga daya tahan tubuh.

Perubahan cuaca membuat tubuh menjadi rentan terserang penyakit-penyakit tersebut. Ada beberapa cara sehat agar tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan dan dapat  beraktivitas dengan nyaman,raga

ada beberapa tips yang bisa Anda coba nih.

Jaga Pola Makan Sehat

Memenuhi kebutuhan nutrisi selama musim hujan dapat mendukung sistem imun tubuh. Sistem imun yang kuat bisa membantu kita melindungi tubuh dari penyakit dan juga membantu mempercepat proses penyembuhan saat sakit.  Hal ini dikarenakan ada beberapa zat gizi yang sangat diperlukan untuk mendukung sistem imun tubuh. Oleh sebab itu,  pemenuhan kebutuhan nutrisi sangat diperlukan.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan antioksidan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu membersihkan radikal bebas penurun fungsi kekebalan tubuh.

Sayur dan buah juga disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan vitamin pada buah-buahan akan membantu tubuh kita untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Rajin Olahraga

Olahraga dapat membantu mencegah terserang penyakit saat terjadi perubahan cuaca. Selain itu olahraga dapat membuat tubuh menjadi berkeringat dan menjaga agar tetap hangat saat sedang hujan.

Luangkanlah waktu minimal 30 menit setiap hari untuk olahraga. Anda dapat melakukan stretching, jalan cepat, jogging, dan yoga. Perlu diperhatikan jangan berlebihan dalam olahraga dan pilihlah olahraga yang tepat dengan kondisi tubuh Anda. Misalnya Anda memiliki wasir, maka jangan olahraga angkat beban yang dapat memperparah wasir Anda.

Rajin Cuci Tangan Dengan Sabun

Mencuci tangan dengan sabun dapat membantu memutus mata rantai kuman dan mencegah penyakit. Tangan  menjadi agen pembawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (melalui benda).

Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia dan binatang, ataupun cairan tubuh lain (seperti ingus, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang lain yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan. Tangan tersebut selanjutnya menjadi perantara dalam penularan penyakit.

Nah, agar tak mudah terserang penyakit maka mulailah membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun. Tidak hanya saat musim hujan saja, namun setiap saat.

Sedia Payung atau Jas Hujan

Payung atau jas hujan menjadi barang wajib ada saat musim hujan untuk melindungi tubuh agar tidak kehujanan dan pakaian tetap kering, Apaila Anda kehujanan dan tetap memakai pakaian yang basah, tubuh akan kedinginan. Menjadi basah dan kedinginan dalam waktu lama dapat menyebabkan tubuh sakit.

Saat cuaca dan suhu tubuh dingun, virus akan mudah berkembang. Itulah sebabnya kesehatan tubuh dapat terganggu.

Cukup Tidur

Kurang tidur membuat kita merasa lelah dan lebih mudah terserang penyakit. Kurang tidur  membuat Anda rentan terinfeksi patogen, seperti karena menurunnya proliferasi limfosit yang menjadi bagian dari sistem imun. Selain itu, tubuh juga melepaskan sejenis protein yang disebut sitokin hanya saat kita tidur. Sitokin berperan penting dalam sistem imun manusia.

Dalam sebuah riset, para peneliti telah membuktikan berbagai manfaat tidur, salah satunya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyakit. Tidur cukup dapat memperbaiki kinerja sel imun, khususnya sel limfosit T yang berperan dalam melawan infeksi penyakit.

Kelola Stress

Saat Anda stres, tubuh merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bekerja.  Jika stres terjadi dalam waktu lama, orang yang mengalami stress kronis akan lebih rentan terhadap penyakait.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan atau tempat tinggal Anda sangat penting selama musim hujan. Pasalnya, tempat-tempat yang kotor dan tidak terawat menjadi tempang nyamuk tinggal. Anda  juga perlu memperhatikan genangan air atau tempat penampungan air yang menjadi tempat nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak. Lalukan 3M dan selalu gunakan obat atau lotion antinyamuk.

 

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap sehat selama musim hujan. Apabila Anda mulai merasa kurang sehat, sebaiknya lakukan pemeriksaan agar mendapatkan penangan yang tepat dari dokter.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now