ambeien stadium 4

Ambeien Stadium 4, Rentan Dialami Oleh Golongan Ini!

Ambeien/wasir stadium 4 merupakan wasir dengan tingkat keparahan tertinggi. Pada stadium ini benjolan sudah mulai membesar dan tidak dapat penderita masukan kembali ke dalam anus. Selain itu, jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat wasir stadium ini juga berisiko menimbulkan penyakit komplikasi wasir lainnya. Untuk itu, agar mencegah wasir semakin memburuk yuk ketahui terlebih dahulu mengenai ambeien stadium dan faktor risiko penyebabnya di bawah ini!

Tingkat keparahan wasir

Ambeien stadium 4

Ambeien atau wasir merupakan kondisi di mana terjadinya pembengkakan dan peradangan pada area rektum atau anus yang menyebabkan rasa nyeri, sakit, atau perdarahan ketika BAB. Menurut tingkat keparahannya, ambeien terbagi menjadi 4.

  • Stadium 1

Pada tingkat ini, benjolan wasir masih berada di dalam anus. Sehingga, sakit yang timbul pun masih dapat tertangani. Karena letaknya berada di dalam, terkadang penderitanya tidak sadar ia mengalami wasir.

  • Stadium 2

Sedangkan pada stadium 2, benjolan pada wasir mulai keluar dari anus. Sehingga penderitanya merasakan nyeri atau perih, terutama saat BAB.

  • Stadium 3

Pada tingkat ini, benjolan ambeien keluar pada anus dan mulai membesar. Penderita pada stadium ini biasanya harus menggunakan 3 sampai 4 jari untuk memasukan kembali benjolan ke dalam anus.

  • Stadium 4

Stadium ini merupakan tingkat paling parah dari wasir. Benjolan sudah sangat membesar, penderita mengalami BAB berdarah, gatal, perih, sensasi panas, hingga pada beberapa kasus penderitanya bisa mengalami pingsan.

Baca juga: Menderita Ambeien Stadium 4? Hati-Hati Terhadap Penyakit Komplikasi Ini!

Faktor risiko penyebab wasir stadium 4

Penyebab utama wasir belum diketahui secara pasti. Namun, para pakar kesehatan percaya bahwa gaya hidup yang tidak sehat merupakan penyebab utamanya. Selain itu, beberapa golongan yang mempunyai kondisi tertentu juga rentan mengalami wasir, seperti:

  • Wanita hamil

Golongan wanita yang sedang mengandung lebih berisiko terkena wasir, hal ini karena saat rahim membesar tekanan pada rektum semakin besar sehingga menyebabkan keluarnya benjolan wasir.

  • Lansia

Wasir lebih rentan menyerang orang berusia 50 tahun ke atas, karena pada umurmu biasnaya rektum menjadi lemah.

  • Para pekerja kantoran dan pekerja berat

Karyawan yang terlalu lama duduk juga berisiko terkena ambeien, begitupun dengan para pekerja yang terlalu banyak melakukan aktivitas mengangkat beban berat.

  • Keluarga yang memiliki riwayat wasir

Ternyata anak yang orang tua yang memiliki ambeien juga berisiko terkena wasir.

  • Orang yang jarang mengonsumsi makanan sehat

Terlalu banyak makanan kering dan junkfood mampu menyebabkan seseorang terkena sembelit yang mampu menimbulkan wasir.

Cara mengobati ambeien stadium 4

Penanganan wasir pada stadium 4 biasanya tidak bisa dengan obat-obatan biasa. Dokter biasanya akan merekomendasikan tindakan operasi pengangkatan wasir agar menghindari penyakit komplikasi lainnya. Namun, karena teknologi di bidang kesehatan kini sudah semakin canggih. Kamu tak perlu khawatir lagi menghilangkan wasir stadium 4. Seperti di Klinik Vena Wasir Center, ada beberapa tindakan pengangkatan wasir seperti BEIM, Radiofrekuensi, PILA, dll. Tindakan tersebut tidak memerlukan rawat inap, dilakukan hanya 10-15 menit, minim perdarahan, dan langsung bisa aktivitas.

Jika kamu memiliki gejala wasir, segera lakukan konsultasi di Klinik Wasir, semakin cepat wasir di tangani semakin minim risiko terjadi komplikasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now