penyakit wasir

Ini Penyebab Ambeien Bisa Kambuh Meski Sudah Sembuh!

Penyebab ambeien dapat kambuh salah satunya adalah akibat gaya hidup dan pola makan yang penderitanya jalani. Mengutip dari artikel San Fransisco Gastroenterology (2015) menyebutkan bahwa, pada beberapa orang hemoroid atau ambeien dapat terjadi sekali dalam seumur hidup. Namun, pada beberapa orang lainnya, ambeien dapat menjadi masalah menahun yang sulit untuk hilang. Selain akibat dari gaya hidup yang tak sehat, beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan hemoroid selalu kambuh dan sulit hilang. 

Penyebab ambeien selalu kambuh 

Benjolan ambeien atau wasir dapat terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan akibat tekanan berlebih. Sehingga, benjolan menonjol ke luar anus. Meskipun begitu, tak semua benjolan dapat penderitanya sentuh dan rasakan. Untuk wasir jenis interna atau wasir dalam, biasanya benjolan terletak di area dalam anus karena ukurannya yang masih kecil.

Gejala utama dari jenis ambeien ini adalah penderitanya mengalami perdarahan ketika melakukan BAB. Berbeda dengan jenis wasir dalam, benjolan pada wasir eksterna atau wasir luar biasanya berukuran lebih besar, dan terletak di area kulit anus di mana terdapat banyak sistem saraf sensitif. Sehingga, penderitanya seringkali merasakan nyeri, gatal, perih, dan rasa tak nyaman lainnya. 

Kedua jenis ambeien ini dapat kambuh dan bahkan sulit sekali untuk hilang, meskipun penderitanya sudah melakukan berbagai jenis pengobatan. Merangkum dari artikel dari Russell Dean Havranek, MD Board Certified Gastroenterologist (2020) menyebutkan ada beberapa hal yang jadi penyebab ambeien sulit hilang, di antaranya: 

  • Gaya hidup yang tak sehat, seperti kurang aktivitas gerak fisik, dll. 
  • Pola makan tak seimbang dan kurang asupan serat. 
  • Akibat kondisi medis tertentu, seperti obesitas, kelumpuhan. 
  • Kondisi lain seperti, hamil, pasca melahirkan.
  • Faktor pekerjaan, seperti duduk seharian, mengendarai kendaraan berat,dll. 

Baca juga: Obat Pengempes Ambeien di Apotik, Ampuhkah?

Mengatasi ambeien secara permanen 

Meskipun sulit untuk hilang, bukan berarti ambeien tidak bisa sembuh. Salah satu pengobatan yang terbukti efektif mengatasi wasir hingga ke akarnya adalah dengan tindakan medis. Jika, pengobatan alami dan obat-obatan tertentu hanya untuk mengurangi gejalanya saja, tindakan wasir bertujuan untuk mengatasi masalah wasir hingga tuntas. Sehingga, mampu memperkecil risiko kekambuhan di masa mendatang. Berikut adalah beberapa metode unggulan yang dapat mengatasi permasalahan ambeien/wasir, di antaranya: 

  • Radiofrekuensi 

Tindakan Radiofrekuensi merupakan tindakan yang memanfaatkan gelombang radio berfrekuensi untuk mengatasi wasir atau ambeien. Sehingga, wasir dapat teratasi hingga ke akarnya tanpa harus melakukan pembedahan operasi besar. Selain itu, tindakan Radiofrekuensi juga merupakan metode yang minim risiko dan perdarahan dengan efektivitas kekambuhan yang juga minim. 

  • PILA 

Selanjutnya merupakan metode modern untuk mengatasi wasir interna atau wasir dalam. Metode ini adalah metode yang dikembangkan oleh dr. Paran seorang dokter spesialis dari Indonesia, melalui metode PILA, beliau mengombinasikan metode injeksi skeleroterapi dengan metode karet ligase untuk menghilangkan ambeien hingga ke akarnya. 

  • Laser hemorrhoidoplasty 

Salah satu metode modern dari Jerman yang menggunakan teknologi terkini dengan memanfaatkan laser fiber untuk mengatasi benjolan wasir hingga kempis, bahkan mengempis sebesar 40% pada saat pertama kali tindakan. Efektivitas tindakan laser mencapai hampir 90% dengan tingkat kekambuhan yang minim. Selain itu, metode ini juga merupakan metode yang minim risiko, minim perdarahan, hingga proses penyembuhan yang cepat. 

Baca juga: Obat Alami Ambeien

Tempat melakukan pengobatan wasir terbaik 

Vena Wasir Center merupakan klinik pengobatan wasir terbaik yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Semua tindakan di klinik Vena Wasir Center memiliki harga terjangkau, dilakukan oleh dokter berpengalaman di bidangnya, dan tentunya semua tindakan dapat pasien lakukan tanpa harus rawat inap. Selain itu, setelah tindakan bisa beraktivitas.  Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya, lokasi, jadwal, hingga jadwal konsultasi, silakan untuk klik di sini!  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now