Jenis Olahraga yang Baik Bagi Penderita Wasir

Olahraga seperti yang kita ketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan fisik sampai membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Namun, bagi seseorang yang menderita wasir tentunya untuk melakukan aktivitas, seperti olahraga akan tidak nyaman. Bukan berarti penderita wasir tidak dapat melakukan olahraga sama sekali, hanya saja perlu memilih dengan tepat jenis olahraga yang aman untuk kondisi wasirnya.

Tujuan olahraga bagi penderita wasir adalah memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah sembelit yang dapat menyebabkan keparahan wasir semakin bertambah. Bagi penderita wasir, sebaiknya menghindari jenis olahraga yang mengangkat beban berat.

Olahraga angkat beban dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada bagian bawah tubuh. Memaksakan angkat beban saat sudah mengalami wasir bisa berisiko kemungkinan timbulnya pendarahan di anus.

baca juga: Wasir Menahun? ini Terapi yang Dapat Dilakukan [Hanya 15 Menit]

Jenis Olahraga Baik Bagi Penderita Wasir

1.Senam Kegel

Senam otot panggul bawah (Kegel), yaitu senam yang mengkhususkan pada gerakan mengontrol otot panggul. Senam ini berguna menjaga kontrol otot untuk buang air besar sehingga mencegah wasir.

Teknik dasar senam Kegel, seperti saat menahan untuk buang air besar atau kecil. Otot yang berkontraksi itulah yang dinamakan otot panggul bawah. Berfokuslah pada otot panggul bawah, tahan otot tersebut selama lima detik dan lepaskan. Lakukan gerakan ini empat sampai lima kali. Hindari mengencangkan otot paha, perut dan bokong.

  1. Aerobik

Saat melakukan gerakan aerobik, terjadi peningkatan denyut jantung dan laju metabolisme, begitu pula dengan proses pencernaan. Senam aerobik dapat menjaga fungsi tubuh tetap normal dan membantu mencegah pembesaran vena di anus akibat konstipasi.

  1. Yoga

Yoga jika dilakukan dengan rutin dan benar dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga darah tidak menumpuk pada bagian tubuh tertentu. Beberapa gerakan yoga untuk membantu meringankan wasir seperti sarvangaasana dengan menjadikan tangan sebagai tumpuan untuk mengangkat pinggul, kaki menumpu pada dinding sehingga pinggul terangkat dan darah mengalir hingga ke pembuluh-pembuluh darah di anus.

Pose jongkok untuk mengatasi konstipasi (sulit buang air besar) yang sering terjadi ketika wasir, dan pose anak kecil berupa menekuk lutut dan tangan diluncurkan ke depan sehingga meluruskan tulang punggung dan pinggul.

One Comment
  1. Balas
    Suhendar

    Terimakasih sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now