Obat Ambeien Paling Ampuh untuk Ibu Hamil!

Makanan Berserat Tinggi untuk Mengatasi Gejala Wasir Stadium 4

Makanan berserat tinggi untuk wasir biasanya merupakan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini karena, makanan berserat sangat baik untuk sistem pencernaan. Sehingga, membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah saat dikeluarkan saat buang air besar. Mengutip dari artikel dari website Lybrate, dr. Vishal Saini, seorang dokter Naturopati (2016) menyebutkan bahwa penderita wasir sebaiknya memperbaiki pola makan dan penuhi asupan gizi. Hal ini biasanya dapat segera mengatasi beberapa gejala ambeien dan mampu mempercepat proses penyembuhan pada penyakit wasir, bahkan pada stadium 4. 

Jenis stadium wasir 

Makanan Berserat Tinggi untuk Mengatasi Gejala Wasir Stadium 4

Berdasarkan tingkat keparahannya, wasir terbagi menjadi 4 stadium atau tingkatan, yang bisa penderitanya bedakan, di antaranya: 

  • Wasir stadium 1

Pada stadium 1 ini biasanya benjolan terletak di dalam anus, sehingga penderitanya terkadang hampir tak merasa gejala apapun. Namun, biasanya pendarahan BAB sering terjadi. Tak jarang, meskipun nyeri pendarahan pada BAB akibat wasir juga bisa berbahaya, sehingga perlu melakukan pengobatan lebih lanjut. 

  • Wasir stadium 2

Sedangkan wasir stadium 2 ini merupakan wasir/ambeien yang letak benjolan ini masih berada di dalam anus. Namun, biasanya benjolan dapat ke luar dari dalam anus, ketika penderitanya melakukan proses BAB.

  • Wasir stadium 3

Hampir serupa dengan gejala wasir stadium 2, stadium 3 juga terkadang memiliki gejala seperti benjolan yang ke luar saat proses BAB. Biasanya, ukuran benjolan sudah mulai membesar. 

  • Wasir stadium 4 

Stadium 4 ini merupakan tingkat keparahan tertinggi. Biasanya, menimbulkan rasa nyeri luar biasa, pendarahan saat buang air besar. Hingga, timbul rasa gatal dan infeksi pada penderitanya. Biasanya, pada tingkat ini penderita akan segera mencari pengobatan yang tepat untuk mengatasi ambeien yang diderita. 

Makanan untuk atasi dan cegah wasir stadium 4

Mengutip dari website artikel healthline (2019) Lisa Wartenberg, seorang ahli gizi menyebutkan bahwa makanan yang mengandung serat sangat baik untuk penderita wasir konsumsi. Selain itu, dalam IG Live @venawasircenter bersama @temanbumil dr. Retno Arini, seorang dokter spesialis bedah menyatakan bahwa beberapa makanan di bawah ini sangat baik untuk mengatasi sekaligus mencegah wasir,  di antaranya: 

  • Buah pepaya dan naga 

Tak hanya murah, buah pepaya dan buah naga sudah terkenal menjadi salah satu buah yang dapat mengatasi gejala wasir atau ambeien pada seseorang. Selain itu, kandungan enzim dan serat yang ada dalam buah pepaya juga sangat baik untuk membuat feses menjadi lebih lembut. Sehingga, penderita ambeien akan lebih mudah saat melakukan proses BAB dan dapat mempercepat proses penyembuhan pada ambeien yang penderita alami. 

  • Sayur, seperti brokoli dan seledri 

Selain dapat mencegah kanker, sayur-sayuran seperti brokoli dan seledri juga memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Sehingga, mampu meringankan gejala pada penderita ambeien/wasir. 

  • Yogurt

Makanan jenis ini merupakan makanan yang banyak mengandung bakteri baik untuk usus dan sistem pencernaan. Sehingga, konsumsi yogurt baik untuk penderita wasir konsumsi untuk mengatasi gejala hingga mencegah wasir memburuk. 

  • Minuman probiotik 

Sama halnya dengan yogurt, minuman kemasan yang mengandung probiotik atau bakteri baik juga bisa sangat membantu untuk memudahkan penderita wasir untuk melakukan BAB lebih lancar. Sehingga, dapat mengurangi pendarahan ketika BAB. 

Makanan yang sebaiknya dihindari 

Selain memenuhi kebutuhan serat, meminum air putih, hingga melakukan aktivitas fisik, dr. Retno Arini, Sp.B juga menyatakan bahwa penderita ambeien sebaiknya menghindari buah pisang, daging merah, dan makanan gula. Ketiga jenis makanan itu biasanya dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit pada beberapa penderita wasir. Dr. Retno Arini, Sp.B juga menambahkan, jika kamu mengalami beberapa gejala ambeien, maka sebaiknya segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan. Apalagi, jika ambeien/wasir yang kamu alami sudah mencapai stadium 4, di mana pada tingkat ini rentan mengalami komplikasi penyakit lainnya. Untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah terbaik, segeralah melakukan pendaftaran di klinik Vena Wasir Center. Sedangkan, untuk mengetahui mengenai informasi biaya, lokasi, hingga jadwal dokter, silakan klik di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now