Makanan Mudah Dicerna dan Sulit Dicerna

Ada makanan mudah dicerna dan sulit cerna oleh tubuh. Hal ini berkaitan dengan jenis makanan yang di konsumsi karena akan memengaruhi kecepatan tubuh dalam mencernanya. Selanjutnya, akan memengaruhi sistem pencernaan, metabolisme tubuh dan status kesehatan secara tidak langsung.

Berikut ini adalah jenis makanan yang mudah dan sulit cerna.

Makanan mudah dicerna oleh tubuh

Mengandung protein yang rendah

Protein sangat berperan penting dalam meregenerasi dan memperbaiki sel di dalam tubuh. Namun, bagi Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan, sebaiknya harus menghindari makanan yang tinggi protein. Jika begitu, sebaiknya untuk memilih sumber protein yang mudah cerna yang berasal dari tumbuhan, seperti tahu, tempe, serta sumber protein hewani yang rendah lemak.

Karbohidrat dengan serat rendah

Karbohidrat sangat di butuhkan oleh tubuh. Tubuh kita mendapatkan energi untuk beraktivitas denga membakar karbohidrat yang berasalah dari makan-makanan yang di konsumsi. Sayangnya tidak semua makan-makanan berkarbohidrat ini dapat mudah di cerna oleh tubuh. Misalnya saja, yang mengandung serat tinggi atau karbohidrat kompleks.

Makanan yang mengandung serat tinggi sebenarnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa di cerna. Jenis ini memang cocok untuk seseorang yang sedang berdiet karena bisa menunda lapar dan merasa kenyang lebih lama. Namun, bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan sebaiknya mengonsumsi karbohidat yang rendah serat.

Buah-buahan yang mengandung air banyak

Buah yang mengandung air banyak mudah di cerna oleh tubuh, seperti semangka, pir, melon, dan pepaya.

Sayur yang dimasak

Memasak sayuran dengan proses yang tepat, dapat membantu tubuh untuk mencernanya. Namun, proses memasak ini dapat mengurangi nutrisi sayuran yang di konsumsi.

Anda juga bisa mengurangi risiko kehilangan banyak nutrisi dari sayuran saat proses memasak, yaitu dengan cara merebus sayuran tidak sampai layu.

Baca juga: Cara Mengolah Sayur Yang Benar

Makanan sulit dicerna oleh tubuh

Ada makanan yang mudah cerna, ada juga yang sulit di cerna oleh tubuh. Bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan sebaiknya menghindari mengonsumsi yang sulit di cerna oleh tubuh. Mengonsumsinya hanya akan memberatkan kerja organ pencernaan yang dapat membuat kondisi semakin memburuk.

Tinggi Serat

Jika makanan dengan serat yang rendah mudah di cerna, begitupun sebaliknya. Walaupun makanan yang mengandung serat bermanfaat bagi kesehatan, namun tubuh memerlukan kerja lebih untuk dapat memecah dan menyerapnya.

Makan-makanan yang mengandung serat yang tinggi  membuat tubuh bekerja lebih keras, sehingga cadangan lemak bisa di pakai untuk sumber energi untuk mencerna serat. Bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan, seperti diare hindari makanan yang mengandung serat larut air.

Tinggi Lemak

Makan-makanan yang mengandung lemak tinggi termasuk sulit di cerna oleh tubuh. Jenis yang dimaksud, seperti daging sapi, sayuran mentah, makan-makanan pedas, berbumbu kuat, manis, dan mengandung minyak tinggi. Sementara minuman, seperti teh, kopi, dan minuman ringan.

Makanan berlemak tinggi akan membuat kenyang lebih lama. Apabila Anda sedang mengalami masalah pencernaan, sebaiknya hindari yang mengandung lemak tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now