Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Manfaat daun binahong bagi kesehatan sudah dikenal sejak lama sebagai obat tradisional di Cina, Korea dan Taiwan. Tanaman yang memiliki nama latin Anredera cordifolia ini adalah salah satu tanaman berkhasiat tinggi yang banyak orang percaya mampu membantu mengatasi berbagai penyakit kronis. Bahkan, hampir seluruh bagian tumbuhan binahong bisa bermanfaat dalam terapi herbal

Apa Saja Manfaat Daun Binahong?

Daun binahong atau  daun madeira vine, memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antinyeri yang bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan senyawa alaminya, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Berkat berbagai kandungan tersebut, manfaat tumbuhan ini bagi kesehatan sangatlah banyak, seperti berikut:

1. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun binahong dalam mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar yang berasal dari kandungan flavonoid, saponin dan taninnya.

Saponin bisa berperan sebagai antiseptik, sehingga dapat membantu mencegah infeksi bakteri yang  bisa  memperlambat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini juga bisa membantu mempercepat pembentukan kolagen.

Flavonoidnya  juga  cukup efektif untuk membantu mengurangi peradangan pada luka. Sementara itu, tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori pada kulit yang luka, menghentikan produksi nanah dan perdarahan ringan. Sehingga luka menjadi lebih cepat tertutup.

2. Mencegah diabetes

Ada penelitian yang menunjukkan kandungan flavonoid dalam daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta mencegah kerusakan sel beta di pankreas yang terjadi akibat diabetes. Senyawa aktif flavonoid ini bekerja dengan cara menghambat pemecahan dan penyerapan gula pada usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Kolestrol tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Penderita kolestrol tinggi memiliki endapan lemak dalam pembuluh darahnya.  Nah, tumbuhan ini telah digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan penyakit jantung dan stroke. Menurut penelitian, flavonoid dalam binahong bermanfaat dalam menurunkan kolestrol. Caranya adalah dengan menyingkirkan timbunan kolestrol pada dinding pembuluh darah.

4. Meningkatkan fungsi ginjal

Tingginya level serum kreatinin dan urea dalam tubuh bisa menandakan melemahnya fungsi ginjal. Ekstrak daun binahong dopercaya masyarakat  dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal dengan cara menurunkan level serum kreatinin Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk hal ini dan memastikan efektivitas dan keamanan tumbuhan ini  dalam meningkatkan fungsi ginjal.

5. Mengobati asam urat

Telah ada banyak penelitian tentang manfaat daun binahong sebagai obat asam urat yang berasal dari kandungan flavonoidnya. Kandungan senyawa aktif ini  dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

6. Merdekan Gejala Ambeien

Selain penyakit-penyakit tersebut, daun binahong juga dapat membantu mengatasi gejala ambeien, lho.

Kini, Anda sudah mengetahui apa saja manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh. Meski banyak orang percaya tumbuhan ini dapat mencegah atau mengobati berbagai penyakit, namun tumbuhan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, jika kamu ingin memanfaatkan tumbuhan ini untuk kesehatan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now