ambeien stadium 4

Menderita Ambeien Stadium 4? Hati-Hati Terhadap Penyakit Komplikasi Ini!

Ambeien stadium 4 merupakan kondisi ambeien yang paling tinggi tingkat keparahannya. Pada tingkat ini, benjolan ambeien sudah mulai membesar sehingga tidak dapat masuk kembali ke dalam anus. Biasanya, pada tingkat ini penderita akan merasakan nyeri, perdarahan, dan berisiko terkena penyakit lainnya.

Penyakit komplikasi akibat ambeien stadium 4

ambeien stadium 4

Ada beberapa penyakit komplikasi yang sering menyerang penderita wasir stadium 4, di antaranya:

  • Ambeien trombosis

Berbeda dengan prolaps (munculnya benjolan pada anus) benjolan pada penderita ambeien trombosis biasanya berwarna keunguan dan lebih menyakitkan. Hal ini terjadi akibat terjadinya gumpalan pembuluh darah di benjolan, sehingga menyebabkan suplai darah ke jaringan menjadi berkurang. Selain menyebabkan sakit luar biasa, pada ambeien ini juga penderita berisiko terkena infeksi yang menyebabkan rasa gatal.

Penyebab dari penyakit ini adalah karena peredaran darah yang kurang lancar pada area anus, seperti duduk terlalu lama atau sembelit.

  • Infeksi

Masalah infeksi dapat terjadi ketika benjolan pada ambeien luar pecah dengan sendirinya. Benjolan yang pecah akan menyebabkan munculnya luka terbuka pada bagian anus. Luka tersebut bisa menjadi sarang bagi bakteri yang bisa membuat penderitanya mengalami infeksi anus, sehingga menimbulkan risiko terkena abses anal (benjolan berisi nanah) atau bahkan kematian jaringan. Gejala lainnya pada infeksi adalah merasakan gatal luar biasa, warna luka berubah kemerahan, tak jarang juga di sertai dengan demam.

  • Strangulasi ambeien

Hal ini bisa terjadi ketika putusnya aliran dara ke area benjolan ambeien karena terjepit sehingga menyebabkan rasa nyeri luar biasa pada wasir. Selain menyebabkan rasa perih/nyeri masalah ini juga bisa menyebabkan kematian jaringan.

Selain beberapa penyakit komplikasi di atas, anemia (kekurangan darah merah) umum terjadi pada penderita ambeien yang sudah parah. Perdarahan hebat juga menjadi salah satu penyebab terjadinya anemia pada penderita ambeien.

Cara penanganan yang tepat

Penanganan yang tepat pada ambeien stadium 4 adalah dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan melakukan konsultasi dengan dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat. Setelah konsultasi, biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan penyakit wasir. Salah satunya dengan anoscopy (anuskopi). Prosedur medis untuk mengidentifikasi permasalahan pada saluran pencernaan terutama daerah anus.

Setelah dokter mendiagnosis pada permasalahanmu, maka biasanya dokter akan merekomendasikan beberapa metode medis untuk mengatasi benjolan/wasir.

Metode medis pengobatan ambeien stadium 4

Ada beberapa metode operasi/bedah yang biasanya sering diterapkan untuk penderita wasir stadium 4.

  • BEIM

Biological Electrical Impedance Auto-Measurement merupakan metode untuk menghilangkan wasir dengan memotong jaringan ambeien. Lalu, alat khusus dari BEIM akan menutup luka tersebut sehingga tidak akan terjadi perdarahan. Teknik ini hanya membutuhkan waktu 15 menit saja, tanpa rawat inap, dan efektik mengatasi ambeien pada stadium 4.

  • Hemorrhoidoplasty

Tindakan ini memanfaatkan laser fiber untuk menghancurkan jaringan wasir, sehingga tidak ada tindakan memotong/pembedahan. Prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit hingga jaringan mengempis sebanyak 40-60%. Lalu setelah tindakan, jaringan ambeien akan mengempis dengan sendirinya. Metode ini juga cukup mudah dan tidak memerlukan rawat inap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now