3 Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Menyepelekan Gejala Ambeien

3 Alasan Kenapa Tak Boleh Menyepelekan Gejala Ambeien!

Gejala ambeien meskipun terdengar sepele akan tetapi, bisa menjadi masalah serius jika kamu tak tertangani dengan baik. Melansir dari Midwest Hemorrhoid Treatment Center (2021) dalam artikel kesehatan menyebutkan bahwa banyak pasien yang menderita ambeien/hemoroid dalam diam daripada mengobatinya, karena alasan malu. Selain terkenal sebagai salah satu penyakit yang terkenal remeh, ambeien juga merupakan salah satu penyakit yang memalukan. Padahal, menurut jurnal kesehatan “Hemoroid” Universitas Muhammadiyah Semarang (2017) menyebutkan bahwa lebih dari 10 juta orang Indonesia menderita wasir setiap tahunnya.

Data tersebut menunjukan bahwa, hemoroid merupakan masalah umum, sehingga penderitanya tak perlu malu ataupun ragu untuk langsung mencari pengobatan ketika mulai mengalami gejala ambeien.

Gejala ambeien yang sering terjadi

3 Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Menyepelekan Gejala Ambeien

Pada tahap awal, ada beberapa gejala yang sering penderita ambeien alami ketika mengalami hemoroid/ambeien, di anataranya:

  • Tak nyaman ketika buang air besar, akibat adanya benjolan baik yang terletak di dalam maupun di luar anus
  • Benjolan berukuran kecil biasanya akan menghilang sesudah buang air besar, akan tetapi jika ambeien sudah mulai besar maka akan ke luar dari area dalam anus (prolaps)
  • Terdapat darah di feses/kotoran yang penderita keluarkan, jika darah mulai banyak keluar dari anus sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan
  • Anus akan terasa gatal dan lembab (ini terjadi pada benjolan yang sudah membesar)
  • Pada beberapa kasus juga ambeien mengeluarkan lendir setelah melakukan proses buang air besar

Ketika mengalami salah satu gejala yang telah disebutkan seperti di atas, itu artinya kamu sedang mengalami gejala ambeien. Sebaiknya, gejala tersebut tidak boleh kamu biarkan begitu saja, agar tidak memicu timbul penyakit lainnya. Untuk itu, cobalah melakukan perawatan di rumah seperti berendam dengan air hangat, lalu cobalah perbaiki pola makan dengan mengonsumsi banyak serat dan air putih.

Namun, jika gejala tidak mau hilang itu berarti bahwa kamu memerlukan bantuan berupa pengobatan medis dengan dokter spesialis.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

3 alasan tak boleh menyepelekan gejala ambeien

Jika kamu hanya membiarkan dan menghiarukan gejala ambeien yang ada, maka akan menimbulkan risiko benjolan pecah, gangguan aliran darah pada benjolan (strangulasi ambeien), hingga kematian ambeien. Kondisi tersebut tentu sangat menyakitkan pada penderitanya, berikut adalah beberapa alasan lainnya mengapa kamu tak boleh mengabaikan ambeien.

1.Memperpanjang penderitaan

Melansir dari Midwest Hemorrhoid Treatment Center (2017) menyatakan bahwa mengabaikan gejala awal pada hemoroid, sama saja dengan memperpanjang penderitaan pada penderitanya.

2.Memperbesar ukuran benjolan

Semakin kecil ukuran benjolan ambeien, maka akan semakin mudah untuk terobati, biasanya benjolan dapat menghilang dengan beberapa obat yang dokter berikan. Berbeda halnya dengan benjolan yang sudah membesar, bahkan sampai pecah yang biasa memerlukan tindakan operasi untuk menghilangkannya.

3.Lebih sulit diobati

Wasir, meskipun masalah umum namun bisa sangat sulit terobati. Terutama, jika penderitanya baru melakukan pengobatan ketika benjolan sudah mulai memburuk.

 

Untuk itu, agar lebih mudah terobati sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ketika muncul gejala ambeien seperti BAB berdarah hingga muncul benjolan di sekitar anus.

Baca juga: Berapa Lama Penyakit Wasir Biasanya Akan Hilang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now