Minum Teh Buat Buka Puasa dan Sahur, Adakah Manfaatnya?

Minum teh buat buka puasa dan sahur sudah menjadi tradisi bulan ramadhan di Indonesia.  Selain rasanya yang  enak, ternyata teh juga mengandung flavonoid yang baik bagi kesehatan tubuh, lho.

Teh memiliki aroma yang sangat khas dan telah dikenal sejak lama sebagai salah satu minuman kesehatan. Minuman ini berasal dari tanaman Camellia sinensis yang umumnya diminum dengan tambahan gula. Namun, mengonsumsi teh tanpa pemanis atau teh tawar tentu lebih direkomendasikan dan jauh lebih sehat.

Manfaat Minum Teh Buat Buka Puasa dan Sahur

Air putih atau air mineral  memang sangat baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa. Namun, tidak ada salahnya jika ingin meminum  teh saat berbuka puasa dan sahur. Selain memiliki rasa yang nikmat, minuman teh juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan,  seperti membantu:

1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi teh hitam paling tidak sebanyak 3 gelas setiap harinya dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Manfaat ini berasal dari senyawa flavonoid yang berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Teh hitam maupun teh hijau merupakan salah satu jenis minuman penurun kolesterol alami yang baik diminum secara rutin. Hal ini karena kedua jenis teh tersebut mengandung sejumlah katekin, yakni senyawa golongan flavonoid yang bermanfaat untuk membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

3. Menjaga kadar gula darah

Minum teh hitam tanpa gula dapat membantu menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Hal ini berkat peran senyawa flavonoid jenis katekin dan teaflavin yang  mampu meningkatkan kadar dan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membuat kadar gula darah menjadi lebih mudah terkontrol.

4. Melancarkan peredaran darah

Senyawa flavonoid dalam teh dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga kesehatan dinding pembuluh darah. Tidak hanya itu, kandungan senyawa tersebut juga ada dugaan dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Agar tetap sehat dan produktif selama berpuasa, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan, yakni:

  • Mengonsumsi makanan sehat melalui menu sahur dan menu buka puasa. Mulai dari mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat kompleks, tinggi protein, hingga tinggi serat.
  • Minum air termasuk juga teh yang cukup agar tubuh tetap sehat dan terhidrasi selama berpuasa,
  • Lakukan olahraga ringan seperti Yoga atau jalan kaki secara rutin selama 30 menit per hari agar tetap sehat.
  • Waktu istirahat yang cukup selama berpuasa.  Hal ini dapat membantu memperkuat sistem imun, istirahat dan tidur yang cukup juga mampu meningkatkan daya ingat dan membuat suasana hati lebih baik.

Dengan menerapkan berbagai tips tersebut, harapannya kesehatan kalian bisa selalu terjaga sehingga dapat menunaikan ibadah puasa dengan lancar dan tetap produktif.

Bila  ingin rutin mengonsumsi teh sebagai pilihan minuman sehat selama berpuasa, terutama jika memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya  berkonsultasi dengan dokter lebih dahulu untuk mengetahui jumlah konsumsi teh yang tepat, sehingga kalian bisa merasakan manfaatnya.

 

Untuk informasi konsultasi dengan dokter untuk masalah wasir, silakan menghubungi  08119555100 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now