Pengobatan Kondiloma Akuminata Yang Perlu Diketahui

Pengobatan kondiloma akuminata ada berbagai cara, bergantung bagaiamana hasil pemeriksaan dari dokter. Kondiloma akuminata adalah penyakit yang menyerang area alat kelamin. Ia menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pengobatan kondiloma akuminata perlu segera dilakukan supaya benjolan kutil segera menghilang. Ada beberapa metode untuk mengobati kondiloma akuminata. Berikut adalah informasi lengkap mengenai gejala dan pengobatan kondiloma akuminata yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Kondiloma Akuminata

Kondiloma akuminata atau yang lebih terkenal dengan nama penyakit kutil kelamin adalah penyakit  oleh virus human papillomavirus (HPV). Penularan penyakit ini adalah kontak seksual. Biasanya, hubungan seksual yang tidak sehat menjadi pemicu munculnya kutil kelamin.

Sering berganti pasangan dalam hubungan seksual, apalagi tanpa kondom adalah penyebab utama penularannya. Benjolan kutil kelamin biasanya berukuran kecil dan berbentuk seperti bunga kol. Pada wanita, penyakit ini lebih dikenal dengan nama penyakit jengger ayam. Penyebutan nama penyakit ini karena bentuk kutil kelamin pada wanita seperti bentuk jengger ayam.

Karena ukurannya yang kecil, kutil kelamin sering tidak menyadari kemunculannya. Lama kelamaan ia terus berkembang karena tidak mendapat pengobatan kondiloma akuminata. Oleh karena itu,  sebaiknya untuk selalu melakukan hubungan seksual yang sehat agar terhindar dari penyakit ini.

Gejala

Gejala paling utama dari penyakit kondiloma akuminata adalah munculnya benjolan pada area alat kelamin. Benjolan ini muncul bersama dengan rasa gatal dan nyeri yang tidak nyaman. Bahkan, penderitanya bisa merasakan sensasi terbakar saat melakukan hubungan seksual. Kondisi yang parah dapat menyebabkan keluarnya darah saat berhubungan seksual. Jika tidak mendapatkan pengobatan kondiloma akuminata akan semakin parah, membesar, dan terasa mengganjal.

Pengobatan Kondiloma Akuminata

Meskipun kutil kelamin bukan penyakit yang parah, namun penyakit ini tetap membutuhkan pengobatan. Membiarkan kutil ini sama saja akan membuatnya menyebar dan menular ke orang lain. Pengobatan kondiloma akuminata adalah operasi dan penggunaan obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter. 

Obat-obatan

Dokter biasanya akan memberikan resep beberapa obat, seperti:

  • Salep herbal dengan kandungan katekin, kandungan ini adalah salah satu senyawa dalam teh hijau yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan virus HPV.
  • Imiquimod, obat ini berfungsi untuk melawan infeksi virus HPV dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Podofilotoksin, obat ini berfungsi untuk menahan pertumbuhan kutil atau benjolan.

Obat-obatan tersebut dapat digunakan secara mandiri di rumah. Jika kondisi Anda cukup parah, dokter akan menambahkan resep obat oles berupa asam trikloroasetat. Dokter baru akan menyarankan tindakan operasi jika benjolan tidak berkurang meski sudah mengobatinya. 

Operasi

Berikut adalah pengobatan kondiloma akuminata berupa operasi yang mungkin akan dokter lakukan:

  • Kauterisasi, metode ini memungkinkan dokter menghilangkan benjolan kutil menggunakan arus listrik.
  • Terapi sinar laser, metode ini memungkinkan dokter menghilangkan benjolan kutil menggunakan sinar laser.
  • Teknik bedah beku, metode ini memungkinkan dokter untuk membekukan benjolan kutil kelamin menggunakan nitrogen cair.
  • Eksisi, metode ini memungkinkan dokter menghilangkan benjolan kutil menggunakan teknik pembedahan.

Kondiloma akuminata memang penyakit yang cukup membuat tidak nyaman meski tidak terlalu berbahaya. Rasa gatal dan nyeri yang ditimbulkan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hubungan seksual juga menjadi terganggu dengan kondisi ini. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now