5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Setelah Melahirkan

5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Setelah Melahirkan

Menghilangkan benjolan ambeien merupakan hal yang cukup sulit untuk penderita ambeien/wasir lakukan. Terutama, ketika sudah melahirkan. Mengutip dari Healthline (2018) menyebutkan bahwa hemoroid/wasir ini merupakan kondisi yang cukup umum terjadi pada para wanita yang sudah melahirkan normal. Hal ini dapat terjadi akibat, dorongan atau tekanan yang terlalu kuat saat melahirkan dengan cara normal. Sehingga pembuluh darah yang ada pada sekitar anus menjadi ke luar dan membengkak. Kondisi ini juga cukup umum terjadi pada wanita yang sedang hamil. Gejala utama dari munculnya wasir setelah melahirkan adalah perdarahan saat buang air besar. Selain itu, pembengkakan atau muncul benjolan di sekitar anus, hingga rasa gatal atau lembab di area anus.

Tentu saja, kondisi ini merupakan hal yang tak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas, sehingga kondisi tersebut harus bisa teratasi agar kamu dapat beraktivitas normal saat sesudah melahirkan.

Apakah bisa hilang sendiri?

5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Setelah Melahirkan

Mengutip dari website artikel Healthline (2018) Alana Biggers, seorang dokter umum menyebutkan bahwa pada kebanyakan kasus hemoroid atau wasir, benjolan dan gejala yang muncul bisa hilang perlahan dengan sendirinya. Tergantung dari ukuran, lokasi, tingkat keparahannya, biasanya hilang dalam beberapa hari hingga berbulan-bulan. Akan tetapi, hal ini juga harus didukung dengan pola makan dan pola hidup yang sehat dari penderitanya.

Namun, Alana Biggers (2018) juga menyebutkan bahwa, wasir yang terjadi saat setelah melahirkan juga rawan terkena thrombosis ambeien, yaitu kondisi di mana ambeien mengeluarkan banyak darah. Meskipun tak berbahaya, namun kondisi ini cukup menyakitkan bagi para penderitanya. Sehingga, penanganannya pun biasanya memerlukan tindakan atau penanganan dari dokter spesialis bedah.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

5 cara menghilangkan wasir setelah melahirkan

Penanganan pada penyakit wasir memiliki berbagai macam cara, dari perawatan di rumah hingga pengobatan medis tanpa operasi. Namun, perlu penderita ingat bahwa pengobatan pada wasir harus tetap disesuaikan dengan kondisi dan tingkat keparahan pada wasir yang penderita alami. Merangkum dari berbagai artikel dan jurnal kesehatan, berikut adalah beberapa cara menghilangkan wasir setelah melahirkan yang bisa penderita lakukan, di antaranya;

  • Memperbaiki pola makan

Hal yang pertama bisa penderita lakukan ketika sudah muncul benjolan kecil di sekitar anus adalah dengan memperbaiki pola gizi konsumsi makanan, seperti perbanyak minum air putih dan makanan berserat.

  • Berendam dengan air hangat

Rendam duduk atau sitz bath ini terkenal sebagai salah satu pengobatan di rumah yang bisa penderita terapkan untuk mengempiskan benjolan ambeien. Cobalah rendam bagian anus dengan air hangat selama 20 menit ketika sudah buang air besar.

  • Mengompres dengan es batu

Pengobatan dengan cara mengompres benjolan dengan es batu juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengempiskan benjolan ambeien/wasir. Kompres benjolan selama 10 menit menggunakan es batu dan balutan kain.

  • Menggunakan lidah buaya

Mengoleskan lidah buaya pada benjolan juga dapat mencegah iritasi pada benjolan ambeien atau wasir.

  • Melakukan tindakan/terapi wasir

Cara terakhir yang lebih efektif dan ampuh adalah dengan melakukan tindakan atau terapi wasir di klinik Vena Wasir Center. Terapi seperti Laser Hemorrhoidoplasty, Radiofrekuensi, dan Paran Injection Ligation for Ambeien merupakan terapi wasir yang minim nyeri. Selain itu, tindakannya juga tak membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar 15-30 menit tergantung tingkat keparahan wasir yang penderita alami.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengobatan wasir di klinik Vena Wasir Center, silakan menghubungi nomor helpline yang ada pada website Vena Wasir Center.

 

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Sebelum Tindakan Wasir Radiofrekuensi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now