penyakit wasir pada anak muda rentan terjadi

Penyakit Wasir Mulai Terjadi Pada Anak Muda, Apa Sebabnya?

Penyakit wasir pada anak muda kini sudah mulai banyak terjadi. Mengutip dari jurnal kesehatan “External Hemorrhoidal Disease in Child and Teenage” US National Library of Medicine National Institute of Health (2019) menyatakan bahwa meskipun banyak terjadi pada orang dewasa. Akan tetapi, baru-baru ini penyakit wasir atau ambeien juga banyak terjadi pada kalangan muda terutama pada umumr 20 tahun. Padahal, menurut studi dari Robby (1995) menyatakan bahwa 50% populasi yang berumur lebih dari 50 tahun mengalami gejala wasir. Lalu, apa yang menyebabkan hemoroid atau ambeien ini terjadi pada kalangan anak muda? Simak jawabnnya di dalam artikel ini!

Penyebab penyakit wasir  terjadi pada anak muda

penyakit wasir pada anak muda rentan terjadi

Hemoroid merupakan salah satu masalah anus yang terjadi akibat pembengkakan vena (pembuluh darah) akibat adanya tekanan pada area rektum, sekitar anus. Akibat kondisi ini, maka bisa menyebabkan timbulnya benjolan di sekitar anus. Pada kasus yang lebih berat, benjolan tersebut bisa ke luar di area jaringan anus, sehingga menyebabkan rasa nyeri dan tak nyaman pada penderitanya. Mengutip dari jurnal kesehatan berjudul “Hemoroid” oleh Moch. Agus Suprijono (2020) menyatakan bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hemoroid atau wasir terjadi pada anak muda, di antaranya:

1.Pola makan

Moch. Agus Suprijono, Dosen Bagian Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (2020) menyatakan bahwa di era modern ini, pola makan masyarakat semakin berubah sesuai tuntutan keadaan. Banyak orang yang lebih mementingkan rasa pada makanan, daripada kandungan gizi yang ada di dalamnya. Kini, makanan yang paling banyak masyarakat gemari adalah junkfood dan makanan zaman sekarang yang kurang memiliki gizi dan serat. Adanya pola hidup seperti ini, tentu dapat memengaruhi sistem pencernaan seseorang. Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit yang dapat menyebabkan timbulnya hemoroid pada seseorang. Tak heran, pola makan menjadi salah satu alasan kuat, mengapa anak muda, kini semakin banyak yang terserang penyakit ambeien.

2.Gaya hidup

Selain pola makan, Moch. Agus Suprijono (2020) juga menyatakan bahwa, pola hidup juga bisa menjadi salah satu fakto penyebab ambeien. Pola hidup serba modern seperti munculnya aplikasi untuk memesan makanan hingga aplikasi canggih lainnya, yang membuat kita lebih sedikit bergerak. Pola hidup modern tersebut, tentu saja dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih banyak meluangkan waktu di rumah dengan duduk dan berbaring di rumah. Sedangkan, duduk dan terlalu banyak tidur justru akan menambah tekanan pada area anus yang dapat memicu terjadinya benjolan ambeien pada seseorang. Dengan kata lain, kebiasaan para anak muda yang sering bermalas-malasan juga bisa menjadi salah satu alasan seseorang terkena wasir.

3.Genetik

Beberapa orang terlahir dengan dinding pembuluh darah yang tipis dan lemah, sebagaimana dikatakan oleh Moch. Agus Suprijono (2020). Keadaan seperti ini rentan menyebabkan terjadinya pembengkakan pembuluh darah pada seseorang. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya adalah dengan menyeimbangkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Baca juga: Klinik Wasir Jakarta Pilihan Utama Pengobatan Wasir Anak

Cara mencegahnya

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah wasir, seperti:

–          Memerhatikan asupan gizi dengan mengonsumsi makanan berserat

–          Rajin berolahraga dan beraktivitas fisik

–          Tidak terlalu keras saat mengejan di toilet

Dengan kata lain, wasir dapat kamu cegah dengan menjalankan pola hidup sehat. Selain itu, memerhatikan gejala awal yang timbul juga bisa mencegah ambeien berkembang menjadi lebih besar. Untuk itu, segeralah lakukan pemeriksaan dan konsultasi di klinik Vena Wasir Center dengan dokter spesialis bedah terbaik dan terdepan.

 

Baca juga: Tindakan Operasi yang Tepat Untuk Hemoroid Interna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now