wasir adalah penyakit turuan?

Wasir Adalah Penyakit Turunan, Benarkah?

Wasir/ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah berupa benjolan yang berada di dalam maupun di luar anus. Ambeien ini merupakan penyakit umum dan bisa sangat menyakitkan pada penderitanya. Meskipun begitu, penyebabnya utamanya sendiri dari ambeien ini belum pasti diketahui. Pola hidup yang buruk di percaya sebagai penyebab utama dari munculnya ambeien, namun beberapa faktor seperti keturunan juga di percaya menjadi salah satu faktor seseorang menderita ambeien. Namun, benarkah begitu?

Wasir dan penyebabnya

BAB Berdarah

Hemoroid atau wasir adalah penyakit yang sulit untuk di prediksi. Mengenai penyebabnya pun masih belum bisa kita ketahui secara pasti. Namun, beberapa ahli kesehatan percaya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena ambeien/hemoroid. Seperti:

  • Terlalu keras mengejan

Salah satu penyebab utama wasir adalah aktivitas yang menyebabkan bagian rektum atau anus menjadi tertekan atau terdorong keluar. Sehingga menimbulkan benjolan ambeien. Salah satu aktivitas yang menyebabkannya adalah ketika seseorang mengejan terlalu keras saat BAB.

  • Terlalu banyak duduk

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab utama munculnya wasir. Terlalu banyak duduk akan menyebabkan aliran darah menjadi terhambat di area anus. Hal ini menyebabkan penyumbatan pada vena (pembuluh darah) sehingga timbulah ambeien.

  • Konsumsi makanan tak sehat

Makanan yang rendah serat biasanya akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu. Hal ini menyebabkan seseorang mengalami sembelit yang dapat memicu timbulnya wasir.

  • Kehamilan

Saat dalam kondisi hamil, rahim akan membesar sehingga bagian rektum atau anus menjadi tertekan. Hal ini terkadang menyebabkan ambeien muncul pada wanita hamil.

  • Orang tua memiliki riwayat ambeien

Beberapa jurnal dan artikel kesehatan juga menyebutkan bahwa genetik menjadi salah satu faktor penyebab seseorang bisa mudah mengalami wasir. Jika, kedua atau salah satu orang tuamu mengidap penyakit ambeien/hemoroid, maka akan ada kemungkinankamu juga akan mengalaminya.

Baca juga: Benarkah Benjolan dalam Anus Selalu Pertanda Ambeien?

Wasir adalah penyakit turunan?

Seperti yang telah di sebutkan di atas bahwa genetik merupakan salah satu penyebab ambeien.Namun, bukan berarti semua orang yang memiliki riwayat wasir akan menurunkannya kepada semua anaknya. Kamu tetap bisa mencegah penyakit ambeien dengan cara menjalankan pola hidup sehat.

Cara mencegah ambeien turunan

Ada beberapa cara agar kamu dapat menghindari ambeien yang di turunkan dari orang tuamu, seperti:

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti pepaya, jagung, kacang tanah, dan lainnya.
  • Aktif melakukan gerakan fisik seperti berolahraga.
  • Tidak terlalu lama duduk di toilet.
  • Menghindari terlalu banyak memakan makanan pedas atau asin.
  • Perbanyak minum air putih.

Baca juga: 15 Tahun Mengalami Wasir Sembuh dengan Metode Ini!

Pengobatan ambeien

Namun, jika kamu telah melakukan pencegahan dan pengobatan untuk menghilangkan ambeien turunan, maka ada beberapa pengobatan ambeien yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wasir hingga tuntas tanpa operasi. Tindakan ambeien ini tersedia di Klinik Vena Wasir Center, seperti tindakan Radiofrekuensi, laser, PILA, BEIM yang bisa kamu lakukan tanpa operasi besar, tindakan hanya di lakukan beberapa menit, tanpa rawat inap, dan bisa langsung bisa aktivitas.Jika kamu ingin melakukan konsultasi mengenai wasir yang kamu alami, kamu bisa datang langsung ke klinik atau melalui layanan konsultasi online.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now