Penyebab Anus Berdarah dan Cara Menanganinya

Anus berdarah sering sekali membuat penderitanya merasa cemas. Penyebabnya bisa karena berbagai kondisi dan bisa juga menjadi pertanda dari masalah kesehatan. Mengetahui penyebab anus berdarah, maka akan mempermudah dokter untuk melakukan diagnosis dan cara menanganinya.

Pada umumnya, kondisi ini baru penderita sadari ketika saat buang air besar keluar ada bercak darah pada feses atau kotorannya.  Darah yang muncul biasanya berwarna merah terang, tapi  juga bisa  berwarna merah gelap, bergantung pada penyebabnya.

Penyebab Anus Berdarah

1. Wasir

Wasir atau ambeien bisa terjadi ketika pembuluh darah sekitar anus atau rektum melebar. Selain anus berdarah, kondisi ini juga bisa memiliki gejala, seperti munculnya rasa nyeri, gatal, serta pembengkakan area sekitar anus.

2. Radang usus

Radang usus merupakan kondisi ketika saluran pencernaan mengalami peradangan. Penyebab kondisi ini belum diketahui secara pasti, namun ada dugaan memiliki kaitan dengan gangguan sistem imun tubuh. Penyakit ini umumnya memiliki gejala, seperti  demam, diare, anus berdarah, nyeri atau kram sekitar perut, dan nafsu makan berkurang.

3. Divertikulitis

Divertikulitis merupakan peradangan yang terjadi pada divertikula, yaitu kantung yang terbentuk di sepanjang saluran cerna khususnya usus besar. Masalah kesehatan ini umumnya  dialami orang berusia 40 tahun ke atas. Gejalanya, seperti  nyeri perut, buang air besar  dengan lendir, sembelit, diare, dan perut kembung.

4. Abses anus

Abses anus memiliki gejala, seperti munculnya rasa nyeri akibat infeksi pada dinding anus. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami sembelit, rasa perih akibat iritasi kulit sekitar anus, hingga keluarnya nanah dari anus.

5. Fisura ani

Fisura ani merupakan luka yang terdapat pada  jaringan kulit sekitar anus. Penyebab dari kondisi ini adalah adanya  gesekan dengan tinja yang keras atau besar, sehingga menimbulkan perdarahan pada anus. Biasanya, kondisi ini memiliki gejala, seperti rasa gatal, perih, atau keluar nanah dari anus.

Selain beberapa kondisi tersebut, penyebab anus berdarah juga bisa karena  kanker anus, kanker usus besar, polip usus besar, penyakit Crohn, diare, atau pengaruh terapi radiasi pada pengobatan penyakit tertentu.

Cara Menanganinya

  • Bersihkan anus dengan air bersih dan mengalir.
  • Kompres area anus dengan es batu untuk mengurangi rasa nyeri bila perlu.
  • Hindari duduk toilet terlalu lama.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas tiap harinya.
  • Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat.
  • Hindari minuman beralkohol karena bisa memperparah kondisi yang dialami.

Segera konsultasikan ke dokter, terutama jika anus berdarah juga meliputi gejala lainnya, seperti pusing, sesak napas, mual, susah buang air kecil, pandangan kabur, atau wajah pucat. Semakin cepat mendapatkan penanganan, maka risiko komplikasi pun akan semakin kecil. Dokter mungkin akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan masalah kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now