Probiotik “Bakteri Baik” Bantu Menjaga Kesehatan

Probiotik atau yang lebih dikenal sebagai bakteri baik ini, bermanfaat untuk membantu melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus.

Salah satu cara kerja probiotik adalah dengan cara menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat yang hidup di sistem pencernaan. Oleh sebab itu, dipercaya dapat meredakan diare karena infeksi atau efek samping penggunaan antibiotik.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan beberapa bermanfaat baketri baik ini untuk membantu meredakan keluhan akibat peradangan pada saluran pencernaan  atau iritasi pada saluran pencernaan.

Probiotik bisa ditemukan produk suplemen, makanan atau minuman yang difermentasi, seperti tempe, kefir, acar, atau yogurt.

baca juga: Makanan probiotik yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan

Jenis Probiotik

  • Lactobacillus
    Lactobacillus merupakan jenis bakteri baik yang dapat ditemukan pada makanan yang difermentasi termasuk yoghurt. Jenis ini  dipakai untuk membantu mengatasi diare dan gangguan penyerapan laktosa.
  • Saccharomyces boulardii
    Saccharomyces boulardii merupakan bakteri baik yang berasal dari ragi atau jamur. Dapat ditemukan dari produk fermentasi, kulit manggis dan leci.  Jenis bakteri baik ini diyakini bermanfaat untuk meredakan diare, radang saluran pencernaan, atau iritasi saluran pencernaan.
  • Bifidobacterium
    Bifidobacterium merupakan bakteri baik yang dapat ditemukan pada produk susu olahan, seperti keju. Bakteri jenis  ini digunakan untuk membantu meredakan keluhan gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Probiotik

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsinya, yakni:

  • Jangan dikonsumsi jika Anda memiliki alergi terhadap obat ini.
  • Jangan dikonsumsi jika Anda menderita pankreatitis akut.
  • Selalu konsultasikan penggunaannya  dengan dokter baik dikonsumsi sendiri, anak-anak atau orang tua.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaannya pada wanita hamil
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah mengonsumsinya.

Sebelum mengonsumsi probiotik, baca aturan penggunaan yang tertera di kemasan produk. Jika Anda ragu atau memiliki kondisi kesehatan khusus, diskusikan dengan dokter perihal dosis, pilihan produk, dan cara penggunaan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Efek Samping dan Risiko

Jika dikonsumsi sesuai dengan dosis  jarang menyebabkan efek samping. Namun, pada beberapa kondisi juga dapat memicu efek samping, seperti:

  • Nyeri perut
  • Diare
  • Perut kembung

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika Anda mengalami efek samping yang disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now