Rekomendasi Tempat Pengobatan Fistula di Medan

Sedang mencari tempat pengobatan fistula ani di Medan? Nah, klinik Vena Wasir Center bisa jadi solusinya. Klinik Vena Wasir Center memiliki cabang di Medan yang berlokasi di Jl. Arteri Ring Road No. 38, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20133, Indonesia.

Fistula ani adalah fistula yang berada pada dubur dan membentuk seperti terowongan yang menghubungkan ujung usus besar dengan kulit pada sekitar anus. Terowongan ini menghubungkan antara ujung usus besar dengan alat kelamin. Pada kondisi pasien yang mengalami fistula ani, terowongan tersebut akan menyebabkan pendarahan, keluarnya nanah, dan rasa sakit yang luar biasa saat buang air besar.

GEJALA YANG MUNCUL

Gejala yang dirasakan oleh pasien fistula ani adalah, rasa tidak nyaman pada bagian anus, iritasi kulit dan keluarnya cairan dari anus secara terus-menerus. Fistula ani bukan merupakan penyakit yang bisa membaik dengan sendirinya, karena itu perlu tindakan medis yang tepat untuk penangannya. Berikut gejala yang perlu kamu tahu:

  • Timbulnya rasa nyeri ketika duduk atau batuk,
  • Keluar cairan dengan bau tidak sedap yang berasal dari anus,
  • Terjadi pembengkakan dan kemerahan pada area sekitar anus,
  • Munculnya demam dan pasien merasa kelelahan,
  • Terjadi inkontinensia alvi atau kondisi ketika seseorang tidak dapat mengontrol kapan harus buang air besar.

Jika rasa nyeri dan gejala seperti pada penjelasan tersebut kamu rasakan, maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

PENYEBAB FISTULA ANI

Masalah ini umumnya terjadi akibat beberapa kondisi berikut:

INFEKSI PADA ANUS

Fistula ani bisa terjadi akibat adanya infeksi pada kelenjar anus yang memicu munculnya penumpukan nanah pada area dubur. Selanjutnya membentuk saluran pada bagian bawah permukaan kulit yang terhubung pada kelenjar terinfeksi. Penyakit ini sering terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, misalnya pada penderita HIV atau mereka yang pernah menjalani kemoterapi atau terapi radiasi.

PERADANGAN PADA USUS

Fistula ani juga bisa karena terjadinya komplikasi dan gangguan pada usus besar akibat:

  • Divertikulitis, yaitu kondisi infeksi yang terjadi pada kantong kecil yang terbentuk pada sepanjang usus besar,
  • Penyakit Crohn, yaitu kondisi kronis yang menyebabkan terjadinya peradangan pada dinding saluran pencernaan.

Selain akibat komplikasi dan gangguan pada usus besar, masalah ini juga bisa terjadi karena penyakit berikut:

  • Kanker anus dan usus besar,
  • Luka pada sekitar anus atau fisura ani,
  • Penyakit tuberkulosis, akibat bakteri yang menginfeksi paru dan menyebar ke bagian tubuh lain termasuk saluran cerna pasien,
  • Penyakit menular seksual,
  • Komplikasi akibat operasi pada area sekitar dubur.

Baca juga: Fistula Ani Adalah Penyebab Nyeri Sekitar Anus, Disertai Nanah

PENCEGAHAN FISTULA ANI

Kamu bisa melakukan pencegahan terjadinya fistula ani dengan cara berikut:

  1. Hindari kebiasaan menahan buang air kecil atau besar. Hal ini, karena kebiasaan tersebut bisa memicu sembelit semakin parah. Sembelit yang terjadi karena adanya kotoran dalam usus dan mengeras sehingga membuat sulit keluarnya feses.
  2. Pilihlah menu makanan yang sehat dan tepat untuk membantu mencegah sembelit. Hal ini agar pelepasan hormon yang mendorong seseorang lebih mudah untuk buang air besar.
  3. Biasakan rutin minum air hangat pada pagi hari. Hal ini berguna membantu melunakkan feses dan melancarkan proses buang air besar sehari-hari.
  4. Mengonsumsi yoghurt. Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga proses buang air besar lebih lancar.

Pasien bisa mencegah munculnya kekambuhan dengan rutin mengonsumsi makanan dengan serat tinggi serta mencukupi kebutuhan air putih 1,5–2 liter per hari baik untuk mencegah sembelit dan menjaga feses tetap lunak.

Jika, Anda memiliki keluhan fistula ani bisa mengunjungi klinik Vena Wasir Center cabang Medan yang berlokasi di Jl. Arteri Ring Road No. 38, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20133, Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi telpon : (061) 822 6200

atau whatsapp : 0811-9555-100 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now