Wajib Tahu! 5 Cara Mengobati Ambeien, Hitungan Menit Bisa Hilang!

Cara mengobati ambeien ada dua jenis, yaitu pengobatan sederhana dan alami yang bisa penderita lakukan di rumah. Lalu, yang kedua ada pengobatan medis dengan bantuan dokter dan tenaga medis. Terkadang, beberapa penderita hanya melakukan salah satunya, sehingga hasil dari pengobatan ambeien yang dilakukan tidak berdampak apapun, justru ambeien atau wasir bisa semakin memburuk. Melansir dari Harvard Health Publishing (2021) menyebutkan bahwa untuk mengetahui pengobatan yang tepat pada ambeien. Maka, penderitanya harus memerhatikan gejala yang muncul dan menentukan jenis hingga tingkat keparahan yang terjadi. 

2 Jenis ambeien dan pengobatannya

Wajib Tahu! 5 Cara Mengobati Ambeien, Hitungan Menit Bisa Hilang!

Ambeien atau wasir merupakan pembengkakan pada pembuluh darah di area anus akibat adanya gangguan pada sirkulasi darah. Pembengkakan ini bisa terjadi pada di dalam anus atau terkenal dengan nama wasir interna, dan juga dapat terjadi di area luar anus atau terkenal dengan nama wasir eksterna. Keduanya memiliki perbedaan terhadap gejala yang muncul. Sehingga pengobatan yang penderita lakukan pun biasanya berbeda. 

Ambeien luar 

Ambeien luar atau eksterna ini memiliki ciri atau khas berupa benjolan yang bisa penderitanya rasakan. Kondisi ini terjadi ketika ambeien sudah sangat memburuk, itulah mengapa ambeien/wasir yang terletak di luar biasanya memiliki derajat tingkat keparahan ambeien derajat paling tinggi yaitu,  derajat 3 hingga 4. Mengutip dari Health Link British Columbia (2020) menyebutkan bahwa ada beberapa gejala yang sering penderita wasir luar rasakan, seperti: 

  • Merasakan adanya benjolan di area anus yang biasanya keluar saat penderita melakukan BAB 
  • Nyeri pada sekitar benjolan di area anus 
  • Merasa gatal dan lembab di area anus
  • Beraktivitas menjadi tak nyaman, terutama ketika duduk 
  • Muncul sensasi perih pada area benjolan, terutama ketika sedang mengalami sembelit atau diare
Pengobatan ambeien luar 

Karena letaknya di luar anus, maka pengobatan pada benjolan luar biasanya terfokus ke area benjolan itu sendiri. Ada dua cara untuk mengatasi ambeien luar, pertama kamu bisa mencoba untuk menghilangkan gejalanya dengan pengobatan sederhana, di antaranya: 

  • Mengoleskan salep yang mengandung witch hazel ke area benjolan.
  • Rendam bokong dengan air hangat selama 20 menit sehari untuk mengempiskan benjolan 
  • Bersihkan area anus menggunakan tisu basah yang tidak mengandung alkohol dan juga parfum

Jika pengobatan ambeien dengan cara sederhana kurang berdampak, dan wasir masih tetap ada. Maka, sebaiknya lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Apalagi ambeien luar sangat rentan terjadi komplikasi penyakit yang lebih menyakitkan seperti, terputusnya aliran darah, hingga kematian jaringan. Di klinik Vena Wasir Sendiri, pengobatan pada wasir luar ini biasanya dilakukan dengan 3 metode minim nyeri, sepert:

  • Radiofrekuensi, metode modern, minim nyeri, hanya 20 menit dapat mengatasi wasir eksterna atau luar. 
  • Laser Hemorrhoidoplasty, metode yang paling minim nyeri dan risiko, hanya 15 menit dapat mengatasi wasir luar.  
Cara mengobati ambeien luar 

Sedangkan wasir interna atau ambeien dalam, merupakan ambeien yang terletak di area dalam anus. Biasanya gejala utama pada wasir dalam ini biasanya muncul pendarahan saat proses buang air besar. Meskipun letaknya ada di dalam anus, namun ambeien dalam juga bisa mengalami prolaps (benjolan ke luar dari anus) ketika wasir sudah memburuk. Sama halnya dengan wasir luar, wasir dalam juga rentan menimbulkan komplikasi, salah satunya adalah anemia atau kekurangan darah.

Baca juga: Cari Tahu Arti dari Warna Feses Terhadap Kondisi Kesehatanmu!

Cara mengobati ambeien dalam 

Termasuk ke dalam wasir dengan tingkat keparahan yang rendah, yaitu 1 hingga 3, pengobatan pada wasir biasanya lebih terfokus dalam perbaikan pola makan. Pada derajat ini, biasanya wasir juga akan lebih mudah diobati daripada tingkat derajat yang lebih tinggi. Namun, jika kamu mengalami perdarahan terus menerus saat BAB akibat adanya wasir, maka tindakan pun tetap harus penderitanya lakukan. Di klinik Vena Wasir Center sendiri, pengobatan ambeien dalam ini menggunakan bantuan terapi modern yaitu PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien). Dengan terapi PILA, ambeien dalam dapat hilang dengan waktu beberapa menit saja. Terapi ini juga minim nyeri, minim risiko, dan aman untuk penderita lakukan. 

 

Itu dia beberapa pengobatan sederhana hingga medis yang dapat kamu lakukan untuk mengobati permasalahan wasir. Oleh karena itu, jika mulai merasakan adanya gejala ambeien atau wasir, segeralah untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi sedini mungkin dengan dokter spesialis bedah terbaik di klinik terdepan, Vena Wasir Center!

Baca juga: Biaya Operasi Ambeien Terbaru, Yuk Cek di Sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now