Wasir Sembuh dengan Labu Siam, Mitos atau Fakta?

Wasir sembuh dengan labu siam mitos atau fakta sih? Sebenarnya ada banyak bahan-bahan alami yang diduga atau dipercaya sebagai “obat” penyembuh wasir. Selain labu siam, ada lidah buaya, daun ungu, dan masih banyak lagi. Namun, apakah bahan-bahan tersebut benar-benar bisa menyembuhkan wasir?

Sechium edule, atau nama lainnya adalah labu siam, merupakan salah satu jenis sayur yang sering masyarakat Indonesia konsumsi. Sayuran ini dapat langsung dinikmati dengan cara merebusnya  atau  diolah menjadi berbagai masakan dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Rasanya cukup enak dan manis dan  sayuran ini memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah banyak dengan jenis sayuran lainnya.

Selain tinggi kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, labu siam kaya akan kandungan folat. Sayuran ini nyatanya mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas.

Wasir Sembuh dengan Labu Siam

Melihat dari kandungan pada labu siam, ada kemungkinan gejala wasir bisa sembuh. Pada beberapa kondisi, wasir pada tahap bisa sembuh dengan sendirinya. Apalagi dibarengi dengan menjalani pola gaya hidup yang sehat, seperti rajin mengonsumis serat dan rutin olaharga.

Berikut beberapa manfaat labu siam yang dapat membantu proses penyembuhan wasir:

1. Melancarkan pencernaan

Labu siam adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Kandungan ini  baik untuk menyehatkan saluran cerna karena dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus dan melancarkan buang air besar. Ketika buang air lancar, maka feses akan mudah untuk keluar tanpa harus mengejan keras yang dapat memicu wasir muncul atau membuatnya semakin parah.

2. Menurunkan berat badan

Tak hanya tinggi serat, labu siam juga rendah kalori dan kaya akan kandungan protein serta karbohidrat kompleks. Berkat kandungannya tersebut, labu siam baik untuk kamu konsumsi yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan ideal. Mengingat salah satu faktor risiko ambeien adalah obesitas, dengan mengonsumsi labu siam maka hal ini bisa terhindari.  Namun, tak hanya dengan mengonsumsi labu siam, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

3. Membantu mengatasi anemia

Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan mengalami anemia atau kekurangan hemoglobin.  Labu siam merupakan salah satu sumber zat besi sehingga berpotensi membantu mengatasi anemia. Hal ini juga berkaitan dengan kondisi wasir yang menyebabkan BAB berdarah. Wasir yang tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat juga dapet menyebabkan anemia.

Jadi, itulah beberapa fakta terkait apakah wasir sembuh dengan labu siam? Meski tidak dapat menyembuhkan secara langsung, mengonsumsi labu siam bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah gejala wasir yang semakin parah. Jika kamu mengalami wasir, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now